Diakhir Senja Bersama MITI KM JADIY dan EXACT UIN Sunan Kalijaga
09/03/2015
Buletin Akselerasi MITI Klaster Mahasiswa Edisi 1, Maret Tahun 2015
09/03/2015

Yogyakarta [MITI KM News]  –  Selama beberapa hari di penghujung Februari   Tim Korwil JADIY  gencar melakukan kunjungan ke beberapa mitra  Kelompok Studi Universitas (KSU) di wilayah Yogyakarta.

Kunjungan ke Unit Penalaran Ilmiah (UPI) Universitas Gajah Mada (UGM)
Roadshow Departemen Bina Wilayah Jawa Tengah dan DIY (BinWil JaDIY) dilaksanakan ke UKM Unit Penalaran Ilmiah (UPI) UGM pada tanggal 21 Februari 2015, tepatnya di Teater Gadjah Mada, Gelanggang Mahasiswa UGM. Acara ini dihadiri sekitar 22 orang yang terdiri dari 18 orang dari rekan-rekan UPI dan 4 orang dari MITI KM yaitu Niqla, Ari (RIPI), Nasrun dan Ayu. Kegiatan kunjungan kami ini bertujuan untuk  memperkenalkan program-program MITI Klaster Mahasiswa kepada anggota UPI “Interdisipliner” dan juga untuk saling diskusi mengenai penalaran karya tulis ilmiah. Kunjungan tersebut dimulai pukul 16.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB.

Jpeg
UPI merupakan salah satu UKM di UGM yang sudah berdiri sejak lama yaitu pada tahun 2003. Kunjungan kali ini, kami tidak hanya dari tim bina wilayah tetapi juga kedatangan dari tim RIPI. Acara dimulai dengan perkenalan program-program MITI Klaster Mahasiswa oleh Niqla dan Ari, kemudian dilanjutkan dengan perkenalan UPI “Interdisipliner” UGM yang diwakili oleh Wiganda sebagai Ketua UPI “Interdisipliner” UGM. Agenda sosialisasi selanjutnya adalah sosialisasi mengenai lomba hibah MITI dan MITI Paper Challenge (MPC) oleh Ari kemudian dilanjutkan pengenalan sedikit agenda terdekat dari MITI KM yaitu temu wilayah (TEMWIL) yang akan dilaksanakan pada tanggal 11-12 April 2015 di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan agenda GO Pangan Lokal yang dilaksanakan pada awal bulan Mei 2015. Kemudian berlanjut ke sesi tanya jawab dari para anggota UPI “Interdisipliner” maupun MITI KM. Pada sesi tanya jawab ini, sangat antusias sekali baik dari pihak UPI maupun MITI KM sendiri. Tanya jawab tersebut lebih bersifat diskusi dimana baik UPI “Interdisipliner” UGM maupun MITI KM saling bertukar pikiran. Harapannya tahun ini UPI bisa menjadi mitra MITI KM dan dapat membantu mensukseskan acara Debat Ilmiah Nasional yang akan diselenggarakan oleh UPI tahun ini, ujar Gayuh Afriantoro selaku Kepala Departemen Kompetisi dan Prestasi.

Kunjungan ke Unit Kegiatan Mahasiswa Penilitian (UKMP) UNY
Roadshow Departemen Bina Wilayah Jawa Tengah dan DIY (BinWil JaDIY) dilaksanakan ke Unit Kegiatan Mahasiswa Penilitian (UKMP) UNY pada tanggal 22 Februari 2015, tepatnya di sekertariat UKMP UNY Gedung Student Center lantai 2. Tim BinWil JaDIY bercerita tentang sejarah terbentuknya MITI dan juga visi serta peran MITI KM tahun 2015 ini. Di tahun 2015 ini, MITI KM mempunyai visi “Membangun Kompetensi mahasiswa dalam penyiapan SDM IPTEK dan membangun kekuatan kolektif untuk Indonesia Madani” dengan 4 peran, yaitu penyiapan SDM unggul mahasiwa dalam bidang IPTEK, membangun jejaring dan kekuatan kolektif mahasiswa, membangun jejaring di 3 sektor (public, private, dan social) serta menjadi jembatan akses mahasiswa dalam pengembangan diri. Tak lupa juga dengan pemutaran video “Sepuluh Tahun MITI” sebagai pemicu motivasi untuk bergerak bersama dalam membangun Indonesia menuju Indonesia Madani. Dalam kesempatan ini, UKMP UNY juga menjelaskan tentang program kerja terbesar mereka yang jatuh pada bulan Juni nanti, yaitu Lomba KTI Nasional. Begitu pula dengan kendala-kendala yang mereka hadapi, baik dalam persiapan LKTI tersebut ataupun dalam managemen lembaga. Mereka juga menyampaikan harapan terhadap MITI KM agar dapat bergerak bersama-sama dan saling bersinergis satu sama lain ketika telah menjadi mitra pada Temu Wilayah JaDIY April nanti. Tak luput dari pembahasan, yaitu Go Pangan Lokal yang akan diselenggarakan bulan Mei nanti juga menjadi perbincangan hangat antar kedua belah pihak. Harapannya, UKMP UNY dapat menjadi salah satu bagian dari acara tersebut. Roadshow ini diakhiri dengan foto bersama dan pemberian kenang-kenangan.

