Share With Us #3: Peran Teknologi dalam Akselerasi Perkembangan Pendidikan Indonesia
29/04/2016
Cara Membuat Paspor dan Visa
01/05/2016

Negara membutuhkan pemimpin yang sanggup memimpin Indonesia dalam segala lini. Itulah tujuan utama pemerintah Indonesia mengadakan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang dikelola oleh Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP). Dengan diterapkannya beasiswa ini maka akan mendukung ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki visi misi masa depan yang kuat bagi calon-calon pemimpin Indonesia menuju Indonesia maju dan berkembang.

Agung Sudaryono,Kepala Divisi pengembangan dana kelola LPDP, menjelaskan tentang latar belakang dan profil LPDP, diantaranya yaitu karena Indonesia saat ini menempati posisi ke-16 ekonomi dunia dan diperkirakan akan menempati posisi ke-7 pada tahun 2030 nanti. Indonesia memiliki 4 sumber daya alam yang terpenting di dunia yaitu hasil panas bumi nomor satu dunia, penghasil batu bara nomor satu di dunia, pengekspor kakao nomor satu di dunia, dan penghasil timah nomor satu di dunia. Sementara jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang memiliki pendidikan hingga S3 reletif sedikit dibandingkan Malaysia dalam 1 juta kapita per selekta (Indonesia 1:143, Malaysia 1:509). Selain itu pada tahun 2045 Indonesia mengalami bonus demografi dimana usia produktif lebih banyak dan masa produktifitas inilah yang sangat menuntut kesejahteraan, Oleh sebab itu Indonesia harus mampu menampung jumlah SDM produktif ini dengan menyediakan lapangan kerja yang dapat memenuhi kapasitas, sementara lapangan pekerjaan di Indonesia masih sangat minim, disebabkan rakyat Indonesia belum bisa bersaing sehat di era globalisasi karena masih minimnya pendidikan anak bangsa. Maka pilihan pemerintah dengan menyediakan dana pendidikan ini sangatlah tepat, karena secara tidak langsung pembangunan keberlanjutan mulai dibangun oleh pemerintah melalui pendidikan.

Dengan penjabaran latar belakang diatas, terdapat cita-cita besar dalam beasiswa LPDP untuk kemajuan Indonesia. Selain itu, beasiswa LPDP menyediakan berbagai jenis jalur beasiswa untuk memenuhi kapasitas pendidikan masyarakat Indonesia agar menuju taraf pendidikan tertinggi. Diantaranya yaitu beasiswa Magister dan Doktor, beasiswa Tesis dan Disertasi (Projek Akhir S2 dan S3), Beasiswa Afirmasi (Beasiswa masyarakat tertinggal, daerah perbatasan, alumni bidik misi, dan masyarakat yang telah berprestasi membawa nama bangsa), Beasiswa Pendidikan Spesialis Dokter, dan Presidential Scholarship. Dengan bidang spesifikasi bidang Ilmu pengetahuan bidang teknik, Sains, Pertanian, Kelautan dan perikanan, kedokteran dan kesehatan, akuntansi dan keuangan, bidang hukum, bidang agama, bidang pendidikan, bidang social, bidang ekonomi, bidang budaya,seni, dan bahasa, serta bidang lainnya. Adapun tema yang menjadi prioritas kebutuhan BPI yaitu kemaritiman,perikanan,pertanian,ketahanan energy, ketahanan pangan, industry kreatif, managemen pendidikan, teknologi transportasi, teknologi pertahanan dan keamanan, teknologi informasi dan komunikasi, teknologi kesehatan dan kedokteran, keperawatan, lingkungan hidup, keagamaan, keterampilan, ekonomi/keuangan syariah, budaya/bahasa, dan hukum bisnis internasional.

Persyaratan untuk mengajukan beasiswa LPDP pun tidak sesulit mengajukan beasiswa swasta dan beasiswa lainnya. Pada pengajuan beasiswa ini membutuhkan skor bahasa inggris dengan ketentuan minimal : tujuan program magister dalam negeri minimal TOEFL ITP 500/TOEFL iBT 61/IELTS 6,0/TOIEC 600. Untuk tujuan magister luar negeri TOEFL ITP 550/TOEFL iBT 79/IELTS 6,5/TOEIC 750. Serta surat rekomendasi, penulisan essay, kontribusi pada masyarakat, dan ketentuan-ketentuan lain yang dapat diakses pada website http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa/beasiswa-magister-doktor/

Adapun dalam penyeleksian beasiswa pendidikan Indonesia ini terdiri dari :

  1. Pendaftaran
  2. Seleksi Administrasi
  3. Seleksi wawancara, Leaderless Grup Discussion (LGD), dan On the Spot Essay Writing.
  4. Penetapan Penerima Beasiswa (Program persiapan Keberangkatan)

Alasan mengapa memilih Beasiswa LPDP ?

Berbeda dengan beasiswa lainnya, besaran beasiswa yang diberikan LPDP tidak kalah dengan beasiswa-beasiswa lainnya yang pasti mahasiswa tidak akan kekurangan dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya selama masa studi. Terlebih lagi mahasiswa penerima beasiswa LPDP tidak diperkenankan untuk bekerja sambal kuliah karena besaran uang beasiswa yang diberikan cukup besar. LPDP membiayai biaya pendaftaran, SPP, non SPP (cost untuk buku, tesis/disertasi, seminar, publikasi, wisuda dll, serta transportasi, visa, asuransi kesehatan, hidup bulanan, tunjangan keluarga, intensif peringkat perguruan tinggi, serta keadaan darurat.

Selain itu hal yang terpenting adalah orientasi LPDP untuk kemajuan Indonesia serta kental akan nasionalisme.

By: [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now