MITI Klaster Mahasiswa: “ROAD SHOW MENUJU NEGERI KABAYAN”
23/02/2015
Hasil Seleksi Administratif HIBAH MITI Klaster Mahasiswa Tahun 2015
04/03/2015

Buat para mahasiswa tingkat akhir atau fresh graduate, bingung setelah lulus kuliah mau ngapain? Mau nerusin kuliah lagi di Luar Negeri (LN), tapi takut, bingung, dan gak ngerti gimana caranya? Trus, ngeliat ada senior atau kawan yang bisa nerusin kuliah ke LN, jadi mupeng apalagi kalau studinya pake beasiswa yang ter-cover full? Pengen juga bisa studi lanjut di LN dengan mendapatkan beasiswa? Nah, tapi masih bingung gimana caranya dan apa aja yang harus disiapin?

logo YouthConnection

Kini Departemen Hubungan Luar Negeri MITI KM, membuka kembali program mentorship yang akan menghubungkan pemuda Indonesia di LN, untuk mementor pemuda Indonesia di Dalam Negeri (DN) demi menggapai mimpi untuk melanjutkan studi di LN. Kami siap memfasilitasi kamu-kamu yang mau, niat, serius, dan tekun, untuk persiapan studi lanjut S2 ke negara impian kamu. Programnya bernama Youth Connection, alias YC (baca: wai si).

Latar belakang diselenggarakannya program YC ini adalah, bahwa pada dasarnya kami melihat kurangnya follow-up bagi para mahasiswa yang doyan ngikut acara scholarship workshop atau info beasiswa lainnya, demi mewujudkan mimpi studi ke LN menjadi kenyataan. Yang masih sering muncul adalah, banyak mahasiswa, masih bingung gimana langkah teknis yang lebih detail kalo pengen studi ke LN. Nah, dari gap inilah program YC dibentuk, dan semoga kami bisa menjawab tantangan tersebut.

Di YC ini, kamu bakal dibimbing dari bulan Mei sampai Desember 2015, buat nyiapin segala macam persyaratan, dari A sampe Z, untuk studi lanjut ke LN. Kamu juga bakalan digenjot buat nyiapin segala hal, tentang urusan studi dan urusan beasiswanya. Dan inget, karena ini cuma buat kamu-kamu yang emang niat, serius dan tekun, sebelum gabung di program YC, kamu harus mengikuti seleksi dari kami. Buat mereka yang udah lolos, maka bersiaplah bertarung melawan diri sendiri untuk mewujudkan impian kamu, melanjutkan studi ke LN.

Kalo kamu berhasil menjadi peserta, tiap bulannya bakal kita adakan Temu Online. Temu Online ini jadi tempat buat para peserta untuk bincang-bincang seputar studi di LN dan beasiswanya, dengan masing-masing mentor. Nggak cuma itu, tiap bulannya kamu juga bakal dikasih tugas yang mesti kamu kerjakan. Tujuan tugas-tugas ini ya buat kepentingan para peserta juga dalam mewujudkan impiannya.

Tahun ini YC tampil dengan 14 orang mentor yang siap membimbing kamu dalam menggapai impian studi ke LN. Empat belas orang mentor ini akan mewakili 13 negara tujuan studi lanjut. Penasaran siapa aja para mentornya? Ini dia daftarnya:

No.

Nama Mentor

Negara
1 Riska Ayu Purnamasari Jepang
2 Ahmad Zaki Inggris
3 Muhammad Khafidh Belanda
4 Tri Bagus Susilo Arab Saudi
5 Siti Fatimah Az Zahra Taiwan
6 Fauzi Ahmad Turki
7 Canggih Puspo Wibowo Thailand
8 Donny Lesmana Australia
9 Khatijatussalihah Hanafiah Amerika Serikat
10 Akhir Pebriansyah Republik Ceko
11 Udayanto Dwi Atmojo Selandia Baru
12 Ahmad Nasikun Korea Selatan
13 Reza Fathurrahman Jerman
14 Widi Nugroho Australia

Trus apa aja sih syarat-syaratnya biar bisa jadi peserta YC? Ini dia lho syarat-syaratnya:

