SWU “Share With Us” Edisi Ketiga MITI Klaster Mahasiswa
04/01/2014
Temu Wilayah MITI KM Regional Sulawesi di Universitas Halu Oleo
17/01/2014

Mataram [MITI KM News] – Suasana di gedung Magister Manajemen Pasca Sarjana Universitas Mataram terlihat ramai dengan mahasiswa, hal ini berbeda dengan hari-hari biasanya. Pada hari itu, dilaksanakan rangkaian Seminar dan Lokakarya IPTEK Mahasiswa dalam rangka Temu Wilayah Jabalnusra Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia Klaster Mahasiswa (MITI-KM). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, temwil tahun ini sengaja dilaksanakan di Mataram untuk lebih mengenalkan MITI-KM di Pulau Lombok. MITI-KM bekerjasama dengan dua UKM besar yang ada di UNRAM, yaitu UKM Prima yang bergerak di bidang penelitian dan penalaran dan UKM Argument yang bergerak di bidang debat Bahasa Inggris. Rangkaian acara temwil dilaksanakan dalam dua hari, yaitu pada hari pertama diadakan seminar Sociotechnopreneurship, Talkshow Beasiswa Dalam dan Luar Negeri, dan Training Lembaga Akademi Profesi. Sedangkan untuk hari kedua diadakan Sarasehan Lembaga.

1559468_10203081303383537_501815322_o

Acara seminar Sociotechnopreneurship yang diadakan pada hari pertama, dimulai pada pukul 09.00 WITA. Setelah pembukaan dengan mendengarkan tilawah Al-Qur’an, dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Panitia Dedi Kurniawan yang menyampaikan perihal persiapan penyelenggaraan acara hingga pelaksanaan pada hari-H. Selanjutnya sambutan oleh Ketua MITI-KM Heru Edi Kurniawan dan terakhir sambutan oleh Drs. H. Nasaruddin, M.Kes selaku Pembantu Rektor 3 yang membawahi bidang Kemahasiswaan UNRAM yang secara resmi membuka acara Seminar dan Lokakarya IPTEK mahasiswa 2013. Kemudian acara pembukaan ini diakhiri dengan pembacaan do’a. Mengawali acara seminar ditampilkan company profile MITI-KM 2013 untuk mengenalkan MITI-KM kepada peserta seminar yang sebagian besar dihadiri oleh mahasiswa dari beberapa kampus yang ada di seputaran Mataram, seperti UNRAM, IKIP Mataram, STMIK Bumi Gora, dan Universitas 45 Mataram serta terdapat peserta dari Universitas Airlangga Surabaya. Keseluruhan peserta tampak antusias dalam menyimak penjelasan yang disampaikan langsung oleh ketua MITI-KM. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan agenda-agenda dan layanan dari Departemen Hubungan Luar Negeri (HLN) MITI-KM. Setelahnya dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) antara MITI-KM dengan kedua lembaga tuan rumah temwil, yaitu UKM Prima dan UKM Argument. Hal ini bertujuan untuk mempererat dan memperjelas hubungan kerjasama yang sebelumnya telah berjalan.

1524133_10203081294903325_1552586540_o

Seminar Sociotechnopreneurship yang bertema “Mengembangkan Indonesia Berdaya Saing Melalui Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Riset dan Potensi Lokal“ dimoderatori oleh Muji Juherwin yang saat ini menjabat sebagai Ketua UKM Prima. Terdapat dua pembicara yang akan menyampaikan materi, yaitu pembicara pertama adalah DR. Mahfudz Al Huda, M. Eng selaku Ketua Bidang Pembinaan SDM Ilmuwan, Teknolog dan Peneliti, MITI yang juga bekerja di BPPT. Alumni dari Kanazawa University ini menyampaikan perihal sociotechnopreneur yang bertujuan untuk mencapai kesejahteraan bersama bagi masyarakat melalui inovasi dalam rangka memberikan nilai tambah dari suatu proses produksi. Dalam hal ini menitikberatkan pada penggunaan teknologi yang merupakan perpaduan dari berbagai disiplin ilmu dalam mengarahkan masyarakat untuk dapat maju dan sejahtera. Pembicara kedua adalah DR. Gunawan yang juga merupakan Dosen Fisika, FMIPA UNRAM. Beliau aktif melakukan penelitian terutama yang menyangkut tentang riset yang terkait dengan kebutuhan masyarakat di Pulau Lombok. Salah satunya adalah prototype untuk pembelajaran di bidang fisika. 

