BULETIN AKSELERASI MITI KM “EDISI 3 – Januari 2014″
01/02/2014
Pengumuman Finalis The National Research Organization Award
04/02/2014

skripsi

Alhamdulillah dalam rangkaian kalimat berikut ini saya tuliskan beberapa pesan utama yang tertangkap dan terekam dalam ingatan ketika mengikuti acara pelatihan skripsi yang disampaikan oleh pemateri Mas Darwadi. Memang tidak semua yang tertulis apa yang beliau sampaikan, mungkin lebih banyaknya dari pemikiran sendiri.

  • Rata-rata orang yang sedang menyusun skripsi suka sensi ketika ia ditanya tentang progres skripsinya, so agar tidak sering makan ati karena ga enak di tanya-tanya, mending segera selesaikan skripsinya.
  • Ingat tiga peran mahasiswa muslim? Yakni sebagai tranformer kebaikan, akademisi profesional dan agent of change.
  • Berikutnya jangan lupa, bahwa orang tua kita menyuruh dan mendukung kita kuliah adalah untuk menjadi mahasiswa yang baik, yang segera lulus dan segera mendapatkan pekerjaan atau memiliki pekerjaan yang bagus, lalu berpenghasilan yang memuaskan dan akhirnya membahagiakan kedua orang tua kita.
  • Jarang bahkan hampir tidak ada orang tua yang nyuruh anaknya kuliah untuk menjadi aktivis dakwah kampus.
  • Dengan begitu perhatian kita kepada masalah amanah akademik menjadi penting untuk diperhatikan dan jangan sampai disepelekan.
  • Kalau kita ibaratkan skripsi itu adalah medan perang, maka untuk memenangkan peperangan itu hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengenali lawan perang kita. Dan lawan perang dalam konteks skripsi adalah diri kita sendiri, maka kenali diri sendiri yang tentu kalau ditanya lebih dalam, diri kita adalah orang yang sedang mendambakan segera selesaikan amanah skripsinya, betul? So jangan tunda lama lagi, bersegeralah.
  • Banyak halangan yang akan dirasakan oleh para pejuang skripsi, salah satunya adalah keinginan untuk menunda-nunda proses penyusunannya, maka pastikan dalam hati untuk berazam “tunda untuk mendunda” artinya go ahead!!!
  • Tips untuk mempermudah penyusunan skripsi diantaranya bersinergilah dengan dosen pembimbing.
  • Kita boleh idealis, namun jangan lupakan masukan dari dosen pembimbing.
  • Ingat ketika kita menerima dan mengikutinya itu sebuah pertanda bentuk penghormatan kita padanya.
  • Namun ketika kita enggan menerimanya, hal itu hanya akan menjadi batu penghalang untuk kemudahan skripsi kita.
  • Kita boleh idealis, tapi ingatlah bahwa sampai kapanpun skripsi kita tidak akan pernah menyelesaikan masalah yang dihadapi indonesia.
  • Perbanyaklah membaca journal, atau hasil penelitian sebelumnya yang masih berkaitan dengan skripsi kita.
  • Jangan biarkan ada satu haripun yang kalu lewati tanpa ada interaksimu dengan skripsimu.
  • Karena ketika engkau tinggalkan skripsimu satu hari maka, skripsimu akan menagih untuk tidak lagi disentuh seminggu. Apabila engkau meninggalkannya seminggu, maka ia akan menagihmu sebulan.
  • Jika dakwah itu kewajiban, dan metode terbaik dalam dakwah itu adalah dengan teladan yang baik, dan seandainya  menyelesaikan study tepat waktu adalah teladan yang baik yang juga menjadi bagian dari metode dakwah itu sendiri, maka lulus tepat waktu juga menjadi penting bahkan wajib.
  • Luarbiasanya skripsi itu, jika ditunda-tunda penyelesaiannya, walau hanya tinggal mengeprint skripsinya, tetapi tidak dilaksanakan, maka sampai kapanpun kita tidak akan menjadi sarjana, apalagi kalau kita menundanya sejak BAB I apalagi ditunda di BAB niat saja.
  • Sejujurnya ingin ku katakan bahwa pada saat dalam proses perjuangan nyusun skripsi yang amat luarbiasa berat perjuangannya, sempat ku katakan bahwa ngapain sih harus ada skripsi segala? Udah deh langsung di interview ja tau di lihat dari hasil PPL saja, atau ketika semua mata kuliah selesai dikontrak langsung saja diberikan ijazah.
  • Tapi… ketika sudah selesai skripsi dan sudah dirasakan manfaat dari penulisannya, maka telah kukatakan dan ingin ku sampaikan bahwa “aku mencintai proses penyusunan skripsi” karena dengan begitu aku telah mengukur diriku bukan lagi mahasiswa biasa namun aku sudah layak untuk menjadi seorang sarjana.
  • Oke the last, skripsi yang baik itu bukan hanya skripsi skripsi yang mendapatkan nilai yudisium yang tinggi, namun skripsi yang selesai. Percuma idenya bagus tapi penulisannya ga selesai-selesai, apalagi kalau ga selesai hingga batas akhir toleransi masa kuliah, bisa-bisa di DO karena ga bisa menyelesaikan skripsinya.

Oke itu ja, semoga bermanfaat…… goodluck buat yang sedang menempuh medang juang skripsi.. selamat menanti dan merindukan moment bahagia ketika you sudah sidang atau ketika saat-saat diwisuda.

Oleh: Ence Surahman
Pengurus MITI Klaster Mahasiswa
 

1 Comment

  1. irma says:

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai karya ilmiah. karya ilmiah merupakan karangan yang menyajikan fakta umum yang dapat dibuktikan kebenarannya secara ilmiah.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai karya ilmiah yang bisa anda kunjungi di karya ilmiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now