Leadership and Entrepreneurship Short Course (Membentuk 40 Pemuda Penggerak)
23/04/2017
MENGEJAR MIMPI KE NEGERI TIRAI BAMBU
02/05/2017

[TULISAN PENGURUS]

Haloo semua, disini saya ingin berbagi pengalaman saya ketika kuliah S2 di The University of Nottingham (UoN), Britania Raya. Kampus Nottingham ini sebenarnya ada di Malaysia dan juga Tiongkok, tapi karena saya ingin merasakan bagaimana kehidupan di Inggris maka saya memilih kampus yang di sana. Saya mengambil program master pada jurusan statistics and applied probability yang termasuk kedalam department of Mathematical science. Bagi teman-teman yang penasaran bagaimana caranya mendaftar ke kampus Nottingham bisa membaca di postingan sebelumnya ya karena sudah pernah dibahas oleh sdr Andi Manggala Putra disini . Nah pada kesempatan ini saya ingin menceritakan bagaimana fasilitas pendidikan di UK secara umum dan secara Khusus di kampus saya tercinta UoN.

The University of Nottingham (UoN) merupkan salah satu dari 100 besar universitas dunia yang berada di United Kingdom. Universitas yang menempati urutan ke 75 di peringkat dunia ini memiliki fasilitas dan system yang sangat baik guna mendukung kegiatan belajar mengajar dan penelitian. Berikut ini beberapa fasilitas yang ditawarkan UoN kepada mahasiswanya.

Kartu Mahasiswa

Selain untuk tanda pengenal mahasiswa, kartu mahasiswa juga memiliki banyak sekali fungsi. Seorang mahasiswa akan sangat bergantung dengan kartu mahasiswa ini karena pada kartu mahasiswa terdapat chip identitas mahasiswa yang digunakan untuk mengakses berbagai fasilitas di dalam universitas. Fungsi kartu mahasiswa di UoN adalah sebagai berikut:

  1. Mendapat Akses ke dalam fasilitas UoN

Setiap fasilitas yang ada di UoN seperti gedung perkuliahan, printer, perpustakaan, dll sudah memiliki system yang terintegrasi. Secara umum gedung-gedung kuliah dapat di akses tanpa menggunakan kartu mahasiswa apabila berada pada jam kerja yaitu pada pukul 09.00-17.00. Namun, apabila seorang mahasiswa ingin mengakses gedung kuliah di luar jam kerja, mereka membutuhkan kartu mahasiswa untuk ditempelkan pada sensor yang ada di depan masing-masing gedung. Fasilitas lainnya yang dapat diakses menggunakan kartu mahasiswa adalah perpustakaan, peminjaman buku, printer, graduate study room, peminjaman laptop, dll. Yang pasti semuanya dilakukan menggunakan sensor bukan menunjukannya kepada petugas.

  1. Mendapat potongan harga

Banyak sekali toko yang menawarkan potongan harga kepada mahasiswa apabila mereka belanja, tidak terkecuali sarana transportasi bus, setiap mahasiswa berhak untuk mendap;at potongan harga 50% setiap kali menaiki bus yang seharusnya 2 pounds menjadi 1 pounds sekali naik. Apabila ingin memasuki salah satu tempat wisata di inggris, mereka biasanya menawarkan harga special untuk mahasiswa yang pastinya lebih murah.

 

Perpustakaan

Perpustakaan merupakan tempat yang paling penting bagi mahasiswa karena disana mereka belajar dan mencari suber-sumber referensi. Oleh karena itu, menjaga kondisi perpustakaan untuk tetap bersih dan nyaman adalah hal yang essensial. Tidak terkecuali di UoN, kampus ini memiliki 6 perpustakaan utama yang tersebar di seluruh kampus. Namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas perpustakaan utama yang berada di University park. Halward library merupakan salah satu dari 3 perpustakaan yang berada di university park campus. Namun perpustakaan ini adalah perpustakaan yang paling tua dari semuanya.  Perpustakaan yang memiliki 5 lantai ini memiliki fasilitas yang sangat baik. Banyak sekali fasilitas-fasilitas yang ditawarkan untuk membuat mahasiswa nyaman dalam belajar. Tidak heran banyak orang yang membuat perpustakaan menjadi rumah keduanya. Berikut ini adalah fasilitas-fasilitas yang ada di perpustakaan Halward.

  1. Silent rooms

Seluruh ruangan pada lantai 2,3 dan 4 merupakan ruangan sunyi atau biasa dikenal dengan sebuatan silent room. Mahasiswa yang sedang berada pada lantai tersebut dilarang untuk berbicara keras. Di ketiga lantai silent room ini berbagai koleksi buku hard copy tersimpan namun hanya terpusat untuk buku-buku sosial. Lalu bagaimana dengan buku-buku science? Buku-buku science and engineering berada di George green Library yang terletak sekitar 500 meter dari Halward library dan buku-buku mengenai kedokteran dan biologi berada di QMC library. Memang perpustakaan di UoN memfokuskan koleksi buku mereka pada perpustakaan-perpustakaan terntentu supaya memudahkan mahasiswanya untuk mencari literatur belajar.