Acara dilanjutkan dengan talkshow beasiswa dalam dan luar negeri yang disampaikan oleh Lalu Nopian Hadi dengan dipandu oleh Mulyono Putra selaku MC. Peraih beasiswa dari Arab Saudi ini memaparkan tentang beberapa hal yang harus menjadi perhatian bagi pencari beasiswa, terutama untuk beasiswa dari luar negeri. Pertama, pencari beasiswa harus menggali apa yang menjadi motivasinya dalam mendapatkan beasiswa tersebut, seperti tujuan atau cita-cita yang ingin dicapai setelah beasiswa itu diperoleh. Kedua, melihat peluang yang ada untuk mendapatkan beasiswa yang diinginkan, mulai dari mempersiapkan persyaratan yang diminta, belajar bahasa asing, mempersiapkan motivation letter, mencari professor di kampus tujuan beasiswa, dan lain sebagainya yang menjadi nilai plus untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Setelah istirahat siang dan sholat dhuhur, acara dilanjutkan dengan training kelembagaan kelas riset yang diisi oleh Edwin Jefri selaku Ketua Departemen RIPI. Hal yang disampaikan meliputi mengapa perlunya berpikir ilmiah dan melakukan penelitian, bagaimana pengelolaan penelitian di lembaga serta follow up yang dilakukan dari penelitian tersebut. Hal ini menjadi perhatian khusus dikarenakan background dari lembaga keilmiahan dan penalaran adalah penerapan budaya riset dalam mencari pemecahan dari suatu masalah yang dihadapi.

Selanjutnya dilaksanakan training kelembagaan kelas Comdev yang disampaikan oleh dua nasasumber, yaitu Edwin Jefri dan Raditya T. Sunu. Pada sesi pertama, disampaikan terkait potensi-potensi yang ada di Indonesia yang tersebar mulai dari lautan, daratan, dan perut bumi. Di mana dengan kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia diharapkan mampu untuk mensejahterakan masyarakatnya. Salah satu upaya pemberdayaan masyarakat untuk mengatasi keterpurukan yang melanda bangsa ini adalah melalui program community development. Sedangkan narasumber kedua menyampaikan materi tentang pelaksanaan comdev yang ada di Pulau Lombok. Untuk melakukan comdev, hal pertama yang perlu menjadi pemikiran awal adalah inovasi yang akan dilakukan, yaitu perubahan apa yang akan dilakukan tetapi dengan tetap melihat potensi pasar yang ditawarkan. Sehingga nantinya akan ada keberlanjutan dari proses inovasi tersebut. Tidak semata-mata hanya melakukan perubahan agar terlihat berbeda. Terdapat 3 hal yang menjadi perhatian sebelum melakukan comdev, yaitu melihat potensi yang dimiliki oleh daerah tempat pelaksanaan comdev, identifikasi inovasi yang dapat dilakukan, dan mulai mengembangkan ide dengan membuat proposal comdev. Tahapan-tahapan yang dilalui, yaitu tahap penciptaan ide, tahap pengembangan, tahap inkubasi, dan tahap pemasaran.

1014700_10203081426186607_1984579483_o

Pada malam harinya dilanjutkan dengan Training Kelembagaan Akademik-Profesi (Akpro) yang disampaikan oleh ketua MITI-KM Heru Edi Kurniawan. Hal-hal yang disampaikan meliputi urgensi lembaga akademis di kampus, jenis-jenis lembaga akademis, tahap pendirian dan perkembangan lembaga akademis, serta penjelasan terkait elemen-elemen utama yang harus dimiliki lembaga Akpro, yaitu manajemen organisasi, kaderisasi, riset dan kajian, serta jaringan. Dan pada akhirnya akan bermuara pada pembentukan mahasiswa yang KPK (Kompeten, Profesional, dan Kontributif). Sebagian besar peserta antusias terhadap materi yang disampaikan. Terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada pemateri, baik pertanyaan yang berkaitan dengan kondisi lembaga masing-masing maupun tentang kemitraan yang akan dilakukan antara MITI-KM dengan lembaga tersebut.

Pada hari kedua, bertempat di gedung yang sama dilaksanakan FGD yang merupakan lanjutan dari training kelas comdev. Peserta delegasi dikelompokkan menjadi 3 kelompok, yaitu UKM Prima dan UKM Argument dari UNRAM serta UKM Penalaran dari UNAIR dengan masing-masing kelompok didampingi oleh satu orang pengurus MITI-KM. Masing-masing kelompok membahas rancangan comdev yang akan dilakukan, baik tahapan pelaksanaannya dalam waktu jangka pendek maupun jangka panjang. Kemudian hasil diskusi tersebut dipresentasikan di depan kelompok yang lain sehingga diperoleh feedback yang membangun bagi lembaga tersebut dalam merealisasikan rencana comdev-nya.

1506337_10203081279422938_1672886834_o

Selanjutnya dilaksanakan Sarasehan Lembaga yang diawali dengan memperkenalkan personil yang ada di tim korwil Jabalnusra dengan masing-masing penanggung jawab (PJ) pendampingan kampus. Kemudian masing-masing lembaga menyampaikan tanggapan dan harapan ke depannya selama menjalin kemitraan dengan MITI-KM. Tepat pada pukul 13.00 WITA, acara Temu Wilayah Jabalnusra dalam rangkaian Seminar dan Lokakarya IPTEK Mahasiswa 2013 secara resmi ditutup oleh Korwil Jabalnusra MITI-KM. Kemudian, dilakukan foto bersama antara peserta, panitia, dan perwakilan pengurus MITI-KM yang hadir.

MITI-KM!!! Solid, Profesional, Membumi [PUT/MIF]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now