  1.   Mahasiswa S1 yang akan lulus tahun 2015 atau yang sudah lulus S1
  2.   Serius untuk melanjutkan studi S2 di Luar Negeri
  3.   Sudah mengetahui jurusan yang ingin diambil beserta universitas dan negaranya secara spesifik
  4.  Memiliki koneksi internet yang cukup baik, karena koneksi internet yang baik dibutuhkan saat konsultasi (Temu Online) per bulan
  5.   Disiplin, karena kalo kamu terlambat mengumpulkan tugas sesuai deadline-nya, maka akan dieliminasi

Kepengen gabung jadi peserta YC untuk tahun 2015 ini? Yakin punya modal niat, keseriusan, dan ketekunan yang cukup? Segera aja daftar dan ikuti proses seleksinya di bawah ini.

Pendaftaran telah ditutup

Sesi pendaftaran dibuka dari Rabu, 8 April 2015 sampai dengan Minggu, 26 April 2015. Pengumuman hasil siapa aja yang lolos sebagai peserta, akan kami infokan pada tanggal 3 Mei 2015.

Selamat berjuang!

Butuh info tambahan seputar YC? Klik di sini

Youth Connection 2015
dipersembahkan oleh
Departemen Hubungan Luar Negeri
MITI Klaster Mahasiswa
#fromHLNwithLove
#YCletsGoAbroad

57 Comments

  1. Jika ada pemberitahuan tolong sekali info nya terima kasih

  2. kepitri says:

    Apakah tidak disediakan untuk mahasiswa yg blm akan tamat pada tahun 2015? Krn menurut saya mhasiswa yg akan mlanjutkan s2 apalagi dgn beasiswa full kebanyakan pelamar2 tsb memakan waktu +- 1 th dlm segala persiapannya. Ataukah ada alternatif lainnya? Saya teramat sangat tertarik sekali, tapi point satu tidak memenuhi, mohon tanggapan/pertimbangannya terimakasih 🙂

  3. Edward Santoso says:

    Saya ingin bertanya mengenai program ini.

    – Apakah program ini hanya berlaku untuk mahasiswa/i dan fresh graduate?
    – Berapakah jumlah alokasi peserta program ini?
    – Seperti apakah tahapan seleksi yang harus dihadapi setiap kandidat?
    – Jika saya tidak memiliki prestasi, apakah mungkin untuk menjadi peserta?
    – Seperti apakah tugas yang diberikan setiap bulannya?
    – Apakah program ini terbuka setiap tahun?
    – Apakah program ini menjamin pesertanya untuk mendapatkan beasiswa?
    – Apakah ada kewajiban yang harus dipenuhi bila berhasil mendapatkan beasiswa (harus menjadi peneliti/dosen, wajib pulang ke Indonesia, dll)?

    Terima kasih atas tanggapan dan jawabannya.

  4. Ekarani Nopiyanti says:

    Assalamu’alaykum warahmatullah..
    Saya berminat sekali untuk ikut YC ini, tapi saya kuliah D3 jurusan Radiologi, apa boleh saya ikutan mendaftar?
    ini hanya untuk yang melanjutkan ke jenjang master saja yah?

  5. Teguh Supriyanto says:

    Apakah saya bisa ikut jika nilai TOEFL saya belum memenuhi standard (dibawah <80)?
    Selain itu, saya juga ingin menanyakan hal yang sama yang ditanyakan dengan @Edward Santoso
    Bisa saya meminta jawabannya? Sebab, terlihat kalau adminnya tidak menjawab pertanyaan yang ada disini. Mohon maaf jika saya salah. Terima kasih.

  6. Umi Habibahtul Aliyah says:

    Pertanyaan saya juga sama dengan Sis Kepitri. Setau saya persiapan untuk study abroad tuh lama, bisa memakan waktu 1 tahun atau lebih. Jadi gimana caranya kami-kami yang pengen study abroad yang belum lulus tahun 2015 untuk bisa memulai persiapan study abroad. Terimakasih..