  1. Graduate private and group study rooms

Apabila kita sedang ingin mencari tempat yang sepi untuk belajar dan bersifat private, kita bisa meminjam private room yang ada di perpustakaan. Ruangan yang memiliki luas 2X4 meter ini memang di desain untuk diisi oleh satu orang saja. Namun hanya mahasiswa master atau Ph.D saja yang bisa mengaksesnya. Mungkin karena terbatasnya ruangan dan mahasiswa master dan PhD dirasa memiliki beban yang lebih berat dan lebih memerlukan private room untuk merenung dan berpikir. Disamping itu terdapat juga group study room yang dapat di pinjam oleh semua mahasiswa. Ruangan ini cukup besar, mungkin bisa menampung sampai 20 orang dan juga dilengkapi dengan komputer-komputer dan satu layar LCD 28”. Tempat ini sangat ideal untuk mahasiswa yang ingin mengadakan diskusi kelompok.

  1. Printing facility

Hampir di setiap sudut ruangan terdapat mesin fotokopi dan printer yang dapat kita gunakan sendiri. Tidak ada petugas yang akan membantu mengoprasikan mesin fotocopy tersebut. setiap mahsiswa bisa mengaksesnya dengan cara mentap kartu mahasiswa mereka dan selanjutnya bisa mengeprint, foto copy, ataupun scan file. Tentunya kartu mahasiswa kita harus diisi balance terlebih dahulu sebelum menggunakan printer.Satu lembarnya untuk hitam putih satu sisi adalah 4.8 pence/lembar atau sekitar Rp. 700 dan apabila hitam putih bolak-balik dihargai sebesar 8.4 pence/lembar atau sekitar Rp.1200.

  1. Self-lending machine

Apabila ingin meminjam buku, mahasiswa dapat meminjamnya di tempat peminjaman buku. Disana akan ada petugas yang akan membantu untuk mendata peminjaman buku mahasiswa namun biasanya mengantri. Namun apabila mahasiswa tidak ingin mengantri kampus menyediakan self-lending machine yang dapat digunakan mahasiswa secara mandiri untuk meminjam atau mengembalikan buku. Mesin ini dapat diakses menggunakan kartu mahasiswa.

  1. Peminjaman laptop

Guna mengakomodasi mahasiswa yang tidak memiliki laptop pihak kampus sudah menyediakan banyak sekali komputer hampir di setiap tempat. Namun bagi mahasiswa yang ingin menggunakan laptop, kampus menyediakan tempat peminjaman laptop yang ada di perpustakaan halward. Namun laptop yang dipinjam tidak bisa dibawa keluar perpustakaan. Fasilitas ini bisa diakses dengan menempelkan kartu mahasiswa ke sensor mesin peminjaman laptop ini.

  1. Café

Untuk mendukung kenyamanan mahasiswa dalam belajar maupun berdiskusi, terdapat café di dalam perpustakan yang menyediakan makanan ringan, soft drink, coffee, ataupun teh. Di café ini mahasiswa diperkenankan untuk berbicara ataupun berdiskusi karena disini sudah bukan wilayah silent room lagi. Namun makanan yang sudah dibeli disini tidak boleh di bawa masuk ke area belajar karena ditakutkan mengotori area belajar.

Hotspot Wifi

Salah satu hal yang menarik dari fasilitas di UoN adalah Wifi yang terintegrasi ke semua kampus di seluruh UK dan eropa. Nama Wifi nya adalah “eduroam”. Jaringan wifi ini di gunakan oleh semua kampus di UK dan eropa. Jadi apabila kita sudah pernah tersambung dengan wifi ini, maka ketika kita sedang berada di luar UoN, kita akan secara otomatis tersambung dengan jaringan wifi kampus di daerah terdekat. Misalnya saya pergi mengunjungi kampus Oxford University maka secara otomatis gadget saya akan terhubung dengan Wifi di kampus tersebut. Hal tersebut juga berlaku ketika saya mengunjungi kampus di negara-negara eropa.

Hal-hal tersebut diatas merupakan fasilitas-fasilitas yang essensial yang sering dipakai oleh mahasiswa. Sebenarnya masih banyak lagi fasilitas-fasilitas yang ditawarkan kampus UoN namun akan sangat membosankan apabila saya jabarkan semua disini. Semoga tulisan ini bisa memberi gambaran bagaimana fasilitas-fasilitas yang ditawarkan oleh The University of Nottingham, UK. Saya juga berharap universitas-universitas di Indonesia agar dapat terus meningkatkan kualitas pendidikannya supaya dapat bersaing dengan universitas-universitas kelas dunia.

-by Jeffry Darmawan, S.Pd, M.Sc. (Kadept HLN 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now