GAMBARAN PELAKSANAAN PERSIAPAN KEBERANGKATAN (PK) LPDP
19/10/2016
Pengalaman mendapat beasiswa Exchange ke Turki
26/10/2016

Mendaftar program master di universitas-universitas UK cukup terbilang mudah. Hal ini dikarenakan pendaftaran terbuka sepanjang tahun. Kali ini saya akan secara spesifik akan menjelaskan dengan detil proses pendaftaran dan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar di The University of Nottingham (UoN). Perlu diketahui bahwa prosesnya terbilang hampir sama di kampus lain untuk United Kingdom.
1. Membuka website kampus pada link pendaftaran
Pertama-tama, masuk ke link berikut: http://nottingham.ac.uk/pgstudy/how-to-apply/taught.aspx. Di link ini, bisa dilihat tata cara pendaftaran dan berkas-berkas apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri pada program perkuliahan yang ada di UoN. Lalu klik tab apply online untuk masuk pada tautan pendaftaran online UoN.
2. Membuat akun pendaftaran online
Dikarenakan pendaftaran hanya boleh dilakukan via online, kita harus membuat akun online. Dengan personal account ini, kita bisa mengupload berkas-berkas dan memberikan informasi yang dibutuhkan pada saat pendaftaran. Personal account ini bersifat individual dan in sya Allah aman, dan hanya diperlihatkan pada pihak yang berkepentingan seperti admission team, pihak fakultas yang didaftari dan supervisor (bila dibutuhkan).
3. Mengisi Details
Setelah membuat akun, kita akan memulai untuk mengisi pendaftaran yang terdiri atas 11 details:
a. Personal Details; Di sini, kita akan mengisi common personal details dan diakhiri dengan pertanyaan “apakah kita pernah menjadi warga UK dalam tiga tahun terakhir”, “ekspektasi pembiayaan perkuliahan”, “pernahkan bersekolah di UoN sebelumnya”, dll.
b. Course Details; Di sini, kita akan memilih program studi apa yang akan kita daftari.
c. Address Details; Pada fase ini, kita mengisikan alamat rumah dan alamat korespondensi. Jika berdomisili sama dengan alamat rumah, maka kita cukup mengisi alamat rumah yang kemudian disamakan dengan alamat korespondensi.
d. Confidential Details; UK sangat perhatian terhadap penyandang disability. Tentu akan ada perlakuan khusus bagi mereka yang penyandang disabilitas, oleh karena itu pendaftar diharapkan mengisi form ini jika menyandang disabilitas. Tentu form ini tidak mempengaruhi keputusan diterima atau tidaknya di UoN. Bagi yang tidak mempunyai disabilitas, silahkan mengisi “No Known Disability”. Di sini juga kita akan mengisi etnis asal yang pengisiannya adalah opsional.
e. English Qualifications; kecukupan berbahasa inggris dengan baik sangat krusial pada saat perkuliahan, oleh karena itu diwajibkan bagi pendaftar untuk memiliki sertifikasi bahasa Inggris IELTS sebagai bukti bahwa pendaftar bisa survive dalam menyelesaikan studi. Besaran skor IELTS tentu akan berbeda-beda masing-masing jurusan. Biasanya, IELTS untuk bidang science dan engineering akan lebih rendah score requirementnya (6 sampai 6,5) dibandingkan bidang law, social, economics dan business (6,5 sampai 7).
f. Academic History; kita juga akan dimintai translated transcript di masa perkuliahan sebelumnya (S1). Disertakan pula informasi terkait masa studi sebelumnya, kualifikasi dan IPK yang diperoleh.
g. Career History; pada bidang studi tertentu semisal MBA, akan memerlukan pengalaman bekerja yang cukup sebagai prasyarat pendaftaran. Akan tetapi, bagi bidang studi lainnya, tentu dengan mengisi form ini akan menaikkan kemungkinan diterimanya di UoN, apalagi jika pekerjaan yang digeluti adalah sebidang dengan bidang studi yang dituju.
