4 Organisasi yang Biasa Diikuti Mahasiswa Indonesia di Luar Negeri
26/10/2015
Seminar Nasional Implementasi Sains dan Teknologi Kerjasama SSC UNNES dan MITI Klaster Mahasiswa
29/10/2015

Palangkaraya [MITI KM News] – Kota Palangkaraya dengan luas wilayah 2.678,51  dengan total penduduk hanya 220. 926 jiwa . Jika, dibandingkan dengan luas wilayah Kota Bogor hanya 118,50  dengan total penduduk mencapai 950.334 jiwa. Luas Kota Palangkaraya yang hampir 23 kali lipat dengan luas Wilayah Kota Bogor dan jumlah penduduknya yang tidak sebanding dengan jumlah penduduk Kota Bogor ini tidak mampu untuk memnuhi pangan yang kebanyakan masih diimpor dari Jawa.

 “Lahan kosong yang masih dominan di wilayah kota Palangkaraya masih bisa memungkinkan untuk dimanfaatkan untuk pertanian dalam pemenuhan pangan penduduk Kota Palangkaraya. Selama ini dalam memenuhi pangan penduduk Kota Palangka Raya masih banyak diimpor dari Jawa seperti beras, cabe, bawang, wortel, kentang, dan lain sebagainya. Hal ini yang membuat harga pokok di Kota Palangkaraya cukup mahal,”ujar Hindris Jawananda Ketua Pelaksana Talkshow Go Pangan Lokal.

_MG_3742

Talkshow ini bertempat di aula Universitas Palangkaraya menghadirkan dari Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan koordinasi Provinsi Kalimanatan Tengah yang diwakili oleh Ibu Sri Purdiyati. Sedangkan dari akademis dari dosen pertanian Dr. Hastin Ernawati NCC, SP., MP dan Ketua Kelompok Tani dan Pemberdayaaan Masyarakat Desa, Supendi, SP.

Talkshow yang dihadiri ratusan mahasiswa ini dibuka langsung oleh Walikota Palangkaraya walaupun walikota berhalangan hadir yang diwakilkan dengan Ikhwansyah kepala dinas pertanian dan perkebunan Kota Palangkaraya. Dalam sambutan Dekan Fakultas Pertanian,  Ir. Cakra Biwara, MP sangat mengaprasiasi kegiatan ini walaupun dalam kondisi asap yang masih cukup tebal. Cakra menyatakan bahwa ada 3 isu yang penting, yang pertama adalah energi, pangan dan air. “Semoga adanya Talkshow ini merupakan langkah kecil untuk menyelesaikan permasalahan ketahanan pangan dan kedaulatan pangan di Indonesia khususnya kota Palangkaraya,” ucap Cakra.

_MG_3855

Talkshow ini cukup meriah apalagi di akhir sesi dilakukan pembagian doorprize berupa uang tunai dan foto bareng bersama panitia dengan peserta. Peserta begitu antusias sampai selesainya Talkshow ini walaupun kondisi asap yang masih tebal. [YEN/MIF]

 

Comments are closed.

Buy now