Get your future with LPDP
17/07/2017
How to Get LoA
09/09/2017

Di penghujung Juli, Departemen RIPI MITI KM kembali menyelenggarakan diskusi online untuk khalayak umum. Program yang bertajuk Share with Us (SWU) bulan ini menghadirkan Donnie Aqsha, S.P selaku pembicara. Donnie, sapaan alumni fakultas pertanian IPB tersebut berbincang hangat dengan tema “Peran Start Up Digital dalam Menciptakan Solusi bagi Masyarakat”. Diskusi online yang dimoderatori oleh Yogi Gustaman (Pengurus MITI KM)  tersebut dilaksanakan pada hari Minggu, 30 Juli 2017.

Diskusi dimulai sejak  pukul 20.00 WIB dibuka dengan kalimat semangat dari Donnie, “Dunia kini terbuka lebar dan berada di genggaman kita semua dengan peluang yang sama.” Donnie yang merupakan founder agrowing.co.id, sebuah Start Up segmen pertanian  sesuai dengan bidang keahliannya, memaparkan kepada peserta diskusi tentang Start Up. Masa kini, masyarakat yang aktif menggunakan teknologi informasi menjadi sasaran bisnis Start Up , bisnis yang berbasis teknologi. Di Indonesia, ribuan Start Up di berbagai lini tumbuh dengan subur. Contohnya, Gojek yang memudahkan akses transportasi, Buka Lapak, Tokopedia, dan Zalora yang membuat belanja lebih menyenangkan, serta Igrow yang memberi alternatif investasi bagi pengguna yang ingin usaha di bidang pertanian. Dari setiap Start Up yang bermunculan tentunya bertujuan untuk memberi solusi atas masalah yang dihadapi masyarakat.

Di antara 175 peserta yang mendaftar, Dimas, seorang peserta asal Universitas Indonesia menanyakan perbedaan anatara UKM dan Start Up. Sang narasumber menjelaskan bahwa UKM fokus pada penjualan produk, penggunaan medsos dan web hanya untuk meningkatkan penjualan dan bran awareness, sedangkan Start Up mengutamakan pada fitur yang dikembangkan sehingga pertumbuhan pengguna menjadi signifikan. Penggiat Start Up tidak mengambil keuntungan dari produk suplier yang terjual.

Tak hanya menceritakan informasi Start Up saja, Donnie juga membeberkan langkah-langkah dalam merintis Start Up. Pria kelahiran 11 Desember 1987 ini menekankan bahwa untuk mengawalinya diperlukan formula “niat baik + ikhlas + profesional”. Setelah itu, ada 4 tahapan yang harus dilakukan, yaitu:

  1. Tentukan masalah apa yang akan anda atasi
  2. Solusi yang akan dibuat
  3. Siapa konsumen yang kan diincar
  4. Bagaimana model bisnis yang akan dijalankan

Melalui diskusi ini Donnie mengajak peserta diskusi untuk membangun Start Up melihat manffat yang sangat baik untuk Indonesia. Di antaranya bisnis ini mampu mengambil peran dalam pemerataan ekonomi. Oleh karena itu, pemerintah juga mendukung tumbuhnya Start Up di tanah air dengan melakukan penyesuaian kebijakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now