MITI Klaster Mahasiswa Menginisiasi Bangkitnya Lembaga Mahasiswa Berbasis Kompetensi Melalui Training Kelembagaan
October 18, 2012
Melihat Dunia dari Beranda
November 7, 2012

Semarak Temu Wilayah MITI Klaster Mahasiswa di Tanah Rencong

Banda Aceh, 20-21 Oktober 2012. Bertempat di Aula ICT Center Universitas Syiah Kuala, bekerjasama dengan UKM Komunitas Cendekia Unsyiah, MITI Klaster Mahasiswa mengadakan rangkaian temu wilayah yang terdiri atas kegiatan seminar nasional, training kelembagaan, dan seminar beasiswa yang dihadiri oleh berbagai universitas yang terdapat di Sumatera bagian Utara. Hadir dalam rangakaian acara tersebut perwakilan dari Universitas Syiah Kuala, Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Medan, Universitas Maulana Malik Ibrahim, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, IAIN Ar-Raniry, Universitas Riau, dan Universitas Andalas.

Hari pertama rangkaian temu wilayah diisi dengan kegiatan training kelembagaan yang bertemakan “Mewujudkan Kemajuan Penelitian, Pendidikan, dan Pengabdian Masyarakat melalui Lembaga Mahasiswa Bidang Penalaran dan Penelitian yang Prestatif, Kontributif, dan Inovatif”. Perwakilan dari lembaga keilmiahan dari universitas yang terdapat di sumatera bagian utara ikut meramaikan kegiatan tersebut. Materi-materi mengenai pengelolaan lembaga keilmiahan dinilai sangat menarik oleh peserta yang merupakan pengurus dari lembaga keilmiahan di universitasnya. Kegiatan ini diperuntukan untuk pengurus lembaga keilmiahan untuk meningkatkan sistem pengelolaan lembaga agar menjadi lembaga yang kompeten, profesional, dan kontributif sehingga mampu menjadi solusi permasalahan bangsa.

Hari kedua diramaikan dengan kegiatan seminar beasiswa yang dibawakan oleh Iffan Sultami (Kepala Departemen Hubungan Luar Negeri), serta Dosen dari Universitas Syiah Kuala diantaranya, Dr. Laina Hilma Sari, ST, M.Sc dan Agus Nugroho, SP, M.Com. Seminar yang bertemakan, “Youth for change, Dream Studying Abroad Will be Come True”, memberikan pengarahan mengenai cara-cara untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Menurut salah satu pembicara, salah satu cara dengan bergabung dalam kegiatan berorganisasi pada saat sedang menjalankan perkuliahan untuk memperluas jaringan dan pergaulan. Menjelang siang, acara dilanjutkan dengan seminar nasional yang diisi oleh beberapa pembicara berpengalaman diantaranya, Dr, Edi Sukur, Sofa Abdul Muiin Multazam S.Si, Prof. Dr. Syahrizal Abbas, MA. Antusiasme yang sangat tinggi ditandai dengan banyaknya peserta dalam seminar yang mengambil tema tentang “Riset dan Mahasiswa Solusi Jitu Akselerasi Pembangunan Bangsa”. Diharapkan dengan adanya seminar ini, mahasiswa disekitar Aceh dapat mengembangkan potensinya untuk ikut serta dalam pembangunan Indonesia Madani. (MITI KM)