  7. Zakiyyah says:

    Maaf mau tanya, kalau untuk S3 bagaimana? Apakah hanya untuk S2 karena saya ada keinginan untuk melanjutkan S3 di Jerman jurusan konservasi atau lingkungan
    Terimakasih

  8. HLN MITI KM says:

    Ikhlas Firlana: rajin-rajin buka website ini aja, kami akan selalu update melalui website ini.. 🙂

  9. HLN MITI KM says:

    Kepitri: Untuk mahasiswa yang akan lulus setelah tahun 2015, bisa mendaftar di program YC di tahun selanjutnya. Kami tentu akan evaluasi sistem yang telah kami desain ini, namun untuk YC 2015 ini, kami tetap dengan persyaratan seperti itu. Semoga cukup informatif jawaban kami ini. 🙂

  10. HLN MITI KM says:

    Edward Santoso: Kami akan mencoba menjawab pertanyaan kamu.

    1– Apakah program ini hanya berlaku untuk mahasiswa/i dan fresh graduate? Kami tidak membatasi hanya untuk mereka yang fresh graduate. Jikapun peserta sudah lulus lumayan lama, dan baru mau apply untuk melanjutkan S2-nya di LN, bisa ikut program YC ini.

    2– Berapakah jumlah alokasi peserta program ini? Jumlah peserta belum kami batasi, namun sebagai gambaran, tahun kemarin kami menerima 45 peserta untuk 5 negara tujuan, dan berhasil membantu 3 peserta untuk berangkat ke negara impiannya. Belum banyak, semoga tahun ini lebih banyak lagi yang bisa berangkat. 🙂

    3– Seperti apakah tahapan seleksi yang harus dihadapi setiap kandidat? Seleksi awal dilakukan menurut data yang dimasukkan calon peserta di formulir yang telah kami lampirkan di halaman ini. Selanjutnya, proses mentorship akan dilaksanakan sesuai negara tujuan masing-masing.

    4– Jika saya tidak memiliki prestasi, apakah mungkin untuk menjadi peserta? Sangat mungkin sekali. Bukan prestasi yang lebih penting, namun persiapan untuk lanjut studinya, seperti sertifikasi bahasa asing, dan sejenisnya.

    5– Seperti apakah tugas yang diberikan setiap bulannya? Tugas secara garis besar, bisa dilihat di poster yang kami tampilkan di halaman Facebook MITI KM.

    6– Apakah program ini terbuka setiap tahun? Iya, kami akan membuka program ini setiap tahun, insha Allah.

    7– Apakah program ini menjamin pesertanya untuk mendapatkan beasiswa? Tidak, kami dan para mentor hanya membantu, tidak menjamin berangkat ataupun mendapatkan beasiswa.

    8– Apakah ada kewajiban yang harus dipenuhi bila berhasil mendapatkan beasiswa (harus menjadi peneliti/dosen, wajib pulang ke Indonesia, dll)? Oh, tentu tidak ada. 🙂

    Semoga bermanfaat..

  11. HLN MITI KM says:

    Ekarani Nopiyanti: Wa’alaikumsalam wr. wb.. Iya, ini hanya untuk jenjang master. Kami belum tahu apakah bisa mengambil master langsung dari D3, jika memang bisa, monggo silahkan mendaftar.. 🙂

  12. HLN MITI KM says:

    Teguh Supriyanto: Masih ada kemungkinan untuk diterima, tergantung saingan kamu di negara tujuan yang kamu inginkan. Karena pada dasarnya, kami akan menyeleksi mereka yang persiapannya sudah paling baik, untuk kami bimbing.

    Terkait jawaban untuk pertanyaan Edward Santoso, sudah kami jawab di atas ya, semoga cukup informatif. 🙂 Maaf respon kami belum cepat.

  13. HLN MITI KM says:

    Umi Habibahtul Aliyah: Jawaban untuk pertanyaan Kepitri sudah kami jawab di atas. Semoga cukup menjawab ya. Terus, terkait gimana memulai persiapan lanjut study ke LN, sepertinya banyak informasi yang bisa diakses di Internet. 🙂 Mohon maaf untuk tahun ini, kami hanya menerima peserta yang memang akan lulus tahun 2015 atau sudah lulus S1. Mohon maaf belum bisa memenuhi kebutuhan Umi ya..

