SWU#4 Kupas Tuntas Jurnal Ilmiah: Referensi Pengetahuan Jaman Now
22/02/2018
Upgrading dan Rakornas MITI KM 2018: Mengatur Nafas, Menata Irama, Membakar Semangat yang Bergelora
04/03/2018

Pada hari Jum’at, 16 Februari 2018, Fatahillah Researchers for Science Humanity (Fresh) UIN Jakarta mengadakan Launching Klinik Riset di Gedung Student Centre Lt.3 UIN Jakarta. Bekerjasama dengan MITI Klaster Mahasiswa wilayah Jabaja (Jakarta, Banten dan Jawa Barat), launching Klinik Riset ini mengusung tema “Guncangkan Dunia dengan Idemu, Tuangkan dengan Tulisanmu.

MITI Klaster Mahasiswa dalam agenda ini diwakili oleh Dimas Prabu Tejonugroho, S.T yang merupakan Koordinator Bina Wilayah Jabaja. Dalam agenda ini, Dimas memaparkan materi mengenai Hakikat Researchers. Dalam pemaparannya, dijelaskan bahwa riset secara sederhana merupakan keseharian manusia setiap hari. Pada setiap masalah manusia, manusia selalu dihadapkan tentang bagaimana cara mencari jawaban dari permasalahan setiap hari melalui jalan mengamati dan meneliti. Salah satu analogi yang diceritakan ialah bagaimana Dimas mengamati alternatif jalan yang dapat ditempuh dari Depok menuju Ciputat, agar bisa datang tepat waktu pada agenda launching Klinik Riset ini dengan menimbang aspek efisiensi dan efektivitas. Selain itu, juga  dipaparkan beberapa urgensi dalam melakukan riset, diantaranya untuk mengikuti perubahan dunia yang sangat cepat; untuk pengambilan keputusan yang tepat; untuk meningkatkan produktivitas masyarakat; untuk mendapatkan solusi lokal dalam mengatasi masalah jangka panjang; untuk meningkatkan kemakmuran; serta untuk mendapatkan teknologi baru yang lebih mutakhir dan rendah biaya.

Pemaparan pada sesi kedua Klinik Riset yaitu motivasi menulis dan meneliti oleh  Dedy Setiawan, S.Si yang merupakan Wakil Presiden FRESH UIN Jakarta periode 2016-2017. Berdasarkan pengalaman penelitian Dedy di PT. Dirgantara Indonesia tentang Kualifikasi Material Pesawat Terbang N219, CN235, dan NC295, 2016, Dedy menjelaskan bahwa kunci untuk memulai riset adalah membedakan antara tujuan dan target. Tujuan merupakan sebuah dasar penting untuk melakukan suatu proses kegiatan, dimana tujuan riset adalah memberi kebermanfaatan serta menambah ilmu pengetahuan. Sementara target merupakan sesuatu kelebihan yang akan diperoleh ketika tujuan mampu dicapai dengan baik. Membedakan antara tujuan dan target berfungsi untuk meminimalkan rasa ketidakpuasan, ketika keluaran riset mengalami kegagalan.

Diharapkan dengan terselenggaranya Klinik Riset Fresh UIN Jakarta ini, mampu mendorong dan membangkitkan semangat generasi muda untuk lebih produktif dalam bidang menulis dan meneliti, Klinik Riset ini juga diharapkan dapat mendorong dan mendukung terwujudnya budaya penelitian dan realisasi UIN Jakarta sebagai World Class University. (JBJ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now