Pengumuman Kelulusan Seleksi Administrasi
05/06/2015
Evaluasi Tengah Tahun (ETT) MITI Klaster Mahasiswa
17/06/2015

Jakarta [MITI KM News] – Yayasan Inotek Indonesia bekerjasama dengan Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI) Klaster Mahasiswa dan Institut Pertanian Bogor (IPB) serta didukung oleh The Lemelson Foundation mengadakan Forum Inovasi Teknologi dan Konferensi Nasional Inovasi Technopreneur. Acara ini berlangsung pada tanggal  3-4 Juni 2015 di Hotel Bidakara, Jakarta. Tema yang diangkat pada tahun ini adalah Hilirisasi dan Komersialisasi IPTEK. Acara ini turut mengundang Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi, para pakar teknopreneur , mahasiswa dan umum.

_MG_0092

Sambutan di hari pertama diberikan oleh Prijo Sutedjo selaku Sekretaris Dewan Pengurus Yayasan Inotek Indonesia dan Dr. Aji Hermawan selaku pimpinan RAMP IPB, kemudian secara resmi dan simbolik acara dibuka dengan pemukulan gong oleh Bapak Prijo Sutedjo. Selanjutnya keynote speech disampaikan oleh perwakilan Kemenristekdikti yaitu Dr. Ir. Muh Dimyati, M.Sc. Menurut beliau saat ini inovasi dan teknologi telah mendominasi bidang kehidupan. Kemenristekdikti sangat mendorong hilirisasi dan komersialisasi IPTEK. Hal ini terbukti dengan usaha Kemenritekdikti dalam memperbaharui kurikulum teknoprener di Indonesia.

Setelah sambutan dan keynote speech, dilanjutkan plenary session yang disampaikan oleh Ira Nurhayati Djarot, M.Sc., Ph.D (Asisten Deputi Produktivitas Riset IPTEK Masyarakat dengan tema Membangun Ekosistem IPTEK yang Berdaya Saing dan Berorientasi Pasar. Antusiasme peserta sangat terlihat pada sesi ini. Kemudian pada siang hari, peserta dibagi menjadi tiga kelas paralel di ruang Bima, Nakula dan Sadewa dengan tema-tema masih seputar IPTEKoleh pembicara yang handal. Satu kelas paralel dikhususkan bagi Konferensi Nasional Inovasi Technopreneur yang menampilkan presentasi paper para pemakalah di bidang inovasi teknologi.

_MG_0120

Selain plenary session dan parallel session, juga terdapat pameran karya inovasi di lobby auditorium Binakarna. Pameran ini menampilkan produk-produk dari UKM seluruh Indonesia baik oleh para ekspert maupun mahasiswa serta produk dari innovator Yayasan Inotek Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Bussines and Technology Innovation Center (BTIC) MITI, My Beauty Chocolate, Case Gadget Chemistry (UNJ), dan lain-lain.

Berbicara mengenai inovasi dan teknologi memang tak pernah ada hentinya. Ini juga berkaitan dengan SDM yang berkualitas. Indonesia punya banyak teknoprener yang berkompeten, tinggal bagaimana bisa mengasahanya. Forum Inovasi Teknologi ini hadir sebagai wadah pembelajaran dan pameran produk inovasi yang tepat. Acara ini masih terus berlanjut hingga Kamis sore nanti. (WOR/MIF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now