Personal Statement Jalan Menuju Master Luar Negeri !
04/11/2017
How to get Turkiye Burslari Scholarship
22/02/2018

Oleh:

Muhammad Reza Faisal, M.Sc

(Awardee DAAD Biodiversity and Health Scholarship, Oldenburg University)

Apa sih beasiswa DAAD?

Kalau temen-temen cari di bro google pasti dapat pengertiannya kurang lebih DAAD (Deutscher Akademischer Austauschdienst), adalah organisasi bersama dari institusi pendidikan tinggi dan asosiasi mahasiswa Jerman. Misi dari DAAD ini yaitu meningkatkan kerjasama akademis di seluruh dunia, terutama melalui pertukaran mahasiswa, akademisi dan ilmuwan (Wikipedia.com). Tapi memang seperti itu juga yang disampaikan oleh Mba Imgard ketika pertemuan pertama kali di kota Bonn. Kalau temen-temen ingin lebih tahu lebih dalam sejarahnya bisa masuk ke link ini. https://www.daad.id/en/about-us/about-the-daad/

Nah, terkait dengan link yang dibagikan tadi tidak hanya seputar profil DAAD saja melainkan:

  1. informasi beasiswa DAAD yang kekinian
  2. bagaimana studi di Jerman, tips mempersiapkan dokumen persyaratan
  3. tips memilih kampus
  4. dan masih banyak lagi.

Jadi temen-temen silahkan ’kepo’in aja ya. Oh iya mereka pun buka jasa konsultasi. Untuk temen-temen yang berlokasi di Jakarta dan sekitarnya bisa langsung mengunjungi ke kantornya di JI. Jend. Sudirman, Kav. 61-62, Summitmas Building 2, 14th Floor 12190 Jakarta. Setiap hari Kamis pukul 13:30-16:00, tidak butuh buat janji terlebih dahulu. Selain itu bisa juga kepoin info penting di halaman facebooknya : https://www.facebook.com/DAADIndonesia/ . Bahkan dari kantor DAAD di Jakarta pun cukup sering mengadakan webinar. Jadi informasi sangat lengkap dan mudah diakses.

Pada intinya beasiswa ini umumnya diperuntukkan untuk temen-temen yang ingin kuliah Program Magister dan Doktoral. Adapula beberapa program untuk mahasiswa summer course, magang, peneliti junior dan senior seperti kunjungan laboratorium riset, kerja sama riset dan beberapa lainnya. Menariknya dari program beasiswa ini adalah banyak sekali program pilihan beasiswa tematik. Kalian semua bisa menentukan beasiswa mana yang kiranya sesuai dengan topik pilihan yang diinginkan. Yang terpenting diingat ialah DAAD tidak menyediakan secara umum program beasiswa penuh untuk studi S1. Kalau mau buktikan nanti bisa klik link ini : https://www.daad.id/en/.

Biasanya, Yang paling sering menjadi pertanyaan adalah :

  1. Berapa sih dapat uang beasiswa perbulannya?
  2. Syaratnya apa saja sih?

Mari kita coba bahas semuanya ya..

Untuk program master besaran perbulan yang didapat yaitu 750 euro sedangkan program doktor adalah 1000 euro/ bulan. Ada rencana penaikan besaran beasiswa di tahun 2018. Biaya ini tidak termasuk dengan pembayaran semester dan tiket, kita juga tidak perlu membayar asuransi lagi perbulannya. Memang jika dibandingkan dengan beasiswa lain seperti LPDP, RisPro DIKTI, Erasmus berbeda cukup jauh. Akan tetapi secara pribadi yang masih sendiri untuk jumlah sebesar itu Alhamdulillah. Tapi untuk yang sudah berkeluarga jangan khawatir. DAAD menyediakan tunjangan untuk istri dan anak secara terpisah. Selain itu DAAD pun memberikan bantuan lainnya seperti subsidi biaya apartemen dan kuliah Bahasa jerman. Apalagi nanti bagi yang magister terkadang ada yang ikut project dari kampus, praktikum yang mana dapat gaji tambahan dengan maksimal 450 euro. Jadi tenang saja, Insya Allah rejeki udah ada yang ngatur.

