Edwar Tech Ikuti Pameran Ritech 2012
August 9, 2012
Kesetaraan Peneliti Penting untuk Wujudkan Inovasi
August 12, 2012

Edwar Tech Kembali Sembuhkan Penderita Neuroblastoma

BANDUNG—Riset yang dikembangkan Laboratorium Edwar Tech kembali menorehkan prestasi. Setelah beberapa waktu lalu mencatat keberhasilan dalam mengatasi kanker payudara (breast cancer/carcinoma mammae) dan kanker otak (brain cancer/gliobalastoma), baru-baru ini, tim riset yang dimotori pakar tomografi Dr Warsito P Taruno mencatat keberhasilan menangani pasien penderita kanker saraf atau neuroblastoma. Pasien berinisial AS (5 th) tersebut
dinyatakan sembuh setelah menjalani terapi selama 5 bulan dengan perangkat produksi Edwar Tech, ECCT (Electrical Capacitive Cancer Treatment).
‘’Alhamdulillah, setelah 5 bulan kami terapi dengan ECCT kondisi pasien membaik dan sekarang sudah beraktivitas normal,’’ ujar Warsito usai mempresentasikan makalahnya pada forum seminar internasional Triple Helix 2012 di Grand Panghegar, Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/8). Warsito mempresentasikan hasil risetnya di bidang tomografi, khususnya penerapan dalam bidang pengobatan penyakit kanker.

Awalnya, Warsito tak begitu yakin bila penyakit yang banyak menyerang anak-anak tersebut bakal bisa disembuhkan, mengingat begitu ganasnya jenis kanker ini. ‘’Faktanya, saat dirawat di RS Cipto, dari lima pasien neuroblastoma yang dirawat dalam ruangan yang sama dengan AS, hanya dia seorang yang sampai hari ini bisa bertahan hidup,’’ paparnya.

Selain sudah dirawat di RS Cipto, pasien AS juga sudah menjalani perawatan di RS MountElizabeth, Singapura. Hingga menjalani kemoterapi untuk kelima kalinya, kondisi AS belum menampakkan hasil membaik. Akhirnya, usaha dialihkan ke terapi yang dikembangkan Dr
Warsito di Edwar Tech.

Selama lima bulan, AS mendapat terapi dan pengawasan langsung dari Warsito. Terapi yang dimulai akhir Januari 2012 lalu mendapatkan hasil yang mengejutkan ketika dilakukan CT Scan pada Juni lalu. Sel kanker yang memenuhi bagian perut AS lenyap dan oleh dokter yang merawatnya, AS dinyatakan sembuh.

‘’Sekarang dia sudah beraktivitas normal sebagaimana anak-anak lainnya, termasuk bersekolah. Ini luar biasa, kita bersyukur ternyata terapi yang kita lakukan berhasil,’’ kata Warsito mensyukuri hasil terapi yang dilakukan.

Kendati banyak menemui keberhasilan, Warsito tetap menanti hasil ujicoba dari beberapa lembaga yang bisa melegalkan produknya digunakan secara massal, termasuk Balitbang Kemenkes. Hingga saat ini, perangkat ECCT masih menjalani proses ujicoba di beberapa RS India, Malaysia, dan di Indonesia. (humas miti)

Catatan:

  • Neuroblastoma berasal dari embrionyc neural crest dan kelenjar adrenal  merupakan tempat yang sering terkena. Tumor ini mempunyai keganasan yang tinggi pada bayi dan anak. Biasanya di temukan pada anak usia 2-4 tahun (Prof. DR Iskandar W, 1985).
  • Neuroblastoma adalah tumor ganas yang terjadi pada system persarafan yang berasal dari sel-sel saraf yang terdapat pada medula adrenal dan system saraf simpatik (Sumadi. 2001).
  • Neuroblastoma adalah tumor padat tersering yang dijumpai dan meliputi 7% dari keganasan pada anak. Usia dijumpainya neuroblastoma pada anak di bawah usia 16 tahun dengan puncak pada usia 2 tahun. Tiga puluh tujuh persen kasus neuroblastoma terdiagnosis pada usia Mulatsih & Varah Diba, 2009)
  •  Edwar Technology Jl. Hartono Raya Blok R:29 Modernland – Cikokol Kota Tangerang Banten 15117 Indonesia Telephone:021-5529930 Fax: 021-5529930 web: www.edwartechnology.com