Study In Japan
01/10/2017
Kolaborasi MITI KM Dan UKM FP Penalaran Universitas Trunojoyo Madura Hadirkan Youth Summit Jabalnusra 2017
18/10/2017

Banyak hal yang dapat dilakukan mahasiswa untuk dapat berkuliah didalam maupun luar negeri dengan harga miring bahkan gratis. Yap, cara yang paling umum dilakukan adalah dengan mencari beasiswa yang itupun tidak mudah untuk didapatkan. Setelah melalui banyak tahapan berkompetisi dengan pelamar lainnya, tahap akhir yang biasanya harus dilalui adalah wawancara. Dag dig dug geregetan mungkin menjelang wawancara ini, dan kalau hasilnya negatif pasti kecewa berat karena kita sudah berjuang untuk sampai ke tahap wawancara. Nah nih ada beberapa tips buat kamu agar sukses dalam menghadapi wawancara beasiswa.

 

  1. Berpakaian Rapi

Pilih pakaian yang paling sesuai dan formal. Tentu ini menunjukkan seberapa prepare nya kamu untuk menghadapi wawancara. Cobalah untuk menciptakan kesan pertama yang baik di hadapan interviewer namun jangan berlebihan.

 

  1. Datang Lebih Awal

Ini penting buat kamu beradaptasi dengan situasi yang ada saat itu. Jika datang lebih awal tentu kamu bisa menenangkan diri terlebih dahulu sambil berkenalan dengan para peserta lainnya. Baayangkan jika datang terlambat image mu pasti jadi buruk di mata interviewer, belum lagi penampilan mu akan jadi berantakan. Jika pun wawancara dilakukan via skype atau handphone, pastikan beberapa menit sebelum waktu yang dijanjikan kamu sudah stand by dengan semua perlengkapan.

 

  1. Berperilaku dengan baik

Gestur tubuh kamu tentu akan menunjukkan bagaimana sikapmu yang sebenarnya. Ada beberapa perilaku yang harus dihindari saat wawancara. Seperti duduk sebelum dipersilakan, menyilangkan lengan, sering kali melihat jam dan lainnya. Usahakan menjawab pertanyaan dengan yakin dan menjaga kontak mata dengan interviewer. Kamu tahu bukan selain untuk mendapat jawaban yang meyakinkan, wawancara ini juga untuk menilai sikap dan seberapa pantas kamu mendapat beasiswa.

 

  1. Kuasai Berkasmu

Tidak ada salahnya kamu membaca berulang kali apa yang sudah kamu tulis. Pewawancara akan memberi pertanyaan seputar isi essay mu.Tentu jawaban yang terbata-bata akan memberikan kesan kamu tidak siap. Jawaban yang lancar dan meyakinkan akan menunjukkan kamu dapat mempertanggung jawabkan apa yang sudah kamu tulis sebelumnya.

 

  1. Buat List Untuk Pertanyaan yang Mungkin Muncul

Umumnya ada beberapa pertanyaan yang muncul saat wawancara. Kamu bisa bertanya dengan para senior-senir sebelumnya yang sudah mengikuti wawancara itu sebelumnya dan mulai lah membuat list beberapa pertanyaan yang menurut mu “wajib” untuk dijawab dan siapkan beserta jawabannya. Seperti pertanyaan mengenai kelebihan dan kekuranganmu, mengapa memilih universitas dan jurusan yang kamu ambil, apa saja aktivitas yang pernah kamu lakukan, mengapa kamu pantas mendapatkan beasiswa, dan sebagainya.

 

  1. Perbanyak Doa

Yap, setelah segala upaya kita coba lakukan. Tinggal waktunya kita untuk berdoa. Sekeras apapun usaha yang kita lakukan hasilnya tentu ada di tangan Yang Maha Kuasa. Ini juga akan membuat mu lebih siap untuk hasil yang kamu dapatan.

 

Itu dia beberapa tips untuk kamu sebelum melakukan wawancara beasiswa. Semoga Mendapat yang terbaik !!

 

Rial Muharni, Staff HLN 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now