Untuk persyaratan dokumen, secara umum hampir sama dengan beasiswa lainnya seperti :

  • CV
  • Ijazah dan transkrip Berbahasa Inggris dilegalisir
  • Passport, KTP
  • Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris (IELTS 6.0/ TOEFL IBT 80). Untuk S2 khususnya di bidang sosial pada umumnya universitas yang dituju menyaratkan nilai IELTS yang lebih tinggi.
  • Letter of Acceptance (LoA) dari kampus. Untuk mendaftar kampus di Jerman tidak dikenakan biaya namun ada beberapa jurusan ada yang memberikan test untuk lolos sebagai mahasiswa. Jadi kita harus baca secara seksama apa saja yang diwajibkan supaya dapat surat tersebut. Maka dari itu harus dibaca lebih teliti lagi.
  • Surat rekomendasi dari kampus atau tempat kerja.
  • Sertifikat prestasi akademis. Atau dokumen lainnya yang disarankan diterjemahkan dalam Bahasa inggris atau jerman.
  • Motivation letter

Terkait dengan pertanyaan yang diajukan pada saat test masuk bisa test tulis dan wawancara (via skype). Pertanyaan yang diajukan pun bervariasi terkadang dasar atau terapan terkait dengan jurusan yang kita pilih. Namun ada juga yang pada saat wawancara ditanya terkait penelitian ketika S1 tentang apa dan ditanya lebih mendalam baik itu dari korelasi jurusan yang akan diambilnya atau dasar ilmu dari penelitiannya (sumber : temen-temen daad master).

Nah, untuk program doktoral ada beberapa poin tambahan seperti :

  1. Mendapatkan surat undangan dari calon supervisor kita. Nah ini justru menjadi hal yang patut diperhatikan pula karena terkadang untuk komunikasi dengan professor itu butuh waktu yang cukup lama. Selain itu pengalaman dari teman bahkan butuh melamar ke beberapa professor baru dijawab walaupun tidak semua.
  2. Proposal rencana penelitian (maks 10 hal)
  3. Abstrak thesis
  4. Rencana studi dalam matriks
  5. Daftar publikasi ilmiah

Dari beberapa poin di atas yang perlu jadi perhatian adalah pendaftaran beasiswa daad dilakukan secara online dan pengiriman berkas ke kantor daad Jakarta. Jadi, kalian pun harus mendaftar di portal daad terlebih dahulu (link : https://portal.daad.de/irj/portal). Kemudian berkas dikirimkan ke kantor DAAD Jakarta sebanyak 3 rangkap. Jadi, persiapan itu setidaknya harus sudah terkirim maksimal H-3 atau seminggu. Karena terkadang portal DAAD dalam keadaan status maintenance. Mengenai pengumuman penerimaan beasiswa akan disampaikan melalui portal DAAD. Kita nanti akan diberikan letter of Award dan buku panduan untuk penerima beasiswa daad. Jadi kalian akan bisa mendapatkan informasi lebih detail dari buku tersebut. Setelah mendapatkan pengumuman, kita akan diberikan waktu untuk mengurus visa sampai hari keberangkatan. Jika kalian penerima beasiswa DAAD, waktu untuk pengajuan visa tidak berlangsung lama. Maksimal 1 minggu kalian sudah mendapatkan visa. Akan tetapi kalian harus buat janji dulu dengan kedutaan besar jerman di Jakarta minimal satu bulan sebelumnya. Linknyahttp://www.jakarta.diplo.de/Vertretung/jakarta/id/01_20Visa_20idn/0visabestimmungen.html. Pertama kali, kalian akan mendapatkan visa Schengen selama 3 bulan, nanti kalian akan perpanjang izin tinggal kalian ketika sudah di Jerman.

