Inilah Acara Unggulan UKM Cendekia Unsyiah
19/10/2017
Aksi Pemuda Jember: Ayo Konsumsi Pangan Lokal!
28/10/2017

Hari Pangan Sedunia yang bertepatan dengan tanggal 16 Oktober menjadi momentum gerak para pemuda untuk mengajak masyarakat Indonesia kembali mengonsumsi makanan lokal, khas dari berbagai daerah. Aliansi pemuda yang tergabung dalam HIMAGIHASTA (Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian) bekerjasama dengan kelompok pemuda lainnya, yakni MITI KM (Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Klaster Mahasiswa), HIMATIRTA (Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Pertanian), UKM SKIM Politeknik Jember, dan GK (Garuda Keadilan) memperingati hari tersebut dengan melakukan kampanye “World Food Day” kepada siswa SMA Nuris dan Masyarakat Kota Jember, Jawa Timur di kegiatan CFD (Car Free Day) (21-22/10/17).

Aksi kampanye ini ini dimulai pada hari Sabtu (21/10/17) dengan melakukan kegiatan “GPL (Go Pangan Lokal) Goes to School” kepada siswa SMA Nuris Kabupaten Jember yang berjumlah kurang lebih 90 orang di Masjid Nurul Islam, Antirogo-Jember. Para siswa terlihat antusias dan bersemangat menyampaikan pertanyaan mereka, salah satunya Rifqi, “Apa yang bisa kami lakukan untuk mendukung kegiatan Go Pangan Lokal sebagai siswa sekolah?”. Setelah sesi sharing, dilanjut dengan games yang juga tidak kalah seru, para siswa bermain tebak-tebakan “bisa jadi” untuk menyebutkan nama-nama jajanan pasar yang ditampilkan di layar presentasi, hingga akhirnya muncul pemenang games, juara 1,2, dan 3.

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa-siswi SMA Nuris Kabupaten Jember-Jawa Timur

Keesokan harinya, kelompok pemuda ini melanjutkan aksi kampanye yang dimulai dengan Flashmobe/Senam Go Pangan Lokal di Alun-alun Kota Jember dan kampanye ‘person to person’ kepada masyarakat yang hadir dikegiatan CFD. Tidak lupa juga, aliansi pemuda ini mengajak masyarakat untuk menandatangani kain putih sebagai wujud dukungan atas program kemandirian pangan di Indonesia. Selain itu, juga dilakukan pembagian tiga ratusan panganan lokal berupa Gethuk Lindri dan Kue Tok secara gratis kepada masyarakat  sekitar yang menikmati CFD pagi itu.

Flashmobe bersama warga di Alun-alun Kota Jember

Kegiatan Flashmobe Go Pangan Lokal menarik perhatian warga masyarakat Jember yang menikmati kegiatan CFD sehingga banyak dari mereka yang langsung bergabung mengikuti Flashmobe Go Pangan Lokal. Selain itu, masyarakat Jember juga sangat antusias dengan kegiatan Kampanye Pangan Lokal karena kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat positif dan membawa dampak yang baik untuk menggerakkan masyarakat mencintai dan melestarikan pangan lokal demi kemandirian pangan lokal Indonesia.

Foto bersama peserta aksi kampanye pangan lokal di kegiatan Car Free Day

Serangkaian kegiatan peringatan World Food Day ini ditutup dengan aktivitas menghimpun testimoni sebagai bentuk respon, sekaligus tolok ukur dari pesan apa yang didapatkan masyarakat sekitar terhadap aksi kampanye kelompok pemuda ini. Diantara testimoni yang disampaikan yakni, “Pangan lokal adalah bahan pangan yang berasal dari daerah, peran pemuda untuk melestarikan pangan lokal adalah dengan mencintai dan melestarikan pangan lokal itu sendiri” kata mas Pamungkas. Diharapkan dengan adanya aksi ini, dapat menjadi pengingat bagi para pemuda dan masyarakat untuk mulai lebih banyak mengkonsumsi pangan lokal dalam kehidupan sehari-hari, karena kemandirian pangan juga ditentukan dari kesadaran dan kebanggaan masyarakat akan produk dalam negerinya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now