MENGEJAR BEASISWA LPDP DALAM NEGERI
24/07/2018
Go Pangan Lokal (GPL) Goes to School
05/12/2018

Depok- Masyarakat Ilmuan dan Teknolog Indonesia Klaster Indonesia (MITI KM) telah melaksanaan agenda Youth Summit National pada tanggal 16-19 Agustus 2018. Agenda ini dilaksanakan untuk mengenal lebih dekat MITI KM serta sebagai sarana silahturahmi antara pengurus dan anggota baru MITI KM Tahun 2018. Hal tersebut juga merupakan agenda untuk mengenalkan program kerja setiap departemen dan Bina Wilayah  pada anggota dan pengurus baru. Tersebar nya anggota dan pengurus MITI KM di seluruh Indonesia memerlukan satu momen berkumpul bersama untuk menciptakan keakraban dan kekompakan setiap anggota dan pengurus dalam bekerja sama pada program kerja  yang terbentuk.

Acara dilaksanakan di MITI Center Depok yang diikuti lebih dari 60 pengurus dan anggota MITI KM yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Secara umum, bentuk kegiatan dalam acara Youth Summit National 2018 lebih pada upaya meningkatkan semangat generasi muda sebagai upaya memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, evaluasi program kerja MITI KM, pengenalan dan pembahasan arah gerak MITI KM, serta membangun kedekatan antar pengurus dan anggota. Selain itu, terdapat pula penyampaian materi dari beberapa narasumber yang sengaja diundang agar menambah wawasan para pengurus dan anggota baru.

Memperingati hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-73, para anggota dan pengurus melakukan upacara kemeredekaan yang dipimpin oleh Dr. Edi Sukur, M.Eng yang bertindak sebagai pembina upacara. Selanjutnya, terdapat forum diskusi dengan pembicara dari ilmuan MITI yaitu Dr. Edi Sukur, M.Eng selaku sekertaris MITI dan M. Yusuf Effendi yang menyampaikan materi terkait kebangsaan untuk meningkatkan semangat pemuda dan meningkatkan rasa nasionalisme terhadap bangsa dalam bidang pengetahuan dan teknologi.

Keesokkan harinya  terdapat perlombaan dan simulasi pengenalan Go Pangan Lokal yang dibagi menjadi dua zona wilayah. Selain itu, adapula pemateri dari MITI pusat yaitu Dr. Mahfudz Al Huda, M.Eng dan Prof. Dr. Ratno Nuryadi M.Eng selaku Deputi Pembinaan MITI yang menyampaikan lebih kepada arah gerak  MITI secara umum dan MITI KM khusunya dalam mengambil peran agar dapat memberikan manfaat semaksimal mungkin melalui ilmu pengetahuan dan teknologi. Pemateri tamu juga dihadirkan yaitu dari Asean Foundation untuk memberikan informasi terkait program-program yang terdapat dalam Asean Foundation.

Hadir pula perwakilan MITI Profesi yaitu   Andrie Javs Valentino, Aditya Yogatama,dan Zia Anggiawan yang memberikan motivasi kepada pengurus dan anggota MITI KM. Acara ini diakhiri dengan pengumuman MEC (MITI Essay Center). Setiap finalis mempresentasikan dan proses penentuan pemenang melibatkan 3 juri dari pengurus MITI KM. Masing-masing pengurus dan anggota di perkenankan bertanya di sesi presentasi.

Pengumuman pemenang MEC sebagai berikut;  juara 1 adalah Ratih Dwi Fardilah dari Departemen RIPI, juara 2 adalah Hafidz Assad dari BinWil Jabalnusra, dan juara 3 adalah Arwin dari Binwil Sulawesi. Best Presentation yaitu Rizka Yuli Ningsih dari BinWil Subangsel.  Kemudian setelah itu, pembacaan Surat Keputusan pengurus dan anggota MITI KM periode 2018-2019 oleh Aditya Arjanggi, S.T selaku Ketua MITI KM.

Rangkaian acara Youth Summit National 2018 ditutup pada hari Minggu, 19 Agustus 2018 pukul 11.00 WIB. Setelah agenda ini diharapkan pengurus dan anggota MITI KM bisa lebih saling mengenal dan berkontribusi untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Start where you are. Use what you have. Do what you can” Arthur Ashe

Salam Kompeten, Profesional, dan Kontributif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now