Kunjungan ke Gama Cendekia Universitas Gajah Mada (UGM)
Roadshow Departemen Bina Wilayah Jawa Tengah dan DIY (BinWil JaDIY) dilaksanakan ke UKM Penilitian dan Pengkajian “Interdisipliner” Gama Cendekia (GC) UGM pada tanggal 22 Februari 2015, tepatnya di sekretariat Gama Cendekia, Gelanggang Mahasiswa UGM. Acara ini dihadiri sekitar 10 orang yang terdiri dari 8 orang dari rekan-rekan pengurus harian GC dan 2 orang dari MITI KM yaitu Niqla dan Herni. Kunjungan ini dimulai pukul 16.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB. Kegiatan kunjungan kami ini bertujuan untuk  memperkenalkan program-program MITI Klaster Mahasiswa kepada anggota GC dan untuk saling diskusi mengenai kerjasama untuk satu tahun kedepan.
Gama Cendekia UGM
Acara dimulai dengan perkenalan tentang pengurus dan program kerja dari Gama Cendekia UPI yang diwakili oleh Ridwan sebagai Ketua Gama Cendekia UGM kemudian dilanjutkan pengenalan program-program MITI Klaster Mahasiswa oleh Herni dan Niqla,. Agenda sosialisasi dan diskusi ini berlangsung santai, penuh canda tawa namun produktif. Selain itu kami juga sosialisasi mengenai lomba hibah MITI dan MITI Paper Challenge (MPC) kemudian dilanjutkan dengan pengenalan sedikit agenda terdekat dari MITI KM yaitu temu wilayah (TEMWIL) yang akan dilaksanakan pada tanggal 11-12 April 2015 di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan agenda GO Pangan Lokal yang dilaksanakan pada awal bulan Mei 2015. Untuk lomba Hibah MITI dari Gama Cendekia berencana ingin mengirimkan 3 proposal penelitian dan berharap dari tim bina wilayah JaDIY dapat membimbing dalam pembuatan proposal. Gama Cendekia tahun ini menargetkan sekitar 20 penelitian dari rekan-rekan anggota GC. Selain itu, di bulan Oktober mendatang GC berencana mengadakan Lomba Karya Tulis Nasional dan Expo Ilmiah. Sehingga diharapkan rekan-rekan MITI KM dapat membantu dalam mensukseskan event besar tersebut, ujar Sahal selaku Kepala Departemen Riset. Kemudian berlanjut ke sesi tanya jawab dari para Pengurus harian GC maupun MITI KM. Pada sesi tanya jawab ini, sangat antusias sekali baik dari pihak GC maupun MITI KM sendiri. Tanya jawab tersebut lebih bersifat diskusi dimana baik GC UGM maupun MITI KM saling bertukar pikiran. Harapannya antara  MITI KM dan GC akan tetap menjalin mitra dengan baik, saling kerja sama dan koordinasi selama setahun kedepan, ujar Ridwan selaku Ketua GC.

Kunjungan Departemen Pengkajian dan Riset BEM KM UNY ke MITI KM 
Kunjungan Departemen Pengkajian dan Riset BEM KM UNY ke MITI KM Wilayah DI. Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2015. Kunjungan yang berlangsung di sekretariat MITI Jalan Lempongsari Gang Sepat ini dihadiri oleh 5 orang dengan penuh semangat dan antusias. Departemen Pengkajian dan Riset BEM KM UNY tergolong masih sangat baru karena baru di-release tahun ini. Oleh karena itu, tujuan mereka berkunjung kepada MITI KM adalah mendapatkan gambaran tentang lembaga yang berbasis pada riset dan keilmuan, sehingga memudahkan mereka dalam menyusun grand design serta program kerja-program kerja dalam setahun ke depan. Dalam kesempatan kali ini, MITI KM banyak bercerita tentang sejarah terbentuknya MITI dan juga visi serta peran MITI KM tahun 2015 ini. Di tahun 2015 ini, MITI KM mempunyai visi “Membangun Kompetensi mahasiswa dalam penyiapan SDM IPTEK dan membangun kekuatan kolektif untuk Indonesia Madani” dengan 4 peran, yaitu penyiapan SDM unggul mahasiwa dalam bidang IPTEK, membangun jejaring dan kekuatan kolektif mahasiswa, membangun jejaring di 3 sektor (public, private, dan social) serta menjadi jembatan akses mahasiswa dalam pengembangan diri. Baik dari Departemen Pengkajian dan Riset BEM KM UNY maupun dari MITI KM saling bertukar ilmu satu sama lain, mulai dari sistem komunikasi-koordinasi sampai pada program kerja dan agenda-agenda terdekat MITI KM, seperti MPC dan Hibah MITI. Harapannya, kedua belah pihak dapat saling bersinergis dalam membangun bangsa ini melalui pendayagunaan IPTEK.  [SYY/MIF]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now