Gelaran Up Grading & Rakernas MITI Klaster Mahasiswa Tahun 2015 Resmi Ditutup
18/01/2015
Hibah Pengabdian & Pemberdayaan Masyarakat (P2M) MITI Tahun 2015
23/01/2015

p2M 2015 copy

MITI melalui MITI Klaster Mahasiswa menyelenggarakan program Hibah MITI Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) dengan tema “Science, Technology, and Innovation (STI) for Sustainable Development” Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi untuk Pembangunan Berkelanjutan. Diharapkan program yang diajukan mampu membantu masyarakat setempat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup mereka, serta lebih jauh kedepan membentuk masyarakat yang mandiri dan produktif, menjadi bagian dari solusi dan berpartisipasi aktif dalam membangun negeri. Oleh karena itu, proposal yang diajukan ditekankan dapat menyentuh ekonomi masyarakat setempat dengan memberikan improvement terhadap usaha-usaha yang mereka lakukan.

[Download] Panduan Hibah P2M MITI Tahun 2015

25 Comments

  1. deadlinenya kapan pak?

  2. Isna Irawan says:

    Cuma buat S1 ya? mahasiswa pasca bisa ikut gak gan?

  3. admin says:

    Persyaratan bisa dilihat di poster…

  4. admin says:

    Persyaratan bisa dilihat di poster…

  5. Tety says:

    Kalau registrasi sama input konten proposal secara online kok belum ada?
    Kayak gimana caranya ya?

  6. admin says:

    Akan kami beritahu linknya.

  7. sahida wp says:

    maaf ijin bertanya.
    kira-kira setiap orangnya boleh mengirim maksimal berapa proposal? masuk ke beberapa tim untuk mengajukan proposal program.
    untuk ketentuan MITI terpisah ddengan PKM dikti kan? jadi bisa mengikuti keduanya walau masing2 sudah masuk dengan tim yang berbeda2 dengan judul proposal yang berbeda pula.

  8. aulia says:

    ketentuan penulisan proposalnya adakah Pak? Terimakasih

  9. aulia says:

    link pengunggahan proposal juga belum tersedia. mohon infonya. terimakasih

  10. Ari Akbar Devananta says:

    Terima kasih sahida atas pertanyaannya.

    Tidak ada batasan jumlah maksimal proposal yang dikirimkan akan tetapi setiap proposal yang dikirimkan ketua timnya berbeda tiap proposal dan dengan judul yang berbeda pula.

    Mengenai format Hibah MITI dan PKM DIKTI terdapat perbedaan, silahkan bisa dilihat di panduan untuk lebih jelasnya. Asalkan yang sebelumnya untuk PKM belum mendapatkan pendanaan bisa mengajukan untuk hibah. Adapun kalau ternyata sama sekali berbeda baik terkait topik antara yang hibah dan untuk PKM tidak apa-apa tetap bisa diikutkan kedua-duanya. info lebih lengkap silahkan cermati bagian kriteria pendaftar yang ada di panduan hibah.

    terima kasih,

    Panitia Hibah MITI P2M 2015

  11. […] kesempatan melalui Hibah Pengabdian & Pemberdayaan Masyarakat (P2M) MITI Tahun 2015 untuk pengabdian masyarakat dengan komunitasmu! Asal kamu masih menjadi mahasiswa S1/D3 di […]

  12. amelia says:

    maaf, mengenai tindak lanjut jika lolos setelah adanya penandatanganan MoU itu, apakah kegiatannya kita yang melaksanakan? terus apakah menggunakan insentif yang sudah diterima? mohon penjelasannya. terimakasih

  13. Ari Akbar Devananta says:

    Terima kasih amelia atas pertanyaannya.

    Iya yang nanti akan melaksanakan tentu adl tim pengusul program tersebut bukan yang lain, tetapi ketika dalam pelaksanaannya dibantu orang lain juga tidak apa-apa, yang terpenting yang nanti akan bertanggungjawab baik di lapangan maupun administratif adalah murni tim pengusul program tersebut.
    Iya memang betul, dalam pelaksanaannya nanti akan menggunakan dana hibah untuk mendanai setiap alokasi kegiatan yang ada selama berlangsungnya kegiatan pemberdayaan masyarakat tersebut.

    Terima kasih,

    Tim Panitia Hibah MITI P2M 2015

  14. Uki Supriyadi says:

    nah, misalkan dalam pelaksanaan kegiatan yang didanai tersebut. tim gagal atau hasil yang ada tidak sesuai dengan proposal, tindak lanjutnya bagaimana?

