Tatap Muka Ketua Umum MITI KM dengan Pengurus Wilayah Semarang
02/10/2015
Talkshow Go Pangan Lokal di UMN Al-Washliyah Medan: Mari Konsumsi Panganan Lokal!
05/10/2015

Purwokerto [MITI KM News] – Fakultas Pertanian Unsoed kembali menunjukkan perannya sebagai lembaga pendidikan dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan melalui kegiatan mahasiswanya yang dilakukan sejak Jum’at (2/10) hingga minggu (4/10) mendatang. Unit kegiatan mahasiswa Keluarga Mahasiswa Islam Faperta (Gamais) yang bekerjasama dengan Ikatan Mahasiswa Muslim Pertanian Indonesia (IMMPERTI) dan Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI) Klaster Mahasiswa mengadakan kegiatan talkshow, diskusi publik, dan kampanye “Go Pangan Lokal” yang bertujuan untuk mengenalkan dan memahamkan mahasiswa dan masyarakat sekitar tentang cita-cita kemerdekaan Indonesia yaitu berdaulat pangan.

gpl purwokerto

“Selama ini mahasiswa banyak yang menggaung-gaungkan kedaulatan pangan, ketahanan pangan, tapi tidak sedikit dari mereka yang belum paham apa perbedaan mendasar dari kedua pengertian tersebut,” ujar Nabila salah satu panitia agenda ini. Jika dilihat dari UU Pangan No. 18 tahun 2012 kedaulatan pangan bertolak belakang dengan ketahanan pangan. Kedaulatan pangan adalah hak tiap masyarakat menetapkan pangan dan sistem pertanian bagi dirinya sendiri, berdaulat, tanpa menjadikannya sebagai subjek berbagai kekuatan pasar internasional.

Kegiatan yang sekaligus bertujuan untuk memperingati hari tani (24/9) dan hari pangan (16/10) mendatang ini dibuka dengan talkshow kedaulatan pangan dengan narasumber Surono Danu (penemu padi sertani) dilanjutkan dengan diskusi publik, Sabtu (3/10) yang mengusung tema “Kedaulatan Pangan; Harga Mati!” dengan narasumber Dinas Pertanian Banyumas dan Surono Danu. Tidak berhenti sampai di sini, Minggu (4/10) akan dilaksanakan kampanye “Go Pangan Lokal” yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat umum terhadap beragam jenis dan kualitas produk pangan lokal Indonesia, hingga akhirnya ikut mengkampanyekan Go Pangan Lokal berdasar kepahaman dan kesadaran sendiri (self awareness) untuk sama-sama mewujudkan pangan Indonesia yang berdaulat. [MLN/MIF]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now