Pengumuman Hasil Oprec MITI KM 2013
02/09/2013
General Secretary Team
29/09/2013

1230096_10202179408793651_383178941_nTANGERANG SELATAN – Terkenang kekata dari Hideyoshi Toyotomi, “Keberuntungan mempengaruhi segalanya dalam hidup, tetapi tidak ada yang bisa mengalahkan tujuan yang terencana serta berjuang dengan sepenuh jiwa dan raga untuk mencapainya”. Untuk mencapai sebuah kesuksesan setidaknya ada dua hal yang harus disiapkan, yaitu perencanaan tentang apa-apa yang akan dikerjakan dan totalitas untuk mengerjakan apa-apa yang telah direncanakan tersebut.

Berkaitan dengan hal pertama, pada tanggal 20-22 September 2013 Masyarakat Ilnuwan dan Teknolog Indonesia (MITI) Klaster Mahasiswa  menyelenggarakan Rapat Kerja Kepengurusan Periode 2013-2014 di Rumah Aspirasi MITI, Alam Sutera, Tangerang Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk merencanakan kerja-kerja yang disiapkan untuk satu tahun ke depan. Rapat kerja ini juga diselenggarakan sekaligus dengan up grading pengurus yang mencakup di dalamnya orientasi tentang MITI dan outbond.

Kegiatan ini dimulai setelah  sholat Jum’at dengan materi sejarah MITI yang disampaikan oleh Deputi Bidang Pembinaan MITI, Dr. Mahfudz Al Huda. Beliau menjelaskan latar belakang dan bagaimana awal-awal MITI dirintis. Menurut beliau, berbagai permasalahan yang menjadi ironi di negeri ini telah mengetuk hati sejumlah pelajar untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya lalu segera kembali ke Indonesia untuk mengambil peran.

Agenda selanjutnya adalah perkenalan struktur dan tim di MITI. MITI secara keseluruhan terdiri dari 3 deputi atau bidang, yaitu: (1) Bidang Kajian dan Kebijakan, dengan koordinasi di bawah Dr. Dwi Handoko; (2) Bidang Pemberdayaan, dengan koordinasi di bawah Dr. Edi Sukur; dan (3) Bidang Pembinaan, yang di dalamnya termasuk MITI Klaster Mahasiswa, dengan koordinasi di bawah Dr. Mahfudz Al Huda. Di atas ketiga deputi atau bidang tersebut adalah Ketua MITI, yaitu Dr. Warsito Purwo Taruno.

Pada malam harinya, materi dilanjutkan oleh Dr. Edi Sukur yang menjelaskan tentang peran strategis MITI Klaster Mahasiswa dan memberikan motivasi mengapa kita harus mengambil peran tersebut.

Hari kedua, Sabtu, 21 September 2013, Rapat Kerja MITI Klaster Mahasiswa 2013-2014 dimulai dengan Arahan Kerja oleh Ketua Umum MITI KM, Heru Edi Kurniawan, S.Pd., M.Pd. Pada tahun ini, menurut beliau, fokus MITI KM adalah competency development and community development. Lebih khusus, MITI Klaster Mahasiswa ke depan diarahkan dalam hal-hal berikut:

  1. Memiliki daya tawar ke lembaga ilmiah dan atau lembaga mahasiswa lain
  2. Melakukan pembinaan kompetensi mahasiswa sebagai ilmuwan muda islami
  3. Mendorong program community development sebagai produk riset mahasiswa yang konsisten, kontinu dan menjadi sebuah produk bisnis
  4. Membentuk dan mengarahkan mahasiswa agar memiliki kompetensi, profesional dan menghasilkan kontribusi yang besar
  5. Melakukan sinergi gerakan mahasiswa dalam cita-cita pembangunan bangsa
  6. Melakukan akselerasi gerakan intelektual dalam upaya keseriusan kontribusi pembangunan bangsa
  7. Menghasilkan produk MITI KM berupa sinergisasi semua lembaga mahasiswa dalam keselarasan kemajuan IPTEK dan mempunyai sumber pendanaan mandiri dalam kegiatan yang diadakan.

MITI Klaster Mahasiswa akan menjadi mitra terbaik bagi lembaga akademis di kampus sebagai dukungan pembentukan mahasiswa yang kompeten, profesional dan kontributif.

Hari terakhir, Minggu, 22 September 2013, pengurus MITI Klaster Mahasiswa 2013-2014 melakukan outbond untuk membangun kekompakan dan kerjasama tim. Pada siang harinya, dilaksakanan pelantikan pengurus dengan pembacaan SK kepengurusan selama satu periode ke depan. Sebagai penghujung acara yang menandai bahwa hari-hari selanjutnya adalah bekerja; kemitraan dengan lembaga akademis di kampus untuk mendukung pembentukan mahasiswa yang kompeten, profesional dan kontributif. Pada hari terakhir ini ditetapkan juga timeline kerja MITI KM dalam setahun ke depan. Beberapa agenda MITI KM, diantaranya Temu Wilayah (November-Januari), GIPI (Maret) dan GPL (Mei). Semoga menjadi setitik kontribusi yang bermakna besar. [ARY-MIF]

Comments are closed.

Buy now