ISLAMIC SCIENCE FORUM 6 “Science – Policy Interface: Islamic Perspektive”
25/02/2014
DAFTAR 10 FINALIS MITI PAPER CHALLENGE (MPC) TAHUN 2014
28/02/2014

Palembang [MITI KM NEWS] – Pada tanggal 13 Februari 2014 Kampus Unsri Bumi Sriwijaya terlihat berbeda dengan hari-hari biasanya. Perbedaan tersebut mulai sangat terasa dengan ditandai tersusunnya buku-buku seberat 17 ton, bazar-bazar edukatif maupun sovenir khas daerah yang menghiasi sisi Auditorium Universitas Sriwijaya. Moment yang beda inilah merupakan awal pelaksanaan kegiatan U-Green Tea (U-Read Grand Event of Thechnology Application). U-Green Tea adalah program kerja yang digagas oleh UKM U-Read (Unsri Riset dan Edukasi) bekerjasama dengan MITI KM (Masyarakat Ilmuan dan Teknolog Indonesia Klaster Mahasiswa) dan Yusuf Agency (agen pemasok buku) yang dirancang akan eksis dari 13-22 Februari 2014. U-Green Tea tahun ini akan dikemas dengan rangkaian agenda berupa; Bazar Buku, 6 Jenis lomba (LKTI, Eco Creative, Foto Lingkungan, Poster, dan WPAP), Temu Wilayah Sumbagsel, Seminar Ilmiah Nasional dan Dialog Beasiswa Dalam dan Luar Negeri. Adapun tema besar yang di usung dalam U-Green Tea adalah “The Symphony of Environment Technology”.

1464672_694045467303233_1738029119_n

Semarak persiapan pembukaan kegiatan inipun makin menuju puncaknya. Para pengunjung yang tak sabar menikmati bazar buku terlengkap di Unsri ini menunjukkan antusiasnya dengan mulai beramai-ramai melihat-lihat ragam buku yang telah tersusun dengan kelompok harganya. Akhirnya saat pembukaanpun dimulai pukul 10.30 WIB. Diawali dengan lafadzh basmalah dan pembacaan tilawah oleh semua undangan, diniatkan agar agenda ini Allah berikan kelancaran dan barokahnya. Memasuki sisi sambutan, sambutan yang menjadi sorotan awal adalah sang Ketua Pelaksana yaitu saudara Kisai Tarmidzi, berikutnya dilanjutkan oleh Direktur UKM U-Read oleh saudara Maranggi Aulia, perwakilan MITI KM oleh Saudara Dwi Wahyuno yang mengemban amanah sebagai Koordinator Wilayah Sumbagsel dan peresmiaan oleh Rektor universitas Sriwijaya yang diwakilkan oleh Kepala Bagian Kemahasiswaan, Bapak Baharuddin, SE. Momen peresmian dari kegiatan U-Green Tea tersebut ditandai dengan pemotongan pita kegiatan yang disaksikan oleh semua undangan dan peserta yang hadir, baik dari perwakilan organisasi-organisasi kampus Unsri, delegasi-delegasi peseta Temu Wilayah Sumbagsel maupun kalangan umum yang telah menunggu-nunggu event akbar ini.

Memasuki pukul 08.00 WIB peserta diarahkan ke In door dimana kelas dibagi menjadi dua. Kelas pertama untuk peserta kampus yang sudah mempunyai lembaga penelitian dan penalaran yaitu UKM Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (P3M) Universitas Bengkulu, UKM Unsri Riset dan Edukasi (U-Read) dan UKM Riset dan Penalaran Exist Jambi dengan pembicara Ketua MITI Klaster Mahasiswa Heru Edi Kurniawan S.Pd, M.Pd. Sedangkan kelas kedua untuk peserta kampus yang belum mempunyai lembaga dengan pembicara Head of Human Resource Depelopment Deparment MITI KM Aji N Pakha. Kemudian acara dilanjutkan dengan Coffe Break pementasan Sanggar Kancil (Komunitas penCinta Ilmu) di Student Center Unsri sembari peserta di temani santapan panganan khas kota Palembang “Pempek” sehingga acarapun makin meriah. Siang harinya setelah istirahat sholat dan makan dilanjutkan dengan FGD pada ruang 1 “Pembuatan Grand design pengelolaan riset/comdev pada masing-masing UKM” dan ruang 2 “Pembuatan Grand design Pendirian UKM dan Pengelolaan Kaderisasi”. Dan diakhir acara dilanjutkan dengan presentasi masing-masing kampus. Malam harinya ditemani air yang mengguyur dari langit, kelas kemudian dijadikan satu kembali, yaitu materi dari perwakilan BTIC (Bussines Technology Inovatore Center) MITI pusat oleh Intan Nawangsari Sutarto. Beliau merupakan kader MITI yang telah terbang je jerman untuk mengembangkan wawasan di bidang bisnis teknologi terkini.