  14. Bagus says:

    Saya dosen PTN, 25 tahun, telah mendapat gelar master DN, sehingga idealnya saya sangat butuh untuk melanjutkan ke jenjang S3 LN. Pikir saya temen-temen YC mungkin bisa mementor saya untuk mengambil Ph.D, atau program 5 tahun (Master-Ph.D) untuk keberangkatan tahun 2017. Jadi apakah saya boleh tetap ikut program mentoring ini ? terimakasih

  15. yayan says:

    Pertanyaan saya sama dengan mba Zakiyyah, mohon pencerahan dari admin. Terima kasih

  16. […] TUNGGU APA LAGI?! Yuk apply di: http://miti.or.id/mahasiswa/youth-connection/ […]

  17. Apakah pendaptaran saya sudah masuk? Atas nama RIJAL RAMDANI. Terimakasih.

  18. […] Info lebih lanjut langsung saja buka ke http://miti.or.id/mahasiswa/youth-connection/ […]

  19. Ade Danova says:

    Saya ingin bertanya, apakah pendaftaran yang telah saya lakukan telah masuk? a.n Ade danova

  20. Maaf kak, mau tanya. Untuk “Bidang Riset yang Diminati” maksudnya seperti apa? Bisa beri saya contoh? Terima kasih sebelumnya.

  21. Fauzan says:

    Assalamualaikum. Saya mau menanyakan, karena tahun ini saya melihat program ini baru dimulai dari April, apakah utk mahasiswa yang tamat pada rentang Januari-Maret 2016 tidak bisa mendaftar skrg ? …

  22. HLN MITI KM says:

    Zakiyyah: Mohon maaf, hingga saat ini, kami belum membuka skema mentorship untuk melanjutkan studi jenjang S3. Tapi kamu bisa coba akses http://indonesiamengglobal.com/, karena mereka juga memiliki program yang mirip dengan Youth Connection. Semoga bermanfaat. 🙂

  23. HLN MITI KM says:

    Bagus: Seperti juga jawaban untuk pertanyaan Zakiyyah, kami mohon maaf, karena hingga saat ini, kami belum membuka skema mentorship untuk melanjutkan studi jenjang S3. Tapi kamu bisa coba akses http://indonesiamengglobal.com/, karena mereka juga memiliki program yang mirip dengan Youth Connection. Semoga bermanfaat.

  24. HLN MITI KM says:

    yayan: Karena pertanyaannya sama, maka jawabannya juga sama ya. 🙂 Mohon maaf, hingga saat ini, kami belum membuka skema mentorship untuk melanjutkan studi jenjang S3. Tapi kamu bisa coba akses http://indonesiamengglobal.com/, karena mereka juga memiliki program yang mirip dengan Youth Connection. Semoga bermanfaat.

  25. HLN MITI KM says:

    Rijal Ramdani: Data kamu sudah masuk ke dalam database kami. Tunggu pengumumannya 3 Mei besok ya.

  26. HLN MITI KM says:

    Ade Danova: Data kamu sudah masuk ke dalam database kami. Tunggu pengumumannya 3 Mei besok ya.

  27. HLN MITI KM says:

    Yasmin Nabila: Contoh bidang riset yang diminati misalnya “Fisika Material”, “Teknik Pertanian”, “Studi Kawasan Asia Timur”. Semoga cukup menggambarkan. 🙂

  28. HLN MITI KM says:

    Fauzan: Wa’alaikumsalam wr. wb., Wah maaf ya, belum bisa.

  29. Febriana Rahayuningsih says:

    Saya ingin bertanya apakah pendaftaran saya a.n Febriana Rahayuningsih sudah masuk?
    Terima kasih

  30. Anggun K says:

    Saya sudah mendaftar dan berkomitmen utk mengikuti sistem yg didesain Youth Connection. Semoga bisa menjadi bagian dr peserta program YC tahun ini 🙂

    Terima kasih banyak, MITI

    Bismillah
    SEMANGAT !!!

  31. Karina says:

    Selamat sore,
    Maaf min, sy mau tanya. Jika sudah mendaftar untuk mengikuti program YC dengan pilihan negara X, namun sy ingin menukar negara tujuan, apakah diperbolehkan? prosedurnya bagaimana?
    sekian, terimakasih

  32. Rahmawati Nur Oktafiani says:

    Terimakasih Departemen Hub Luar Negeri MITI KM sudah memberi kesempatan membuka koneksi seperti ini. Saya sudah mendaftar dan semoga sudah masuk dalam database ya. Salam Ilmiah!

