Research and Community Development Centre (RCDC)
January 15, 2013
Inisiasi Pengusaha Muda Lewat Start Up Boot Camp RCDC MITI
April 12, 2013

Tim UGM Juarai Kompetisi MITI Paper Challenge

Yogyakarta (09/03/2013) – MITI Kluster Mahasiswa kembali menyelenggarakan program kerja departemen Riset Interdisipliner bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HMP) di kampus UGM Yogyakarta. Kegiatan yang bertempat di Gedung Ismangoen, Fakultas Kedoketeran ini merupakan rangkaian acara final dari MITI Paper Challenge 2012. Sejumlah peserta yang lolos final turut hadir memeriahkan acara ini. Peserta yang lolos seleksi administrasi dan naskah sejumlah 5 tim yang berasal dari Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Acara berlangsung hebat dengan penampilan para presentasi para finalis. Mereka membawa topik yang luar biasa, antara lain: sumber energi alternatif sebagai penyedia listrik untuk Jembatan Suramadu dibawakan oleh mahasiswa ITS, pembuatan bahan pengawet makanan dari nanokitosan dibawakan oleh mahasiswi UGM, bioreactor untuk industri tahu dibawakan oleh mahasiswi UB. Alhasil, nanokitosan berhasil merebut perhatian juri sehingga tiga mahasiswa asal UGM ini berhasil membawa piala Juara 1, disusul kemudian mahasiswa asal kota Malang, Universitas Brawijaya dan Juara 3 diperoleh mahasiswa ITS. Selain memperoleh piala para jawara MPC 2012 ini berhak memperoleh sejumlah uang pembinaan dan bingkisan menarik untuk juara harapan 1 dan 2.

drh. Tasik Adji Prabowo selaku ketua MITI Kluster Mahasiswa dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada mahasiswa se-Indonesia yang telah berpartisipasi mengikuti kegiatan MPC. Peserta MPC tahun ini hampir terwakili dari seluruh wilayah Indonesia. Budaya keilmiahan, kritis dan inovatif harus senantiasa ditumbuhkan sejak menjadi mahasiswa sehingga akan melatih menjadi pribadi yang tidak pernah berhenti berkarya, demikian tukas pria alumni Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada ini. MITI Kluster Mahasiswa berharap event MPC menjadi event yang dinanti mahasiswa setiap tahunnya sebagai wadah untuk menyalurkan inovasi dan kreatifitas menyelesaiakn permasalah disekitar kita.

Menurut ketua Departemen Riset Interdisipliner dan Pendayagunaan IPTEK (RIPI) MITI Klaster Mahasiswa Heru Edi Kurniawan,S.Pd bahwa kegiatan MPC ini menjadi ajang apresiasi mahasiswa yang aktif dalam memberikan gagasan pemikiran dan mengaplikasikanya dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk teknologi tepat guna. Heru menambahkan bahwa rangkaian presentasi final bukan akhir dari kegiatan ini dan akan dilanjutkan dengan pengumpulan jurnal-jurnal hasil MPC ini menjadi sebuah kumpulan hasil riset mahasiswa sebagai inspirasi mahasiswa lain di Indonesia sebagai wujud kontribusi terhadap pembangunan ketahanan nasional Indonesai. Akhirnya – Selamat kepada para jawara MPC 2012, terima kasih kepada seluruh peserta MPC 2012, selamat berkarya dan berkontribusi untuk Indonesia.