Open Recruitment Pengurus MITI Klaster Mahasiswa
23/10/2015
4 Organisasi yang Biasa Diikuti Mahasiswa Indonesia di Luar Negeri
26/10/2015

Surabaya [MITI KM News] – Rabu 21 Oktober 2015, bertempat di Ballroom Isyana, hotel Bumi Surabaya penyelenggaraan Innovator Forum 9 dilaksanakan. Innovator Forum merupakan sebuah acara yang digagas oleh Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK) sebagai sarana untuk mendukung pengembangan ekosistem di daerah yang kondusif terhadap pertumbuhan teknologi tepat guna dan UKM berbasis teknologi tepat guna. Innovator Forum ke-9 diadakan di Surabaya dengan tema “Teknologi Tepat Guna Untuk Akselerasi Industri dan Wirausaha lokal”.
IMG_9340Penyelenggaraan Innovator Forum 9 ini terselenggara atas kerjasama antara Yayasan INOTEK, MITI Klaster Mahasiswa, dan BEM ITS; dengan dukungan the Lemelson Foundation. Forum ini adalah sebuah sarana bagi para inovator, pengelola inkubator bisnis, institusi pemerintah, kalangan akademisi, dan UKM berbasis teknologi tepat guna untuk mengembangkan kapasitas serta berbagi pengalaman dalam mengembangkan teknologi tepat guna dan komersialisasinya.

Sandiaga S. Uno selaku Ketua Dewan Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia menyampaikan, “Forum ini bertujuan mempertemukan pemangku kepentingan dalam pengembangan Inovasi Teknologi tepat guna di masyarakat, khususnya bagi pelaku UKM berbasis teknologi. Pelaku UKM berbasis teknologi bisa belajar dari mentor yang hadir di forum ini, dan yang tidak kalah pentingnya adalah berjejaring dan bermitra, karena biasanya pengusaha start up itu terlalu percaya diri dan enggan bermitra, padahal bermitra itu bisa meningkatkan kapasitas bisnis menjadi lebih besar”.

IF 02

Pengembangan UKM dan bisnis berbasis inovasi teknologi juga membutuhkan dukungan dari pemerintah, baik pusat maupun daerah. Sandiaga S.Uno mengapresiasi dengan apa yang dilakukan pemerintah Jawa Timur dan Surabaya yang telah membangun Science ans Techno Park sebagai bentuk dukungan terhadap masyarakat yang ingin mengembangkan inovasi sampai pada tahap komersialisasi produk teknologi ke masyarakat.

Lebih lanjut pengusaha muda ini menyampaikan, “kerjasama yang sudah terbentuk antara INOTEK dan MITI dalam hal ini bagus untuk terus dilanjutkan, karena masing-masing punya tujuan yang sama dalam menghadirkan kebermanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, hal ini bisa dilihat dari program INOTEK dengan kegiatan inkubasi teknologi tepat guna. Dan MITI dengan program hibah dan pembinaannya”.IMG_9346Senada dengan apa yang disampaikan Sandiaga S.Uno, Fahmi Basyaiban selaku ketua MITI KM juga mengapresiasi kerjasama yang terbentuk antara INOTEK dan MITI KM dalam Innovator Forum 2015 kali ini. “kerjasama antara INOTEK dan MITI KM kali ini merupakan kerjasama kedua dalam penyelenggaraan Innovator Forum. Tahun lalu INOTEK dan MITI KM sudah bekerjasama dalam penyelenggaraan Innovator Forum 2014 di Yogyakarta. Harapannya kerjasama ini bisa berlanjut di masa depan dengan program yang berbeda, mengingat INOTEK dan MITI punya viso yang hampir sama dalam mewujudkan ilmu pengetahuan dan teknologi do tengah masyarakat, hingga manfaatnya bisa dirasakan secara luas”.

IF 01

Acara ini dibuka secara resmi dengan pemukulan gong oleh Sandiaga S.Uno dengan didampingi oleh Dr. Prijo Soetedjo (Pembina Yayasan INOTEK) , Dr.rer. nat Triwikantoro (Ilmuwan MITI), Diyanto Imam (Direktur Yayasan INOTEK), serta dari perwakilan pemerintah provinsi Jawa Timur. Acara ini terbuka untuk semua pihak yang mempunyai ketertarikan dan komitmen dalam mendukung perkembangan dan komersialisasi teknologi tepat guna dan tumbuh kembangnya UKM berbasis teknologi tepat guna. Dengan rangkaian acara, dua sessi plenary dan dua sessi paralel yang masing-masing mengusung tema Teknologi Tepat Guna dalam bidang pertanian, Teknologi tepat guna dalam bidang energi, kewirausahaan berbasis lingkungan, dan chain supply untuk Usaha Kecil Menengah.

Dalam rangkaian Innovator Forum juga diadakan pameran produk – produk inovasi teknologi dari inovator yang sudah didampingi INOTEK dalam inkubator yang selama ini dilakukan. Selain itu produk inovasi dari mahasiswa yang berjejaring dengan MITI KM juga ikut serta dalam pameran tersebut. [AFB/MIF]

Comments are closed.

Buy now