Sambutan Ketua Masyarakat Ilmuwan Dan Teknolog Indonesia Klaster Mahasiswa Periode 2016
26/01/2016
The NEURON AWARD 2016
29/02/2016

[YOGYAKARTA] Minggu, 24 Januari 2016 Komunitas Go Pangan Lokal (GPL) Yogyakarta berkesempatan menghadiri kegiatan Festival Literasi yang dilaksanakan oleh Karung Goni Learning Center (KGCL) di Dusun Ngemplak, Caturharjo, Sleman. Tema Festival Literasi tahun 2016 adalah “Semangat Budaya Literasi dan Kreativitas KGLC” yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat literasi dalam diri anak-anak dan juga kaum muda, melalui beragam kegiatan seperti : lomba mewarnai, lomba menulis cerita pengalaman di perpustakaan, pemilihan duta baca KGLC, talkshow dengan duta bahasa DIY, serta temu komunitas. Nama KGCL sendiri sudah resmi berdiri sejak  31 Mei 2015 dengan tiga fokus program antara lain: pelayanan perpustakaan (library service), pendidikan non formal (non formal education), serta pemberdayaan pemuda (youth empowerment).

            Salah satu rangkaian acara Festival Literasi adalah temu komunitas yang diundang oleh pihak panitia Festival Literasi, termasuk komunitas Go Pangan Lokal (GPL) Yogyakarta yang diwakili oleh Sofyan Nur Juda dan Ganang Aziz Nurhuda. Hadir pula komunitas dari berbagai latar belakang diantaranya Ikatan Dimas Diajeng Sleman dan Kota Yogyakarta, Duta Bahasa DIY, Sahabat Beasiswa Yogyakarta, Hilo Green Community Yogyakarta, Inspirator Indonesia, Kelas Inspirasi Yogyakarta, Akademi Berbagi, Indonesia Youth Dream, Save Street Jogja, CES Jogja, IPMMY Sulawesi Barat, Taman Baca Guyub Rukun, Komunitas Peduli Pendidikan dan masih banyak lagi.

            Pada sesi temu komunitas ini masing-masing komunitas yang hadir diberi kesempatan untuk berbagi pengalaman terkait kegiatan yang sudah dilakukan oleh komunitas masing-masing. Komunitas GPL Yogyakarta dalam kesempatan tersebut menyampaikan tentang kampanye media sosial tentang pangan lokal, aksi nyata cinta pangan lokal Indonesia dalam agenda Local Food Day (LFD) memanfaatkan momen peringatan Hari Pangan Sedunia pada tanggal 18 Oktober 2015 di sepanjang Jalan Malioboro dan titik nol Yogyakarta dan talkshow Pangan Lokal di Auditorium Fak. Kehutanan UGM. Selain berbagi tentang kegiatan GPL, dalam kesempatan tersebut digunakan sebagai ajang promosi dan mengajak kepada peserta Festival Literasi untuk lebih mencintai pangan lokal Indonesia yang semakin ditinggalkan. Hal ini penting untuk menguatkan identitas sebagai anak bangsa yang mendukung kedaulatan pangan nasional dalam memasuki era globalisasi. Pada kesempatan berbagi komunitas juga dihadiri tamu spesial yaitu Bapak Muhsin Kalida dan Ibu Heny dari Forum Taman Bacaan Masyarakat DIY yang berbagi inspirasi serta pengalaman dalam menggelorakan gerakan literasi di masyarakat.

            Berangkat dari pertemuan komunitas pada salah satu sesi Festival Literasi KGCL kemarin diharapkan kedepan komunikasi antar komunitas lebih diintensifkan agar lebih bisa saling menginspirasi untuk melakukan gerakan bersama. Terkusus bagi KGCL sebagai penyelenggara kegiatan Festival Literasi, kedepan akan diadakan kelas komunitas pada setiap akhir pekan yang akan diisi oleh komunitas yang saling bergantian, tentunya GPL juga turut berpartisipasi dalam kelas tersebut. Nantinya kelas komunitas akan dihadiri oleh anak-anak dan remaja Dusun Ngemplak dan umum sebagai ajang saling berbagi pengalaman dan wawasan terkait gerakan yang dibawa oleh masing-masing komunitas.

            Setelah kegiatan temu komunitas, Festival Literasi dilanjutkan dengan kegiatan talkshow yang diisi oleh teman-teman dari Duta Bahasa DIY dan Dimas Diajeng DIY yang bertema “Dengan Membaca, Aku Bisa Berprestasi”, anak-anak terlihat terinspirasi dari para pembicara yang telah mengukir prestasi gemilang berawal dari budaya literasi ilmu. Kemudian pada sesi terakhir dipilih Duta Baca KGCL yang diraih oleh adik Vina. Selamat yaa Dek Vina, semoga dapat menginspirasi teman-teman lainnya untuk gemar membaca dan menulis. Terakhir kegiatan ditutup dengan foto bersama peserta Festival Literasi KGCL. [AAD/GAN]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now