Motivasi untuk Meningkatkan Penguasaan Teknologi Mahasiswa dalam Rangkaian Temu Wilayah Sulawesi
January 8, 2013
Ilmuwan Indonesia di Luar Negeri Dukung MITI Klaster Mahasiswa Garap Comdev
January 11, 2013

Temu Wilayah MITI Klaster Mahasiswa se-Jabalnusra (Jawa Timur-Bali-Nusa Tenggara)

Surabaya, 15-16 Desember 2012, bertepatan di Perpustakaan Lantai 2 ITS, bekerja sama dengan divisi keilmuan yang berada di bawah naungan LDK Jamaah Masjid Manarul Ilmi (JMMI) ITS, Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia-Klaster Mahasiswa (MITI-KM) mengadakan serangkaian temu wilayah yang terdiri atas kegiatan seminar nasional, training kelembagaan, dan RCT  (Research and Community Development) yang dihadiri oleh berbagai universitas yang terdapat di Jawa Timur-Bali-Nusa Tenggara. Peserta yang hadir merupakan perwakilan dari 11 kampus se-Jabalnusra, diantaranya adalah Unesa, UMM, UB, Poltek Malang, ITS, UNAIR, dan sebagainya.

Hari pertama telah berlangsung seminar nasional yang bertemakan “Peran Mahasiswa dalam Pengembangan Teknologi Nano Menyambut Indonesia Madani 2020” dengan menghadirkan pembicara Dr. Mahfudz Al Huda, M.Eng perwakilan dari MITI Pusat dan Prof Dr Darminto MSc. ( PR IV ITS). Setelah itu, acara dilanjutkan dengan kegiatan RCT  (Research and Community Development) yang diisi oleh Yufita Eftiana dan Agung Sanjaya dari Departemen Riset Interdisipliner dan Pendayagunaan Iptek (RIPI) MITI-KM. Tema yang diambil pada RTC adalah bagaimana mengembangkan potensi usaha masyarakat yang ada di suatu daerah. Pada RCT ini, peserta diberi contoh pengembangan usaha pengolahan ikan oleh masyarakat yang ada di daerah Kenjeran Surabaya dilanjutkan dengan simulasi tiap kelompok.

Hari selanjutnya diselenggarakan Training Kelembagaan akademik dimana Kegiatan ini merupakan upaya untuk memberikan suplemen dan up-grading bagi lembaga-lembaga akademis dan profesi wilayah Jabalnusra agar dapat menjadi lembaga mahasiswa yang bergerak lebih profesional dan inovatif serta mampu memberi kontribusi bagi masyarakat.