Fatahillah Researchers for Science Humanity (Fresh) UIN Jakarta 2018 Adakan Launching Klinik Riset Bersama MITI KM
23/02/2018
How to get Australia Award Scholarship (AAS)
03/04/2018

 

Depok – Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia Klaster Mahasiswa (MITI KM) telah melaksanakan agenda Upgrading dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pada tanggal 23-25 Februari 2018. Agenda ini dilaksanakan di tengah periode kepengurusan tahun 2017-2019. Acara Upgrading dan Rakornas 2018 merupakan acara pertemuan seluruh pengurus MITI KM dalam rangka menyamakan kembali visi, misi, target kepengurusan serta sebagai sarana silaturahmi satu sama lain. Hal tersebut merupakan tahapan yang sangat krusial untuk keberlangsungan organisasi nasional selevel MITI KM mengingat banyaknya pengurus yang tersebar di seluruh Indonesia. Perbedaan jarak dan waktu menuntut kesadaran yang tinggi dari masing-masing personal pengurus dalam mensukseskan setiap program kerja dan tanggungjawab yang diamanahkan kepadanya sehingga diperlukan satu momen untuk berkumpul bersama.

Acara yang dilaksanakan di MITI Center Depok ini diikuti oleh lebih dari 40 pengurus MITI KM yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Secara umum, bentuk kegiatan dalam acara Upgrading dan Rakornas MITI KM 2018 lebih pada evaluasi program kerja MITI KM tahun 2017, pembahasan rencana arah gerak tahun 2018, serta membangun sinergi dan chemistry antar sesama pengurus. Selain itu, ada pula penyampaian materi dari beberapa narasumber yang sengaja diundang agar semakin menambah wawasan para pengurus.

Agenda dengan tema “Kontribusi Menuju Revitalisasi Peran Ilmuwan Muda Indonesia” dihadiri oleh lima pemateri. Empat diantaranya merupakan para ilmuwan dan pengurus MITI, serta satu orang pemateri tamu. Empat ilmuwan MITI yang hadir adalah Dr. Warsito Purwo Taruno, M.Eng selaku ketua MITI; “sensei” Dr. Edi Sukur, M.Eng selaku sekretaris MITI; serta Dr. Mahfudz Al Huda, M.Eng dan Prof. Dr. Ratno Nuryadi M.Eng selaku Deputi Pembinaan MITI. Penyampaian materi oleh ilmuwan MITI lebih kepada arah gerak MITI secara umum dan MITI KM khususnya dalam mengambil peran agar dapat memberikan manfaat semaksimal mungkin melalui ilmu pengetahuan dan teknologi. Pemateri tamu yang dihadirkan adalah Dr. Fithra Faisal Hastiadi, S. E., MSE yang merupakan Kepala Unit Diseminasi Riset Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Beliau menyampaikan materi tentang tantangan dan peluang pemuda Indonesia menuju Indonesia 2045 yang saat itu sedang mengalami bonus demografi, serta bagaimana mengelolanya.

Selain penyampaian materi dan diskusi tentang arah gerak MITI KM 2018, hadir pula perwakilan MITI Profesi; Andre Javs S.E dan Sufyan Suri, SKM memberikan arahan dan motivasi kepada pengurus MITI KM Periode 2017-2019. Acara ini diakhiri dengan pengumuman MITI Award. Terdapat empat kategori yang dipilih, yaitu Departemen Favorit, Bina Wilayah Favorit, Program Kerja Favorit, serta Pengurus Teladan. Proses penentuan pemenang keempat ketegori tersebut melibatkan seluruh pengurus MITI KM periode 2017-2018. Masing-masing pengurus diperkenankan memilih di setiap kategori.

MITI Award untuk setiap kategori adalah sebagai berikut : Departemen yang meraih predikat favorit adalah Departemen Bina Wilayah. Bina Wilayah Favorit adalah Bina Wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara (Jabalnusra). Program Kerja Favorit MITI KM 2017 adalah program Share with Us (SWU) dari departemen RIPI. Terakhir, predikat pengurus teladan diraih Syifa Qolbiyah Nasir yang merupakan Staff Bendahara Umum.

Rangkaian acara Upgrading dan Rakornas MITI KM 2018 ditutup pada hari Ahad, 25 Februari 2018 sekitar pukul 16.00 WIB. Setelah dilaksanakannya agenda ini, pengurus MITI KM diharapkan bisa lebih bersemangat lagi dalam memberikan kontribusi untuk kemajuan bangsa Indonesia di setengah periode kepengurusan selanjutnya. Pengurus yang berisikan para pemuda intelek yang berasal dari seluruh Indonesia diharapkan dapat mengambil peran melalui lahan di MITI KM ini, khususnya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Mengatur Nafas, Menata Irama, Membakar Semangat yang Bergelora. Karena, jika bukan kita yang mengambil peran, maka peran itu akan diambil oleh yang lain. Salam Kompeten, Profesional, dan Kontributif! (IKP & AJH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now