SWU#2 Ngobrol Asyik tentang Start Up
06/08/2017
“Bangga Pangan Lokal”, Kalau Bukan Kita, Siapa lagi?
27/09/2017

Pemateri: Muhammad Imran (Awardee LPDP,  Master Algebra Geometry and Number Theory di Leiden University)

LoA atau Letter of Acceptance atau kadang disebut juga dengan Letter of Guarantee.  LoA ini biasa kit abaca pada salah satu persyaratan ketika ingin mengapply beasiswa terutama beasiswa studi Luar negeri. LoA adalah surat yang menunjukkan bahwa kita telah diterima menjadi mahasiswa di universitas tersebut.

LoA terbagi menjadi dua jenis, yaitu

  • LoA conditional

LoA unconditional artinya kita sudah diterima pada universitas tersebut tanpa persyaratan lainnya yang harus dipenuhi.

  • LoA unconditional.

LoA conditional artinya kita diterima di universitas tersebut dengan syarat, misalnya harus menyerahkan sertifikat bukti kemampuan bahasa Inggris (TOEFL atau IELTS ). Apabila persyaratan tersebut sudah dipenuhi, maka LoA conditional akan menjadi LoA unconditional.

Untuk mendapatkan LoA dari kampus yang kita inginkan yang pastinya langkah pertama adalah mendaftarkan diri (registrasi) biasanya mengisi form dan mengirimkan dokumen- dokumen pendukung. Biaya regitrasi tergantung dari pihak kampus, setiap kampus berbeda-beda, ada yang free dan juga yang dikenakan biaya. Persyaratan umum yang biasanya diminta oleh pihak Universitas di Luar Negeri adalah:

  1. CV (Daftar Riwayat Hidup) dalam Bahasa Inggris
  2. Ijasah dan Transkip Akademik yang telah di translate kedalam Bahasa Inggris
  3. Motivation Letter
  4. Recommendation Letter (Minimal 2)
  5. Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris, rata-rata kampus luar negeri telah mensyaratkan menggunakan IELTS.

Sebelum anda mendaftarkan diri ke kampus yang diinginkan ada beberapa point yang perlu kita perhatikan yaitu:

  • Tentukan dulu negara tujuan mana yang ingin kamu tuju sebagai tempat studi kamu.
  • Search bidang studi yang ingin diambil,
  • Memilih kampus sesuai dengan bidang studi yang akan kita tekuni.

Pada kasus tertentu, ada yang mendapatkan LoA hanya lewat calon pembimbingnya. Walaupun pada dasarnya, calon pembimbing seharusnya hanya bisa memberikan rekomendasi. Namun, ada universitas dimana calon pembimbing punya power untuk masalah ini, atau setidaknya pengurusannya dibantu calon pembimbing. Sebagian mendapat LoA lewat bantuan dosen/pembimbing ditempat kuliah sebelumnya. Tetapi, kita berbicara hal umum yang bisa dilakukan siapa saja

Untuk mendapatkan LOA ini biasanya calon mahasiswa master/doctor harus mencari calon supervisor di universitas yang akan kita tuju. Kontak dan data-data tentang calon supervisor yang kita inginkan bisa di search di website kampusnya, kemudian setelah kita mendapatkan kontak calon supervisor yang diinginkan, silahkan kontak melalui email. LOA ini hanya dapat dipakai untuk melamar beasiswa yang merupakan salah satu pertimbangan buat pemberi beasiswa.

#MITIKM

#HLNwithLove

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now