Pekan Inovasi Mahasiswa Pertanian Indonesia (PIMPI) 2014
30/05/2014
Launching Lembaga Penalaran & Penelitian Ilmiah Mahasiswa (LP2IM) UNIMED
03/06/2014

Jakarta [MITI KM News] – Mengurai Sampah – Lingkungan Indaaaah! Sorak jargon peserta acara pengabdian masyarakat di aula posyandu RW 01 Batu Ampar. Warga berkumpul bersama-sama dengan panitia PENGMAS meramaikan acara pengabdian masyarakat yang diadakan oleh KPM UNJ.

pengmas1

MC pun membuka acara bersama-sama dengan audience mengucapkan basmalah, dilanjutkan pembacaan Al-quran oleh saudara Mubarokah. Tak ketinggalan, sambutan dari ketua pelaksana pengabdian masyarakat oleh Harmawan Febrianto, sambutan dari Ketua kelompok peneliti muda Universitas Negeri Jakarta (KPM UNJ), serta sambutan dari Bapak  Ketua RW 01 batu ampar yaitu Bapak Suparman.

Setelah sambutan, tibalah saat yang ditunggu-tunggu yaitu materi tentang pengenalan bahan-bahan kimia yang biasa digunakan oleh masyarakat, seperti sabun, detergen, sampo, pasta gigi, dan lotion.  Materi ini disampaikan oleh Asri Yati. Masyarakat tampak antusias mengikuti materi ini karena dekat dengan kesehariannya.Adapun yang masyarakat tanyakan yaitu terkait solusi dari produk-produk pasta gigi  yang mereka gunakan dan bagaimana sebaiknya menggunakan bahan-bahan tersebut. Pembicara pun menjawab pertanyaan tersebut yang intinya ketika kita menggunakan bahan-bahan seperti lotion atau odol jangan digunakan secara berlebihan.

Materi pertama usai, dilanjutkan dengan kegiatan ice breaking.  Permainan sederhana yang membuat audience lebih semangat lagi untuk mendengarkan materi selanjutnya. Ice breaking pun berlangsung selama 20 menit yang dipimpin oleh Ojaya dan Yunita. Usailah ice breaking, kami pun melanjutkan materi kedua yang disampaikan oleh Kak Yogi dari MITI KM. Beliau menyampaikan  profil MITI KM, yang terdiri atas sejarah MITI KM, pengurus MITI KM, kegiatan yang diadakan oleh MITI KM, serta prestasi yang diraih oleh MITI KM.

Akhirnya acara yang ditunggu-tunggu pun tiba, yaitu penyampaian materi oleh Dr. Muhammad Abdul Kholiq, M.Sc, terkait lingkungan sebagai usaha. Beliau menyampaikan mengenai pengolahan sampah, pembuatan reaktor, serta produk yang dihasilkan dari pengolahan sampah.Produk yang dihasilkan dapat berupa pupuk cair, pupuk kompos, dan gas metana yang berguna sebagai bahan bakar. Auidence tampak antusias mengikuti materi ini, karena materi yang disampaikan sangat jelas serta sangat bermanfaat. Banyak audience yang ingin bertanya terkait pengolahan sampah tersebut. Adapun yang ditanyakan oleh audience yaitu terkait reaktor mana yang lebih efektif untuk digunakan, serta bentuk limbah seperti apa  yang baik untuk digunakan sebagai pupuk cair.

pengmas 4

Setelah satu jam bersama membahas terkait lingkungan sebagai usaha, panitia pun memberikan informasi  terkait program pengabdian masyarakat yang diadakan oleh  KPM UNJ untuk acara hari minggu tanggal 25 Mei 2014. Dengan diumumkannya informasi untuk acara selanjutnya acarapun ditutup, seluruh peserta acarapun penutup acara dengan mengucapkan alhamdulillah. [YOG/MIF]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now