1911238_524319544345369_641908663_o

Pagi harinya tanggal 22 Februari 2014 adalah Seminar Ilmiah Nasional dan Dialog Beasiswa Dalam dan Luar Negeri. Mulai bersiap, peserta Temwil akhirnya Lougt Out dari penginapan dan melancong ke Aula Pasca Sarjan Unsri di Bukit Besar, Palembang. Agenda seminar dan dialog yang juga bertema “The Symphony of Environment Technology” ini merupakan puncak kegiatan serangkain U-Green Tea. Pada sesi Seminar Ilmiah Nasional pembicara Pertama adalah Dr. Rohadi Awaludin yang merupakan perwakilan MITI Pusat. Beliau menyampaikan tentang Sustainable Development (menuju Pembangunan berkelanjutan). Judul tersebut sebenarnya beliau usung dengan kepahaman yang telah tertempa mulai masa perkuliahan Stara 1 hingga S3 di jepang, adanya keinginan yang kuat dari Peneliti Madya, Kepala Bidang Radiofarmaka ini untuk mengajak mahasiswa mulai bergerak hijau. Berikutnya, materi ke-2 di sampaikan oleh Dr. Ishaq Iskandar yang merupakan jebolan Strata 1 Unsri dan melanjutkan S2 dan S3nya di jepang ini kini mengkontribusikan keahliaanya di bidang akademisi sebagai dosen Jurusan Fisika Fakultas MIPA Unsri dan PPLH Unsri. Beliau menyajikan materi dengan judul “Kampus sebagai Laboratorium ‘Hijau’”. Setidaknya penggugahan beliau terhadap mahasiswa akan pentingnya wahana kampus sebagai model laboratorium hijau kerap menjadi perbincangan dan budaya mahasiswa kedepan. Berikutnya, Materi ketiga di bawakan oleh seorang petani peneiti dari background S3 (SD 1,2 dan 3) yang fantastik telah di angkat menjadi staf peneliti di Unsri dan IPB, beliau juga telah meraih 3 paten produk pertanian sehingga akrab dua kali dinobatan menjadi petani berprestasi bidang perkebunan oleh presiden di tahun 2011 dan 2013 lalu. Sungguh kombinasi yang strategis mahasiswa dengarkan sebagai pucuk informasi yang hangat, segar dan kontemporerdi seminar tersebut .

Pada siangnya pukul 13.20 WIB, acara dilanjutkan dengan Dialog beasiswa dalam dan Luar Negeri. Kali ini 3 pembicara juga U-Read hadirkan. Pertama Dr.Rohadi Awaludin , Kedua Prof. Dr. Amin Rejo (Pembantu Dekan Fakultas Pertanian) dan Intan Nawangsari Sutarto. Ketiga-tiganya menggebu-gebu bersilat lidah untuk memantaskan dan menginformasikan mahasiswa bahwa beasiswa itu banyak, mudah dan tinggal di pilih. Jelas, dimana syaratnya yang terpenting adalah pahami dan gapai standarisasi pelulusan beasiswanya, minimal IPK dan Bahasa Inggris “ Ujar pak Amin rejo berulang-ulang”

Mengakhiri acara seminar penampilan company profile MITI-KM untuk mengenalkan MITI-KM kepada peserta seminar dan Temwil dan pemaparan agenda-agenda dan layanan dari Departemen Hubungan Luar Negeri (HLN) MITI-KM. Diakhir agenda tersebut, dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) antara MITI-KM dengan 9 kampus dari 15 kampus yang telah ikut temwil Sumbagsel. Hal ini bertujuan untuk mempererat dan memperkuat hubungan kerjasama yang sebelumnya telah berjalan antara lembaga kampus dengan MITI KM. Selanjutnya momen yang tak kalah penting adalah pengumuman pemenang lomba-lomba pada U-Green Tea.

5525_10201451298393896_1854672827_n

Berakhirnya rangkaian Seminar Ilmiah Nasional dan Dialog Beasiswa Dalam dan Luar Negeri menandakan agenda U-Green Tea telah rampung. Sebagai buah tangan panitia, agenda ini dilanjutkan dengan fun activities berupa field trip keliling kota Palelmbang dan mencari oleh-oleh yang ber Brand palembang. Peserta pun bersemangat kembali untuk bersiap-siap mengunjungi Ampera yang merupakan icon kota pempek ini. [DWY/MIF]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now