SWU#1 Teknologi Metamaterial: Rahasia Jubah Harry Potter
28/05/2017
MITI KLASTER MAHASISWA IKUTI SIMPOSIUM DAN EXPO NASIONAL DI UNIVERSITAS BRAWIJAYA
29/05/2017
MITI KM Bina Wilayah Jawa tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan Roadshow ke 30  KSU di Wilayah Jateng-DIY secara maraton dalam waktu kurang lebih satu bulan secara bergiliran. Roadshow ke mitra adalah agenda rutin MITI KM untuk memperkuat jaringan kerjasama dan menjaga silaturahim antara MITI KM dengan mitra.

Roadshow MITI KM Binwil JADIY dilakukan dalam beberapa tahap. Roadshow kali ini merupakan tahap perkenalan dan konsolidasi awal MITI KM yang diwakili oleh pengurus dan anggota MITI KM di Wilayah Jateng DIY dengan kepengurusan baru KSU mitra MITI KM. Roadshow dihadiri oleh mitra MITI KM yang sudah bergabung sejak tahun-tahun sebelumnya maupun calon mitra MITI KM dari berbagai KSU yang tahun sebelumnya belum bermitra dengan MITI KM.

Roadshow MITI KM BINWIL JADIY perdana 2017 dilaksanakan di zona Semarang 1, pada tanggal 19 maret 2017. Roadshow kali ini digawangi oleh 2 staf ahli MITI KM Binwil JADIY Cahyaning Budi Utami, S.Pd. dan Ilham Alkian. Dua puluh dua peserta Roadshow delegasi dari UKMP UNNES dan RIPTEK UNNES hadir dengan antusias dan aktif dalam diskusi maupun tanya jawab sejak pukul 09.00 sampai pukul 12.00 WIB. Peserta dari UKMP UNNES bertanya tentang apa sajakah keuntungan bermitra dengan MITI KM.

Roadshow MITI KM BINWIL JADIY_Zona Semarang 1, Jawa Tengah

Keuntungan bermitra dengan MITI KM selain tergabung dan memiliki jaringan lembaga riset kajian dan penalaran mahasiswa tingkat nasional, mitra MITI KM juga bisa mendapatkan pembinaan, pendampingan, maupun fasilitas layanan dari MITI KM. Ada berbagai fasilitas layanan dari MITI KM antara lain 1) program Youth Connection dari Departemen Hubungan Luar Negeri MITI KM; 2) Jasa Unduh Jurnal Internasional (JUJI) dari Departemen Riset Interdisipliner; 3) MITI KM juga akan menjembatani permohonan narasumber ilmuwan MITI sesuai dengan bidang keilmuan yang dibutuhkan oleh mitra MITI KM; 4) publikasi kegiatan mitra bersama MITI KM pada berbagai media yang dimiliki MITI yang bisa diakses oleh lebih dari 76 mitra MITI KM yang tersebar di berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang terbagi dalam 7 wilayah koordinasi, atara lain wilayah Sumatera bagian utara, wilayah Sumatera bagian selatan, wilayah Jabodetabek dan Banten, wilayah Jateng dan DIY, wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, wilayah Kalimantan, dan wilayah Sulawesi. Keuntungan bagi mitra yaitu bisa meningkatkan community branding mitra secara nasional; 5) Mitra berkesempatan mengikuti upgrading maupun diskusi online berkala bersama MITI KM dengan seluruh delegasi mitra MITI dari berbagai kampus di Indonesia. Hasil diskusi ini diharapkan bisa melahirkan ide dan pemikiran yang bisa mencerdaskan mahasiswa lain di Indonesia.

Selain itu, mitra berkesempatan untuk berkonsultasi maupun berkolaborasi dalam research and community development (riset dan pemberdayaan masyarakat) melalui program binwil kontributif MITI KM bersama mitra daerah setempat. Kerjasama dan konsolidasi yang solid bersama mitra mutlak diperlukan untuk mensukseskan program ini. Hal ini sejalan dengan tujuan pembinaan MITI KM, yaitu menjalin kerjasama yang kuat dua arah antara MITI KM dengan KSU yang bermitra. Dengan demikian komitmen untuk saling berkoordinasi dan berkonsolidasi menjadi kebutuhan dan tanggungjawab bersama. Dalam kerjasama ini, baik pihak mitra maupun pihak MITI KM harus saling menjaga komunikasi dan saling proaktif untuk berkontribusi, bukan saling menunggu untuk mendapatkan sesuatu yang diharapkan tanpa dikomunikasikan, tegas Sri Wahyuningsih, S.Pd.Si. anggota MITI KM BINWIL JADIY pada kesempatan berikutnya.

