Edwar Tech Rintis Kerjasama Dengan Pusat Kanker RS FK Unhas
November 12, 2012
Motivasi untuk Meningkatkan Penguasaan Teknologi Mahasiswa dalam Rangkaian Temu Wilayah Sulawesi
January 8, 2013

Temu Wilayah MITI Angkat Tema Tentang Technogreencity

24 November 2012. Sabtu pagi sebanyak 200 peserta telah hadir memenuhi Aula PSBB Kota Serang. Dalam kesempatan itu, MITI Klaster Mahasiswa bekerjasama dengan UKM TRAS Univeritas Sultan Ageng Tirtayasa mengadakan acara seminar nasional yang bertemakan “Technogreencity-Menuju Indonesia Hijau melalui pengembangan teknologi”. Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut diantaranya Dr. Fatah Sulaiman, MT, wakil rektor IV Untirta yang juga penulis buku penataan kota “the green city” berbasis masjid dan kearifan lokal dan Dr.-Ing. M. Abdul Kholiq, MSc, Direktur MITI Innovation Center.

Melalui pemaparannya, Dr. Fatah Sulaiman menekankan pada pentingnya penataan kota yang didasarkan pada pinsip-prinsip pembangunan kota dari akar ajaran agama Islam dan kearifan budaya nusantara, khususnya tanah leluhurnya, yakni Banten. “Kota Madinah pantas untuk dijadikan acuan dalam pembangunan Green city, Nabi Muhammad SAW mengajarkan untuk memulai peradaban dengan pendirian Masjid sebagai pusat peribadatan, pendidikan, dan pemerintahan, tidak dimulai dengan pembangunan istana” Ujarnya.

Sementara itu, Dr. Abdul Kholiq menyampaikan mengenai peran MITI sebagai lembaga yang bergerak untuk membangunan kapasitas SDM Iptek (capacity building), khususnya ilmuwan dan teknolog serta mahasiswa untuk pelayanan teknologi, pemberdayaan masyarakat dan perjuangan kebijakan pembangunan Iptek dan pembangunan nasional secara umum. Oleh karenanya dengan ini, MITI berupaya untuk memenuhi kebutuhan yang mencakup penerapan teknologi yang diperlukan dalam pengembangan konsep Technogreencity.

Selain kegiatan Seminar Nasional, juga diselenggarakan serangkaian kegiatan lain seperti Seminar Seminar Beasiswa, Training Riset dan Training kelembagaan yang tergabung dalam kegiatan temu wilayah Jawa Barat, Banten, Jakarta, dan Kalimantan Barat (Jabajakal) yang diadakan pada tanggal 24-24 November 2012. Kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa Lembaga Mahasiswa bidang penalaran dan penelitian yang berasal dari kampus di sekitar wilayah jabajakal. (Humas MITI)