MITI Klaster Mahasiswa Seriusi Pembentukan Community Development
12/03/2015
Selamat dan Sukses: Peserta Hibah P2M MITI 2015 Lolos Didanai
21/03/2015

Samarinda [MITI KM News] – Sabtu yang cerah di tanggal 7 Maret 2015 mengiringi langkah rekan-rekan Departemen Bina Wilayah Kalimantan menuju gerbang kampus Universitas Mulawarman, Fakultas MIPA. Matahari  pukul 11.00 WITA yang kian mengganas mendekati tengah hari tak menyurutkan tim binwil Kalimantan, Uswatun Hasanah, dan Karina Octavira, untuk bersua dan menyapa para pengurus Lesehan Cendekia Universitas Mulawarman dalam rangka silaturahim lembaga ilmiah sekaligus pendataan kondisi kekinian Lesehan Cendekia (LC) Mulawarman. Kegiatan ini sekaligus untuk memberikan pandangan kepada para pengurus Lesehan Cendekia Mulawarman terkait kemitraan MITI KM dengan lembaga-lembaga ilmiah kampus.

Sekitar pukul 11.30 WITA, ruang Amstrong FMIPA mulai ramai oleh beberapa pengurus LC. Ada 10 orang pengurus yang hadir dari sekitar 30an orang pengurus. Beberapa pengurus harian yang hadir antara lain Bendum, Kadept. Penelitian dan Pengkajian, Kadept Media dan Jaringan, dan Sekum LC. Yang menjadi kendala kehadiran rekan-rekan LC adalah karena di waktu yang bersamaan terdapat agenda lain yang harus dihadiri. Tapi itu tak meluruhkan semangat rekan-rekan LC untuk turut menyimak presentasi dari Binwil Kalimantan. Suasana pertemuan terasa akrab, santai tapi tetap serius karena pada dasarnya antara LC dan MITI KM telah bermitra selama 1,5 tahun belakangan.

Pertemuan kali ini merupakan rangkaian dari kegiatan dan program kerja departemen Bina Wilayah masing-masing wilayah untuk merekrut mitra-mitra lembaga ilmiah di kampus. Mitra-mitra tersebut kelak akan dibawa untuk menyukseskan agenda-agenda MITI KM yang lain, sekaligus akan diikutsertakan pada Temu Wilayah Kalimantan yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2015 mendatang. Sekalipun LC telah bermitra dengan MITI KM, namun pada pertemuan kali ini terdapat beberapa pengurus baru yang diikutsertakan untuk memahamkan pada mereka lebih jauh tentang MITI KM.

Presentasi diawali dengan pemaparan terkait sejarah MITI KM oleh Uswatun Hasanah. Bagaimana awal mula MITI KM berdiri, apa yang menjadi tujuan, visi, dan misi MITI KM, serta program-program dan sepak terjang MITI KM, baik kalangan mahasiswa atapun masyarakat umum. Tak lupa memahamkan tentang peran strategis seorang mahasiswa terhadap kontribusinya di kampus. Pemaparan selanjutnya adalah berkaitan dengan kemitraan dan sosialisasi Temu Wilayah Kalimantan yang dibawakan oleh Karina Octavira. Pada sesi itulah dijelaskan terkait paket kemitraan, prosedur kemitraan, konten agenda Temu Wilayah, dan lain-lain.

Agenda dilanjutkan dengan diskusi dan sharing. Ternyata, para pengurus LC sangat antusias dengan pemaparan yang telah disampaikan terutama berkaitan dengan lembaga ilmiah dan kemitraan. Ada yang bertanya tentang pandangan terkait keilmiahan kampus, bagaimana mengubah mindset mahasiswa agar dapat berpikir dan mencerminkan kultur keilmiahannya, konsultasi kemitraan, dan training kemitraan. Dari hasil diskusi tersebut, yang menjadi kesimpulan adalah tentang pentingnya membangun paradigma para mahasiswa agar berusaha inisiatif dan tidak sekadar berprestasi untuk diri sendiri saja, namun juga untuk orang lain dan masyarakat di luar kampus.

Usai diskusi, agenda ditutup dengan sesi foto bersama Binwil Kalimantan dan pengurus Lesehan Cendekia Mulawarman. Semua akan berkomitmen untuk memperbaiki hubungan kemitraan menjadi lebih baik. Hal ini bukan semata harapan karena pada dasarnya LC yang merupakan Lembaga Ilmiah satu-satunya tingkat Universitas di Unmul dan telah dilegalkan oleh birokrat memiliki cita-cita memajukan kultur keilmuan di Unmul yang dirasa masih gersang. Hal yang pasti adalah bahwa LC sangat welcome dengan jalinan kemitraan yang kembali ditawarkan MITI KM dan berharap besar kelak akan menyokong gerak LC di kampus Universitas Mulawarman. [KAR/IDR}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now