Roadshow kedua dilaksanakan di zona Surakarta, silaturahim MITI KM kali ini bersama SIM UNS, KSI F Pertanian UNS, FORDISTA IAIN Surakarta, dan PRISMA UMS. Roadshow Zona Surakarta bertempat di Gedung E Fakultas Pertanian UNS. Pemaparan materi dan perkenalan tentang MITI KM disampaikan oleh Korwil Binwil JADIY, Fajar Eko Prasetyawati, S.Pd. bersama pengurus MITI KM yang lainnya dilanjutkan dengan tanya jawab dari mitra dan calon mitra MITI. Pada kesempatan selanjutnya Muhammad Imam F Ketua Kelompok Study Ilmiah Fakultas Pertanian UNS akan mengirimkan delegasi ke acara Youth Summit MITI KM untuk menandatangani nota kesepahaman (MOU) kemitraan bersama MITI KM.

Roadshow MITI KM BINWIL JADIY_Zona Surakarta (Solo), Jawa Tengah

Roadshow ketiga dilaksanakan di zona Yogyakarta I pada tanggal 26 Maret 2017. Roadshow kali ini bertempat di Gedung Student Center Lt. 2 Universitas Negeri Yogyakarta. Peserta yang hadir adalah delegasi dari 6 KSU mitra MITI KM antara lain: UKM Penelitian UNY, KPM UMY, LabMa UII, UPII UGM, KSI MIST FMIPA UNY, KAB UGM dan delegasi dari 3 KSU calon Mitra MITI KM yaitu UKMF Penelitian KRISTAL FE UNY, Fisipol Research Club UMY, dan Mahasiswa Teknik Riset dan Eksperimen UNY.  Setelah pembukaan roadshow usai dilanjutkan dengan perkenalan dari punggawa-punggawa KSU yang hadir bersama dengan tim kepengurusan masing – masing dalam suasana hangat dan bersahabat.

Rangkaian acara selanjutnya adalah perkenalan dan pemaparan tentang MITI KM, pengurus, anggota, dan program-programnya oleh Staf Ahli MITI KM Binwil JADIY, Areski, S.Farm didampingi oleh anggota MITI KM yang lainnya, antara lain: Sri Wahyuningsih, S.Pd.Si, Muhammad Iqbal Al Ghifari, dan Erin Eka Citra. Turut hadir pula Kadep Binwil MITI KM Ahmad Faisal fajar Sunarma, S.Pi. Setelah disampaikan pemaparan tentang MITI KM secara bergantian dilanjutkan dengan tanya jawab.

Sesi tanya jawab berlansung antusias dan secara gayung bersambut masing-masing KSU menyampaikan pertanyaanya. Handy Riantana ketua UKM Penelitian UNY menanyakan tentang penjelasan Memorandum Of Understanding (MOU) Kemitraan dengan MITI KM. Kemudian dari UPII UGM, Ruhol Mouzak R, Satria Deni Chandra, Rose Sulistyowati, dan Alfian Andi N. bertanya tentang Community Development (comdev) bersama MITI KM, info terkait proses untuk mengundang narasumber dari ilmuwan MITI, dan kemudahan fasilitas Youth Connection dari Departemen Hubungan Luar Negeri MITI KM. Sedangkan Fajar Indra Prasetyo dari UKMF Penelitian KRISTAL FE UNY, Angga Faris Saputra dari Fisipol Research Club UMY, dan Mohammad Giffari Anta Pradana dari Mahasiswa Teknik Riset dan Eksperimen UNY bertanya lebih detail tentang prosedur untuk bermitra dengan MITI KM. Rendi Haditya dari KPM UMY bertanya tentang informasi dan peluang beasiswa. Sedangkan Muhammad shobirin ketua KSI MIST FMIPA UNY mengingatkan agar teman-teman bisa hadir di acara Youth Summit MITI KM Binwil JADIY yang diselenggarakan pada tanggal 6-7 Mei 2017 di UNY.

Roadshow MITI KM BINWIL JADIY_Zona Jogja 1, Daerah Istimewa Yogyakarta

Roadshow keempat dilaksanakan di zona Purwokerto, pada hari Ahad, tanggal 2 April 2017 pukul 09.00 WIB. Roadshow kali ini dihadiri delegasi dari 2 KSU, antara lain UKT Faperta UNSOED dan UKMPR UNSOED. Roadshow MITI KM bersama Kelompok Studi Ilmiah zona Purwokerto ini pandu oleh staf ahli MITI KM Binwil JADIY Shofiyah Bannan Sholihah sebagai moderator dilanjutkan dengan pemaparan materi Roadshow MITI KM oleh Korwil Bina Wilayah Jateng-DIY, Fajar Eko Prasetyawati, S.Pd.