  15. Assalamu’alaikum pak, saya ingin bertanya
    1. di bagian tinjauan pustaka yang ada di panduan tercantum tentang teknologi tepat guna, apakah program pengabdiannya memang harus berbasil teknologi atau boleh berbasis sosiopreneur saja? jika boleh sosiopreneur saja, di tinjauan pustaka berarti menjelaskan sistem sosiopreneur yang bagaimana yang akan diimplementasikan ya?
    2. dana hibah 7 juta itu hanya insentif untuk peserta atau sudah termasuk biaya total keseluruahn program? jika biaya keseluruhan program, apakah kami boleh mengajukan dana lebih dari 7 juta dengan catatan kekurangan dana kami cari dari sumber lain?

    terima kasih atas responnya pak 🙂

  16. Ainur Ridlo says:

    Mohon maaf, untuk dana hibah yang diberikan MITI apakah disesuaikan dengan anggaran yang diusulkan didalam proposal atau dibatasi maksimal 7 juta sesuai dengan hadiah yang diberikan?

  17. Ainur Ridlo says:

    Mohon maaf, apakah total anggaran yang diusulkan didalam proposal maksimal 7 juta sesuai dengan hadiah yang diberikan MITI?

  18. Ari Akbar Devananta says:

    @Uki Supriadi

    Terima kasih Uki atas pertanyaannya.
    pertama, musti optimis dulu rencana program yang sudah disusun susah payah di proposal bisa berhasil. Kedua, kalau memang ada perubahan dari yang rencana awal pelaksanaan yang di proposal dikarenakan hal-hal yang sangat urgent dan mendesak sehingga terpaksa harus ada yg dirubah, iya tidak apa-apa silahkan lakukan penyesuaian. Tetapi yang perlu diingat, perlu diperhatikan dulu alasannya bisa berubah dan kemudian komunikasikan dengan kami selaku elemen panitia Hibah MITI P2M 2015.

    @Kartika Salam Juarna
    Terima kasih kartika atas pertanyaannya.
    1. Direkomendasikan berbasis IPTEK sesuai dengan tema kegiatan dan luaran hibah, sehingga yang dijelaskan adl penjelasan IPTEK yg dideseminasikan ke masyarakat.
    2. Sudah termasuk biaya keseluruhan, sehingga yang diharapkan rancangan dana yang diajukan mengacu ke dana hibah sebesar 7 juta rupiah.

    @Ainur Ridlo
    Terima kasih Ainur atas pertanyaannya.
    Sebenarnya tidak ada ketentuan yang membatasi besaran dana yang diajukan dalam proposal, akan tetapi kami merekomendasikan sebaiknya disesuaikan dengan besaran dana hibah yang akan didapatkan yakni sebesar 7 juta, dengan harapan pelaksanaan program di lapangan kelak akan jadi lebih realistis.

    Best regards,

    Tim Panitia Hibah MITI P2M 2015

  19. Ricco Riyan says:

    Assalamualaikum maaf ingin bertanya mengenai minimal terdapat 2 jurusan yang berbeda dan 2 angkatan yang berbeda maksudnya seperti apa yah ?
    Misal satu team saya terdiri dari 3 orang (2 orang jurusan kimia angkatan 2011, 1 orang jurusan biologi angkatan 2012) apakah seperti itu formatan peserta yang boleh atau bagaimana ? terima kasih wassalamualaikum 🙂

  20. Ari Akbar Devananta says:

    Wa’alaikumsalam Wr. Wb.
    Terima kasih atas pertanyaannya Ricco.

    Iya betul, dengan komposisi format tim seperti itu diperbolehkan.
    selamat menyusun proposal, semoga dimudahkan 🙂 #H-9

    Best regards

    Tim Panitia Hibah MITI P2M 2015

  21. Rahmah fauziah says:

    Maaf, ingin bertanya, berapa judul proposalkah yang akan diberi hadiah?

  22. Ari Akbar Devananta says:

    @Rahmah Fauziah
    Terima kasih atas pertanyaannya ya Rahmah.

    Sebenarnya terkait jumlah proposal yg layak didanai itu hak prerogatif dewan juri, jadi kalau memang banyak proposal yang bagus dan berkualitas maka tidak menutup kemungkinan utk hibah MITI 2015 yang lolos didanai bisa lebih dari 3 proposal.

    Terima kasih.

    Best regards,

    Tim Panitia Hibah MITI 2015

  23. muhammad ihsan says:

    kak mohon maaf sebelumnya saya baru melihat info tentang kompetisi hibah MITI 2015
    saya sangat berkeinginan mengikuti kompetisi ini
    saya ingin bertanya kak apakah masih bisa mendaftar soalnya deadline pengumpulan berkas 15 maret
    terima kasih

  24. admin says:

    Deadline pengumpulan berkas yang tgl 15 Maret itu utk kompetisi MPC (MITI Paper Challenge)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now