Selain itu bagi penerima beasiswa DAAD akan diberikan kesempatan untuk belajar Bahasa jerman gratis selama 2- 6 bulan. Biasanya ditempatkan di tempat berbeda jadi kita bisa dapat pengalaman tambahan juga ketika belajar Bahasa. Untuk tempat tinggal kita sudah disediakan oleh pihak beasiswa dan kita mendapatkan biaya hidup sebesar 460 euro/bulan. Akan tetapi jika temen-temen penasaran ingin merasakan pengalaman kerja di Jerman menjadi pelayan, loper koran, operator atau yang lainnya bisa saja tetapi dengan izin dari coordinator beasiswa bersangkutan. Kita diizinkan mendapatkan uang tambahan tersebut maksimal 400 euro/bulan.

Tantangan terbesar untuk mendapatkan beasiswa ini adalah mendapatkan invitation letter dari sang supervisor dan mempersiapkan proposal penelitian untuk studi S3. Pertama-tama mengirimkan email yang disertai dengan CV dan motivation letter. Ketika beliau membalas, baru kita buka dengan diskusi mengenai rencana penelitian dan apakah ada kesempatan untuk mengisi posisi sebagai PhD studen di grup riset beliau. Waktu untuk mempersiapkan hingga dapat invitation letter itu sekitar 1 bulanan. Karena kita terkadang harus menunggu balasan dari sang calon supervisor yang sibuk akan waktunya. Jadi manajemen waktu itu sangat penting. Di sela kita menunggu balasan kita juga harus mempersiapkan dokumen lainnya. Selain itu sertifikat bahasa pun harus dipersiapkan secara matang karena jadwal untuk tes IELTS maupun TOEFL tidak bisa sesuai keinginan kita. Lebih baik buat teman-teman bisa punya duluan.

Untuk DAAD lebih banyak pada program tematik. Jadi sesuai dengan jurusan yang sangat dibutuhkan. Selain itu fokus bidang yang mereka tuju itu untuk negara-negara berkembang seperti kesehatan, pendidikan, tata ruang kota dan pemanfaatan sumberdaya alam dan energi. Ada juga yang tema reguler yang open untuk semua jurusan. Akan tetapi kalian bisa tanyakan langsung pada staff universitas  yang kalian tuju. Karena semua staff universitas yang ada di Jerman umumnya terintegrasi langsung dengan DAAD.

Kalau dapat surat dari professor di Jerman itu ditekankan pada pelamar S3. Jadi bentuknya seperti surat pernyataan dari professor tsb yang berisi bahwa beliau siap membimbing kita dan harapannya dapat dukungan dari DAAD. Kalau di Jerman Professor itu seperti ‘Raja’ ketika kita sudah dapat surat ‘sakti’ itu Insya Allah jika dokumen kita lengkap maka semua dapat berjalan dengan lancar.

Kalian konsultasi terlebih dahulu dengan staff DAAD di jakarta. mereka sangat baik dan membantu, Kemudian kalian harus atur waktu pendaftarannya. Utamakan mendapatkan LoA, IELTS Certificate, Recomendation letter. Selagi menunggu hasil dari ketiga dokumen tersebut, kalian dapat membersiapkan dokumen kecil yang lainnya. Untuk pengalaman kerja jika dicantumkan pada program dari beasiswa maka itu berasal dari beasiswa itu sendiri. Akan lebih baik lagi jika temen mencantumkan berapa jam teman bekerja sebagai volunteer atau asisten penelitian maupun dosen perharinya (hitungan kasar saja seperti 1 hari = 5 jam (pengalaman teman)). Yang penting ada surat keterangannya.

Menjadi alumni DAAD pun cukup dipertimbangkan oleh pemerintah sini. Mereka akan menyalurkan peluang karir kepada kita jika kita belum ada afiliasi di Indonesia. Tiap tahun grafik mahasiswa penerima DAAD dari berbagai negara semakin meningkat. So…

Jangan pernah ragu untuk bermimpi besar. Karena sesungguhnya kita mampu untuk mencapainya asalkan berani untuk melangkah. “Let your dreams set sail”! Selamat berjuang dan jangan lupa berdoa pada Sang Maha Mengetahui jalan hidup kita!!

Disadur oleh:

Jamaluddin

Staff Hubungan Luar Negeri

#DAADScholarship

#IDM09

#HLN

#MITIKM2017

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now