Pengabdian Mayarakat REHAP II Kelompok Peneliti Muda UNJ
01/06/2014
MITI Klaster Mahasiswa Goes to Campus – Universitas Lambung Mangkurat
26/06/2014

Medan [MITI KM News] – Perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi yang sangat besar dalam pembangunan bangsa. Kenapa? Hal ini dikarenakan perguruan tinggi merupakan sarana bagi mahasiswa untuk mampu mengembangkan diri, menjadi mahasiswa yang ber-KPK (Kompeten, Professional, dan Kontributif) untuk bangsa Indonesia.

Pengembangan kehidupan tingkat kemahasiswaan merupakan bagian yang sangat penting dalam sistem pendidikan skala nasional pada umumnya dan atau kehidupan kampus pada khususnya. Dimana kehidupan kampus tidak terlepas dari berbagai jenis kegiatan atau aktivitas yang sekaligus menjadi sarana pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan, profesi, integritas kepribadian, sikap ilmiah, dan rasa persatuan dan kesatuan.

Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah salah satu dasar tanggung jawab mahasiswa yang harus dikembangkan secara simultan dan bersama-sama, serta harus disadari betul oleh semua mahasiswa agar dapat terciptanya mahasiswa yang sadar akan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang meilupti : (1) Pendidikan dan Pengajaran, (2) Penelitian dan pengembangan, dan (3) Pengabdian pada masyarakat.

Ketiga faktor ini erat hubungannya, sebab penelitian harus menjunjung tinggi kedua dharma yang lain. Penelitian diperlukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi. Untuk dapat melakukan penelitian diperlukan adanya tenaga-tenaga ahli yang dihasilkan melalui proses pendidikan. Ilmu pengetahuan yang dikembangkan sebagai hasil pendidikan dan penelitian itu hendaknya diterapkan melalui Pengabdian pada masyarakat sehingga masyarakat dapat memanfaatkan dan menikmati kemajuan-kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut.

Universitas Negeri Medan (Unimed), merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang ada di Sumatera Utara, dimana ciri khas dari Unimed itu sendiri adalah kampus keguruan/kependidikan, tidak berfokus pada itu saja, tetapi Unimed juga merupakan perguruan tinggi yang memiliki bibit-bibit unggul yang siap untuk dijadikan calon saintis. Dikarenakan Unimed adalah kampus yang bertanggungjawab menyuplai tenaga keguruan tentunya menjadi penting untuk lebih mempersiapkan diri lebih matang saat pasca kampus, karena guru merupakan aset bangsa lapis pertama yang sangat berharga dalam pembentukan idealisme, menanamkan nilai seluruh generasi pemimpin masa depan bangsa.

543243langen bogan

Melihat kondisi diatas ditambah dengan kepedulian dan perhatian mahasiswa akan berbagai persoalan bangsa khususnya di bidang IPTEK, dan  hasil analisis beberapa mahasiswa yang sudah lama tertanam keinginan untuk membentuk suatu wadah yang menampung dan mengelola keilmuan mahasiswa Unimed, penyampaian aspirasi mahasiswa, pembentukan karakter mahasiswa, mencetak alumnus mahasiswa yang professional dan kontributif untuk kesejahteraan indonesia, khususnya berkompeten di bidang penalaran dan penelitian mahasiswa karena mampu berfikir kritis serta berjiwa kontributf untuk bangsa. Maka, Sabtu (31/05/2014) bertempat di Universitas Negeri Medan, dihadiri Dosen Teknik Unimed, Bapak Lisyanto, dan beberapa mahasiswa Unimed, kami segenap mahasiswa yang hari ini berkomitmen untuk menjadikan Unimed terus Berdedikasi untuk negeri, seperti jargon kami “Insan Cendekia Berdedikasi untuk Negeri” melalui pembentukan suatu lembaga keilmuan di Unimed, dengan nama “Lembaga Penalaran dan Penelitian Ilmiah Mahasiswa (LP2IM) Unimed”. Dan terpilihlah Nur Cahyono dari Fakultas Ekonomi, Jurusan Akuntansi angkatan 2012 sebagai Ketua Umum periode 2014-2015.

Dihari yang sama, diisi dengan agenda yang cukup menegangkan, yaitu diawali dengan penyampaian materi dari Pak Lisyanto selaku dosen Fakultas Teknik Unimed dan dilanjutkan pendeklarasian lembaga oleh salah satu alumni Unimed yaitu Ikbal Abdillah Hasibuan, S.E, pelantikan internal pengurus serta sumpah pengurus dan diakhiri dengan UpGrading. UpGrading pun berlangsung dengan sangat cermat, dimana UpGrading dibagi kedalam tiga kelompok.Kelompok pertama adalah PSDM, Ketum, Sekum dan Bendum ditugaskan kepada Ilham Mirzaya Putra, S.E; kelompok kedua adalah Pengkajian dan Riset ditugas kepada Ikbal Abdillah, S.E; dan terakhir adalah Jaringan dan Humas ditugaskan kepada Anwar Mukhlis, S.Pd.

Berbagai perasaan hadir disaat proses pelantikan ini berlangsung. Wadah keilmuan ini adalah wadah yang sangat dinantikan di Unimed, walaupun hari ini, lembaga ini masih berstatus eksternal, tetapi kami akan berjuang untuk Unimed lebih baik. Semoga dengan terbentuknya  LP2IM ini dapat bermanfaat untuk Unimed sendiri dan komitmen dengan kinerja-kinerja yang akan dibuat nantinya. Salam Cerdas dari kami LP2IM Unimed #InsanCendekiaBerdedikasiuntukNegeri. [ERM/MIF]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now