Ciptakan Curriculum Vitae yang Informatif
10/06/2017
7 cara untuk dapat ke luar negeri  selain kuliah
17/07/2017

 

Budaya Jepang nyatanya sangat dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Selain pernah menjajah Indonesia selama 3,5 tahun dari periode 1942-1945 yang sedikit banyak mempengaruhi budaya dan hal-hal fisik di Indonesia termasuk seragam sekolah. Generasi milenia Indonesia juga dekat sekali dengan budaya manga/anime yang dulu era 90-an rutin tayang saban Minggu pagi. Budaya J-Pop yang menggambarkan keindahan dan kemegahan Tokyo, Osaka, Kyoto, Hiroshima, dll juga membuat kita envy dan ingin berlibur atau merasakan sendiri suasana negeri matahari terbit tersebut.

Minat untuk melanjutkan studi di Jepang semakin meningkat, apalagi jurusan-jurusan sains dan teknologi yang memang menjadi unggulan di sana. Ada beberapa beasiswa yang disediakan untuk kuliah di Jepang mulai dari partial hingga fully funded. Berikut kami bagikan informasi yang bisa menjadi pencerahan bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di Jepang.

 

  1. Yakinkan Diri Memilih Jepang

Sebelum kita menjadi pejuang beasiswa, ada beberapa hal yang harus kamu pastikan ada di dirimu. Tanyakan apa motivasimu memilih Jepang sebagai tempat studi lanjut? Pernahkah berpikir tentang kesulitan-kesulitan yang bakal dihadapi nantinya? Mengapa tidak memilih negara lain saja? Siapkah belajar bahasa Jepang dan menghafalkan ribuan kanji untuk bisa bertahan hidup sekaligus menikmati Jepang?

Pertanyan-pertanyaan tersebut mesti kamu jawab dulu, karena jangan sampai kecewa dan tidak kuat untuk studi di Jepang nantinya. Setelah mampu menemukan jawaban dari itu semua, selanjutnya kita mempersiapkan hal-hal teknis mencari beasiswa di Jepang.

 

  1. Tentukan Bidang yang Ingin Ditempuh

Tentukanlah bidang yang ingin kamu tempuh di Jepang. Tentukan sejak saat ini, karena pilihan bidang akan menentukan pilihan pembimbing dan universitas nantinya. Banyak sekali jurusan di Jepang baik yang sains maupun sosial. Sesuaikan dengan minat dan kemampuan kamu.

 

  1. Kumpulkan Informasi Sebanyak Mungkin

Untuk mendapatkan suatu beasiswa apalagi beasiswa studi luar negeri, kita mesti mengumpulkan informasi yang banyak dan detil. Mulai dari persyaratan, biaya yang mesti dikeluarkan, biaya yang dicover, budaya negara tujuan, dsb.

Monbukagakusho mungkin adalah beasiswa ke Jepang paling populer di Indonesia, namun sadarilah bahwa jalan ke Jepang bukan hanya melalui Monbukagakusho. Ada banyak beasiswa yang bisa kamu tuju yang lebih pas dengan kebutuhan dan kemampuan kamu. Misalnya, ada beasiswa short course yang ditujukan untuk mereka yang hanya ingin menikmati keindahan Jepang untuk sementara waktu, atau misalnya kamu seorang pendidik, ada beasiswa khusus juga untuk kamu. Di era keterbukaan informasi sekarang ini, rajin-rajinlah mencari informasi, bisa dari kenalan kamu yang sudah pernah kuliah di sana atau memanfaatkan internet yang punya informasi berlimpah. Intinya, jangan malas!

  1. Cari Universitas yang Akan Menjadi Tempat Belajar

Tentukan kampus tempat tujuanmu dengan mempertimbangkan beragam hal, misalnya: biaya hidup di kota tempat universitas itu berada (mahal/tidak), iklim, swasta/negeri, ada baiknya tetapkan universitas yang memiliki ahli di bidangnya.

 

  1. Berjuang untuk Mendapatkan Pembimbing Akademik

Mendapatkan pembimbing akademik bukanlah hal yang mudah, kadang email yang kita kirimkan tidak berbalas dan hilang tak berbekas. Untuk mencari pembimbing akademik, bertanyalah kepada senior, dosen di Indonesia, atau kenalan kamu yang pernah kuliah di sana dan sukses dalam studinya.

 

  1. Mencari Sponsor Beasiswa

Sponsor beasiswa adalah pihak yang akan membiayai studi kita di Jepang. Seperti dimahfumi bahwa studi di luar negeri perlu modal yang sangat besar, agar studi kita tidak terganggu ada baiknya kita mendapatkan beasiswa.

Seperti yang dituliskan di poin ketiga, bahwa tidak hanya Monbukagakusho yang menyediakan beasiswa untuk ke Jepang, ada banyak lembaga lain seperti ADB Scholarship, Okazaki Kaheita,  YESP Tokyo Insitute of Technology, Honjo International, LPDP, dll.

 

  1. Ada Baiknya Belajar Bahasa Jepang Sebelum Berangkat

Belajar bahasa Jepang membantu kita untuk survive dan memudahkan berinteraksi dengan masyarakat asli Jepang yang kebanyakan sulit berbahasa Inggris. Selain itu, selama 1 semester juga ada kelas bahasa Jepang bagi mahasiswa asing yang juga dapat diambil.

 

  1. Siapkan Semua Dokumen Teknis dengan Baik

Persiapkan semua dokumen dengan baik seperti CV, sertifikat TOEFL/IELTS, sertifikat JPLT dengan baik, Esai, Ijazah, Transkrip, Surat rekomendasi, dll. Pantau dengan seksama timeline dan persyaratan dari semua sponsor beasiswa yang ada.

 

Semua step yang kami berikan ini mudah-mudahan bisa membantu kamu untuk mempersiapkan diri studi di Jepang. Intinya kesuksesan dapat kita raih In syaa Allah dengan 2 faktor: effort yang kuat dan kedekatan dengan Yang Maha Kuasa. Jangan patah semangat untuk berjuang dan mencapai apa-apa yang telah kita impikan.

 

****

Berikut beberapa link yang bisa digunakan untuk membantu kamu mendapatkan informasi tentang beasiswa di Jepang:

 

Beasiswa Monbukagakusho http://id.emb-japan.go.jp/sch.html

Beasiswa ADB http://adb.org/jsp.default.asp

Panasonic Scholarship http://panasonicscholarship.com

Pengalaman Mempersiapkan Studi di Jepang http://wibirama.staff.ugm.ac.id/2012/11/24/sunu-wibirama-bagaimanakah-cara-mendapat-beasiswa-belajar-di-jepang/

by, Rido Arroyyan, Staf HLN 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now