MITI PAPER CHALLENGE 2015 – MITI KLASTER MAHASISWA
02/02/2015
Roadshow MITI KM: KPM UNJ Berganti Kepengurusan, Science Club UNJ Butuh Informasi
10/02/2015

Depok [MITI KM News] – Tim Korwil Jabaja MITI KM melakukan roadshow ke dua kampus, tiga lembaga, didalam satu lokasi. Ada yang bisa tebak dimana? Iya benar, Tim Korwil Jabaja MITI KM mengunjungi tiga lembaga riset dan penalaran mahasiswa di Politeknik Negeri Jakarta dan Universitas Indonesia. Tiga lembaga yang dikunjungi yaitu Mars Project yang berada di PNJ,  KSM Eka Prasetya serta UIAC yang berada di UI.

Roadshow kali ini  diawali dengan berkunjung ke Mars Project PNJ. Unit Kegiatan Mahasiswa di PNJ ini berdiri tahun 2011 dan mulai bergerak aktif di tahun 2011. UKM ini sudah mulai aktif dalam kegiatan-kegiatan nasional seperti Pekan Kreatifitas Mahasiswa dan Pekan Mahasiswa Wirausaha. Andi, Ketua Mars Project menjelaskan, “Memang fokus kami saat ini di Mars Project adalah bagaimana teman-teman mahasiswa PNJ dapat berprestasi dengan cara mengikuti kegiatan riset dan lomba seperti Pekan Kreatifitas Mahasiswa dan Pekan Mahasiswa Wirausaha. Visi ini sesuai dengan kepanjangan nama lembaga kami yaitu Mapres and Research Project’. “Sebelum mengikuti kompetisi, kami mempersiapkan hal itu dengan membuka tiga kelas yang berlangung sebulan tiga kali yaitu Kelas Mapres, Kelas Riset dan Kelas Marketing Intelligent. Selain itu, kami juga mengadakan Mentoring Akademik untuk membantu teman-teman mahasiswa yang kesulitan dalam memahami pelajaran kuliah,” ungkap Andi.

miti-mpPada silaturahim kali ini dihadiri juga oleh ketua dan wakil ketua BEM PNJ, serta Mapres PNJ. Lanjut ke lembaga selanjutnya yaitu KSM Eka Prasetya. Dari gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (Pusgiwa) PNJ, bepindah ke Perpustakan Universitas Indonesia. Oriza Sativa atau biasa di panggil Orin selaku ketua KSM UI Eka Prasetya sudah menunggu kehadiran kami. Di perbincangan santai ini Orin menjelaskan bahwa ada beberapa kegiatan besar  yang sudah dilakukan di tahun 2014 seperti Research Camp. Penelitian dilakukan oleh empat kelompok dengan judul penelitian yang berbeda. Kelompok pertama “Peranan Kontrol Sosial terhadap Fenomena Jamal (Janda Malaysia) di Desa Semparu, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat”, kelompok kedua “Pengaruh Pemberitaan Media massa terhadap Opini Masyarakat Mengenai Pekerjaan Pekerja Migran”, kelompok ketiga “Pola Pemanfaatan Remitansi Tenaga Kerja Indonesia (TKI): Studi Deskriptif di Desa Semparu, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah”, dan kelompok kempat “Pola Pengasuhan Anak Tenaga Kerja Indonesia di Desa Semparu, Kopang, Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat”.

Hasil dari penelitian ini, telah diseminarkan pada kegiatan temuwicara di bulan Februari 2014. Saat itu hadir pula perwakilan dari MITI KM sebagai pembicara yaitu Retno Widyastuti. Kegiatan lainnya yaitu Desa Penelitian yang berada di Penjaringan, Jakarta Utara. Diawali dari penelitian mengenai Gaya Hidup Sehat Masyarakat, hasil penelitian ditindaklanjuti dengan pengabdian masyarakat. Ada kegiatan penyuluhan kesehatan, penyediaan tempat sampah dan program untuk anak-anak yaitu les Bahasa Inggris. Itu baru sebagian kegiatan dari KSM Eka Prasetya.

“Saat ini KSM Eka Prasetya sedang menyiapkan open recruitment anggota baru. Rencananya tahun ini KSM Eka Prasetya akan mengadakan acara setingkat nasional. Harapannya MITI KM bisa bekerja sama untuk mensukseskan acara ini.” ungkap Orin.  Setelah selesai berbincang dengan Orin dari KSM Eka Prasetya,  Tim Jabaja melanjutkan perbincangan bersama Ami, Ketua Universitas Indonesia Achievement Community (UIAC) di selasar Masjid Ukhuwah Islamyiah.

“UIAC merupakan Badan Semi Otonom yang berada di bawah BEM Universitas Indonesia yang diresmikan rektorat pada Juni, 2014. Tahun ini adalah tahun percobaan. Jika dinilai bagus oleh rektorat, maka UIAC akan menjadi UKM,” ungkap Ami. Walaupun masih terhitung muda, namun lembaga ini telah mengadakan kegiatan besar seperti Temu Ilmiah Nasional dan ada beberapa kegiatan bersama MITI KM seperti di awal tahun 2014, menjadi tuan rumah Temu Wilayah Jabajakal dan Seminar Green Development yang dihadiri oleh Walikota Depok. Selain itu, UIAC juga membantu mensukseskan kegiatan Go Pangan Lokal 2014 di Jakarta dan sosialisasi Virtual Research Laboratory MITI.

miti-ksm copy

“UIAC memang lebih fokus menghasilkan Mahasiswa Berprestasi. Dari program Sekolah Mapres, ada tiga orang yang menjadi Mapres Fakultas dan ada beberapa yang menjadi kandidat Mapres Universitas. Selain itu pula ada anggota UIAC yang telah  mengikuti Conference Internasional,” ungkap Ami.

Program roadshow ini merupakan ajang silaturrahim MITI KM dengan lembaga riset dan penalaran mahasiswa di kampus yang telah bermitra ataupun yang akan bermitra nantinya.  Pertemuan ini juga sekaligus memberikan informasi mengenai program MITI KM kedepan, seperti program MITI Paper Challenge dan Hibah MITI. Dari pertemuan ini, ketiga lembaga tersebut mengharapkan adanya hubungan yang lebih intens dalam komunikasi, saling membantu dalam publikasi dan penyebaran informasi, serta dapat bersinergi untuk membangkitkan kegiatan riset dan penalaran mahasiswa.  [YGS/MIF]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now