Melihat Dunia dari Beranda
November 7, 2012
Edwar Tech Rintis Kerjasama Dengan Pusat Kanker RS FK Unhas
November 12, 2012

Menkominfo: Industri Kreatif TI Raup 400 T

MAKASAR– Pertumbuhan industri kreatif, khususnya bidang Teknologi Informasi (TI) lewat e-commerce yang demikian pesat masih membuka peluang bagi kaum muda untuk mengambil perannya.

“Setiap tahun industri kreatif TI ini menghasilkan tak kurang Rp 400 triliun dan peluangnya masih terbuka lebar seiring perkembangan teknologi,” ujar Menkominfo Tifatul Sembiring saat menjadi pembicara kunci pada Seminar Nasional Inovasi 2012 yang digelar MITI dan UKM KPI Universitas Hasanuddin di Makasar, Senin (5/11).

Menurut Tifatul, kemajuan teknologi TI harus dimanfaatkan seoptimal mungkin dalam memasarkan produk-produk yang jika dipasarkan secara konvensional sulit karena terbatas dan sedikitnya informasi yang tersebar.

“Tadi pak rektor (Prof Dr Idrus Paturusi, red) menyebut adanya budidaya kuda laut yang potensial meningkatkan kesejahteraan nelayan. Kalau pemasarannya dilakukan secara online lewat jaringan internet, bukan hanya orang Indonesia yang tahu tapi seluruh dunia bisa jadi konsumennya,” papar Tifatul mengomentari potensi maritim berupa kuda laut dari perairan Sulsel yang dikembangkan Unhas.

Pada seminar nasional bertajuk Peningkatan Potensi Lokal Melalui Inovasi Teknologi Menuju Kesejahteraan Bangsa tersebut, Tifatul banyak mencontohkan keberhasilan pengusaha muda Indonesia yang sukses mengembangkan produk dan pasarnya melalui jejaring internet. “Saya punya banyak cerita bagaimana anak muda sukses membangun bisnisnya dengan bantuan TI. Saya berharap anak-anak muda di Makasar, khususnya mahasiswa Unhas mau memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan kesejahteran diri dan masyarakat.” Jelas Tifatul.

Sayangnya, lanjut dia, sampai sekarang, 80 persen penggunaan internet, terutama oleh kaum muda untuk media sosial dan hiburan semata. Oleh karena itu, Tifatul mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan kemajuan teknologi informasi tak sekedar ajang media sosial dan hiburan semata.

Selain Tifatul, seminar juga menghadirkan pembicara Ketua Umum MITI Dr Warsito P Taruno yang berbicara mengenai pengembangan inovasi di Indonesia dan akademisi Unhas Ir Nurussalam MT menyangkut peran mahasiswa dalam menyesejahterakan masyarakat. (#)