Monitoring dan Evaluasi Hibah MITI 2013 di Kabupaten Serdang Bedagai
26/11/2013
SWU “Share With Us” Edisi Kedua MITI Klaster Mahasiswa
20/12/2013

Semarang [MITI KM NEWS] – Pada tanggal 23-24 November kemarin bertempat di UNNES – Semarang, MITI KM bekerjasama dengan UKMP UNNES menyelenggarakan Temu Wilayah yang mempertemukan puluhan Kelompok Studi Universitas di wilayah Jawa Tengah-DIY. Rangkaian Temwil ini dimulai dengan presentasi finalis ajang LKTI Youth Creative Olympic. Dalam finalis terdapat 10 finalis untuk Kategori SMA/sederajat dan 10 finalis untuk kategori Perguruan Tinggi dari berbagai pelosok negeri.

Pemenang dalam event ini untuk kategori SMA/sederajat adalah Juara 1 MAN 3 Kediri, Juara 2 SMKN 1 Depok, Juara 3 SMKN 1 Depok, Juara harapan 1 SMAN 2 Jombang, dan Juara harapan 2 SMAN 1 Ungaran. Sedangkan pemenang kat  egori Perguruan Tinggi adalah Juara 1 Universitas Negeri Padang (UNP), Juara 2 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Juara 3 IKIP PGRI Madiun, Juara Harapan 1 Universitas Brawijaya, Juara harapan 2 Universitas Negeri Semarang (UNNES). Peserta juga berkesempatan untuk field trip keliling Semarang mengunjungi berbagai obyek pariwisata seperti Masjid Agung Jawa Tengah dan Lawang Sewu.

Suasana Seminar Nasional

Suasana Seminar Nasional

Acara puncak Seminar Nasional Pendidikan yang mendatangkan para praktisi pendidikan dari berbagai latar belakang mendapatkan antusiasme yang luar biasa dari peserta. Diawali dengan Pak Farid Poniman dengan metode STIFIn, dilanjutkan dengan Dr. Edi Suharyadi tentang pendidikan Jepang, dan diakhiri dengan Pak Ciptono beserta anak didiknya yang berkebutuhan khusus memukau ratusan peserta seminar. Ratusan peserta terlihat sangat menikmati serangkaian kegiatan dari seminar nasional, workshop beasiswa, sampai pelatihan penulisan riset yang diselenggarakan.

Diskusi Bersama Kelompok Studi Universitas (KSU) se Jateng-DIY

Diskusi Bersama Kelompok Studi Universitas (KSU) se Jateng-DIY

Perwakilan Kelompok Studi Universitas mendapat materi khusus tentang training kelembagaan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan lembaga riset. Pada training kelembagaan ini terdiri dari kelas riset dan kelas comdev (community development). Di akhir acara juga ditandatangani MoU kerjasama antara MITI KM dengan Kelompok Studi Universitas (KSU). “Temu Wilayah ini menjadi ajang temu penggiat riset di Jateng – DIY dan membuat MITI KM lebih membumi dengan membuat MoU kerjasama dengan KSU”, ujar Heru – Ketua MITI KM. [MKH/MIF]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now