  33. yulia says:

    asslamu’alaikum kak. tolong cek dan tanggapi email saya yaa yang saya kirim ke: [email protected]
    terimakasih sebelumnya.
    wassalam

  34. Arina Resyta says:

    Halo, saya sudah mendaftar (baru saja menginput)
    apakah sudah masuk database? Terima kasih 🙂

  35. […] Ceritanya beberapa hari kemarin saya mencoba mendaftar menjadi peserta dari Youth Conection 2015 (http://miti.or.id/mahasiswa/youth-connection/). Program itu adalah program mentrorship dari MITI (Masyarakat Ilmuan dan Teknologi Indonesia) […]

  36. Aini says:

    Nama saya Sunaini,,, sudah mendaftar tapi lebih dari sekali daan pda pendaftaran yg kedua tujuan negara saya berbeda,, kira2 itu gmn ya kak.. mks atas jawabannya..

  37. Media MITI KM says:

    Wah, maaf kamu nggak bisa mendaftar di dua negara yang berbeda. Nanti kami hanya akan memasukkan data kamu di salah satu negara saja.

  38. Aini says:

    ok,, Thanks,,

  39. linogarda says:

    Untuk pengumuman besok ya? Pengumumannya akan di publikasikan via apa?
    Saya akan tunggu dengan harap, 🙂

  40. Aini says:

    Assalamu’alaikum,, sudah tanggal 3 Mei kak,, pengumumannya belum keluar ya,,?
    #berharap dapat bergabung dg YC MITI KM,,aamiin

  41. lia says:

    Assalamu’alaikum,,maaf hari ini pengunumannya ya? 😀 sudah ga sabar,,,akan diposting dimana dan jam berpa? 🙂

  42. Dirayati Syukriani says:

    Min, pengumuman yg lulus program YC ini jam brp ?

  43. putra says:

    Tanya hasil pengumuman peserta YC nya dmn ya?
    Makasih

  44. Ade Danova. says:

    Assalammu’alaikum wr.wb, selamat sore dan salam sejahtera. Trima kasih atas pemberitahuannya nih dan ditunggu pengumumannya. Salam Indonesia Jaya.

  45. linogarda says:

    Hallo.. Saya telah mendaftar pada tanggal 14 april 2015. Apakah saya sudah terdata? Saya masih belum mendapat informasi tentang pemberitahuan program ini. Mohon informasinya.

  46. putri says:

    Selamat siang, saya mau tanya pengumuman yang terpilih diumumkan lewat apa ya? Terimakasih

  47. Yoga Hendriyanto says:

    Asalamualaikum.
    Kak mau bertanya apakah program MITI Youth Connection sudah ada pengumuman? Kalau boleh tahu hasilnya diumumkan lewat mana ya? Terima kasih.

  48. Mujirin says:

    Maaf, pengumuman diterima tau tidaknya sebagai peserta di mana ya?
    Terimakasih

  49. […] persiapan mental untuk melanjutkan program Master di luar negeri, saya coba daftar Youth Connection dari MITI Klaster Mahasiswa. Alhamdulillah dalam beberapa bulan ke depan banyak tugas menghampiri. […]

  50. Media MITI KM says:

    wa’alaikumsalam
    sila cek di miti.or.id/mahasiswa/pengumuman-youth-connection/

  51. Febriana Rahayuningsih says:

    Ternyata yg diterima cuma yg milih dari 13 negara tujuan yg telah ditentukan yah.
    Yg milih negara lain enggak yah.
    Sedih 🙁

  52. Ravi says:

    yah telat…

  53. […] pendidikan lanjut, kamu bisa update page HLN MITI KM dan ikuti program bimbingan online Youth Connection. Ada juga beberapa konsultan studi ke LN yang populer yaitu Indonesia Mengglobal, HotCourses, […]

  54. Arum says:

    Tahun ini ada lagi kapan? Terimakasih

  55. Media MITI KM says:

    Insya Allah ada, sekitar bulan maret-april ini.. mulai persiapkan berkas & terus pantau di web kami ya 🙂

  56. Riza says:

    Apakah Miti juga menyediakan layanan untuk para lulusan SMA yang mau belajar ke kuar negeri?
    Makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now