Roadshow MITI KM zona Purwokerto berjalan lancar dalam suasana akrab. Diakhir acara ditutup dengan sesi diskusi terkait permasalahan desa binaan UKMPR Universitas Soedirman yang memproduksi gula aren. Adanya kerjasama kemitraan antara MITI KM dengan mitra KS di zona Purwokerto kedepannya diharapkan bisa memperkuat kerja sama dengan berbagai pihak terkait.

Pada kesempatan selanjutnya Unit Kegiatan Kerohanian Islam Unsoed (UKKI Unsoed) menyatakan ingin bermitra dengan MITI KM dan akan menghadiri Youth summit MITI KM Binwil JADIY untuk menandatangani Memorandum Of Understanding bersama MITI KM yang diwakili oleh Kepala Departemen Akademik dan Profesi UKKI Unsoed Anita Rachmatun Nikmah. Demikian juga LSO ILPUS UNSOED juga akan turut hadir ke kota Gudeg Yogyakarta untuk menyemarakkan agenda Youth Summit MITI KM BINWIL JADIY dan memperpanjang MOU kemitraan dengan MITI KM.

Roadshow MITI KM BINWIL JADIY_Zona Purwokerto, Jawa Tengah

Roadshow kelima dilaksanakan di zona Yogyakarta 2, Silaturahim MITI KM kali ini bersama delegasi dari ASC UGM, GC UGM, ESC UIN Sunan Kalijaga, EXACT UIN Sunan Kalijaga. Diskusi hangat berjalan lancar di malam yang dingin kala itu. Peserta dari UGM bertanya detail pelaksanaan Youth Summit yang akan datang. Sedangkan peserta dari UIN Sunan Kalijaga bertanya tentang rekomitmen kemitraan dengan MITI KM. Secara bergantian pengurus dan anggota MITI KM BINWIL JADIY menanggapi pertanyaan dari mitra.

Pada kesempatan selanjutnya FKIST UIN Sunan Kalijaga dan CES UNY menyatakan ikut hadir pada acara Youth Summit berikutnya dan Masniar Sarwenda Ketua English Science and Technology Community UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta juga akan hadir menandatangani MOU Kemitraan dengan MITI KM.

Roadshow MITI KM BINWIL JADIY_Zona Jogja 2, Daerah Istimewa Yogyakarta

Roadshow keenam dilaksanakan di zona Semarang 2, pada tanggal 16 April 2017 bertempat di Auditorium Universitas PGRI Semarang (UPGRIS). Roadshow kali ini di hadiri 17 peserta delegasi dari KIPM UPGRIS dan CFIS UNDIP. Peserta dengan tekun menyimak pemaparan materi kemitraan MITI KM oleh staf ahli MITI KM BINWIL JADIY Cahyaning Budi Utami, S.Pd. dan Aziz Amrullah, S.Pd.

Saat sesi tanya jawab, peserta bersemangat dan antusias dalam diskusi, peserta dari KIPM UPGRIS bertanya tentang tata cara unduh jurnal yang difasilitasi MITI KM, dan peserta dari CFIS Universitas Diponegoro bertanya apakah CFIS UNDIP bisa mengadakan Youth Connection bersama MITI KM secara khusus.

Pada kesempatan selanjutnya staf ahli BINWIL JADIY Ilham Alkian bersilaturahmi ke RIC UNDIP dan RnB UNDIP. Teman-teman Research Incubator Center FSM UNDIP menguatkan rencana kemitraan dengan MITI KM dengan mengirimkan beberapa delegasi ke acara Youth Summit untuk menyaksikan penandatanganan MOU yang diwakili oleh Renza Saputra Ketua Research Incubator Center FSM UNDIP bersama Ketua MITI KM Muhammad Adhitya Arjanggi, S.T.  Sedangkan penandatanganan MOU dari CFIS UNDIP diwakili oleh Ari Andesfi Ketua Central For Islamic Studies Universitas Diponegoro. (SW/Sri Wahyuningsih_Anggota MITI KM BINWIL JADIY).

Roadshow MITI KM BINWIL JADIY_Zona Semarang 2, Jawa Tengah

 Tertarik menjadi mitra MITI KM????                   

Untuk wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta bisa menghubungi: Korwil Bina Wilayah Jawa Tengah dan DIY, Fajar Eko Prasetyawati, S.Pd. (0857 2890 3997).

Info liputan acara Youth Summit MITI KM Binwil JADIY, silakan klik di sini.

Info liputan lain dapat dilihat pada link berikut:

https://ukmpenelitianuny.org/miti-klaster-mahasiswa-selenggarakan-roadshow-jadiy-jateng-diy/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now