Demi Kokohkan Potensi Lokal, MITI KM Siapkan SDM IPTEK di Kampus STAIN Curup
09/04/2015
Asyik ! Seminar Beasiswa Bersama Retno Widyastuti
10/04/2015

photo_2015-04-09_09-29-55

Bengkulu [MITI KM-News] – “MITI berupaya mendorong generasi baru Indonesia menuju Gerbang Indonesia Madani (The Gateway of Modern Indonesia) yang berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi” Dr. Warsito P. Taruno (Ketua Umum MITI).

Pada 8 April 2015 Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia Klaster Mahasiswa (MITI KM) road show ke Kampus Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) yang diwakili pengurus MITI KM Wanti dan Binti. Mereka memaparkan sejarah, visi dan misi MITI “Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk Kesejahteraan Rakyat dan Kemandirian Bangsa” dan MITI 10 Tahun ke depan yaitu pada 2014-2015 Memantapkan Identitas, pada 2016-2020 Memberikan Kontribusi, pada 2021-2025 Membangun Kredibilitas.

Secara ringkas Wanti memaparkan bahwa gerakan MITI mengarah kepada pembangunan kapasitas SDM IPTEK (capacity building), khususnya ilmuwan dan teknolog serta mahasiswa. Juga, MITI mengemban amanah pelayanan teknologi, pemberdayaan masyarakat dan perjuangan kebijakan pembangunan IPTEK dan pembangunan nasional secara umum.
Dilanjutkan dengan sosialisasi program tahunan MITI KM Go Pangan Lokal diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia pada Mei 2015. Pengembangan pangan lokal dilakukan karena Indonesia memiliki keragaman hayati yang sangat kaya dan belum dimanfaatkan secara optimal. Produsen pangan nasional sudah saatnya menghidupkan kembali sumber-sumber pangan lokal untuk menghentikan kemerosotan keragaman varietas jenis pangan yang dibudidayakan oleh petani. Apabila kondisi ini terus dikembangkan di seluruh wilayah nusantara, maka kemampuan nasional untuk meningkatkan produksi pangan pasti akan meningkat sekaligus menghindarkan ketergantungan terhadap jenis pangan tertentu. (WNT/BNT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now