h. Statement; Kita akan diminta untuk menuliskan personal statement (sama dengan motivational letter) berbentuk essay yang menjelaskan diri kita, ketertarikan kita, proses selama perkuliahan dulu, ketertarikan kita pada bidang studi yang dituju, dll. Intinya bagaimana kita meyakinkan sang pembaca untuk menerima kita sebagai kandidat student di UoN. Pengisian statement, bisa melalui isi langsung atau submit softfile di details pada poin j nanti.
i. References; di sini, kita memerlukan untuk mengisi informasi personal untuk pemberi “rekomendasi” kenapa kita layak untuk diterima di UoN. Rekomendasi bisa dari tokoh publik, previous employer kita, dll yang tidak mempunyai hubungan keluarga dengan kita. Akan tetapi, rekomendasi akan sangat relevan jika diisi oleh akademisi yang pernah berhubungan dengan kita (menjadi dosen mata kuliah, pembimbing skripsi, dll). Ada dua cara untuk mengisi reference, via online dan via hardcopy. Dengan via online, pihak kampus akan menghubungi pemberi rekomendasi via email untuk mengisi form reference. Dengan via hardcopy, UoN telah menyediakan format reference yang bisa di-download, lalu di-print dan diisi oleh pemberi rekomendasi yang selanjutnya di-scan dan di-submit di supporting document section berikutnya.
j. Supporting Documents; kita juga diminta untuk menyuplai dengan meng-upload semua berkas-berkas yang diperlukan seperti (transkrip, ijazah, sertifikat IELTS, scanned references, personal statement, dll). Perlu ditekankan untuk tidak memalsukan dokumen.
k. Submit Application; and done!

4. Further Process
Setelah applikasi dimasukkan, admission team dan fakultas akan terus berkorespondensi dengan kita via email. Pada bidang studi tertentu, akan ada wawancara yang ditentukan oleh pihak UoN. Tapi, mostly tidak ada pelaksanaan wawancara.
Lalu pihak kampus akan mengeluarkan dua jenis Offer Letter: Conditional Offer Letter (menandakan diterima tapi dengan syarat) atau Unconditional Offer Letter (menandakan diterima tanpa syarat). Terdapat dua jenis conditional yang melekat pada offer letter yaitu academic condition dan/atau english condition. Jika ada academic condition, maka mungkin saja pendaftar belum menyelesaikan untuk meng-upload semua berkas-berkas yang terkait dengan akademik seperti: ijazah, transkrip, rekomendasi, dll. Jika ada english condition, maka pendaftar belum men-submit sertifikat IELTS atau IELTSnya belum cukup. Akan diberikan kesempatan sepanjang tahun sebelum tahun ajaran yang direncanakan untuk melengkapi syarat-syarat pada penerima conditional offer letter.
5. Bonus 1: Penolakan?
Pada proses pendaftaran, akan sangat terbuka. Jika tidak diterima, akan ada email dari pihak admission yang mengatakan bahwa kita tidak diterima. Alasan tidak diterima adalah tidak eligible-nya dokumen (academic and/or english documents) dengan syarat program studi, tidak masuknya kampus sebagai kampus yang diakui, dll. Walaupun hampir semua penolakan disertai alasan, perlu diketahui bahwa pihak UoN bisa saja tidak menjelaskan penyebab ketidaklulusan seseorang pada proses pendaftaran. Oleh karena itu, jika UoN tidak menjelaskan hal tersebut, silahkan dicoba untuk korespondensi terkait penyebab tidak diterimanya kita di UoN. Tentu dengan mengetahui asalan penolakan, kita bisa menyiapkan diri lebih baik untuk mendaftar di kemudian hari. Atau, strateginya adalah kita coba mendaftar di kampus yang lain yang syaratnya lebih longgar.
6. Bonus 2: Defer dan Cancellation of Application
Semisal kita mempunyai kendala untuk melanjutkan studi pada periode yang direncanakan, kita bisa men-defer (menunda) tahun ajaran tanpa mengulangi proses pendaftaran. Semisal, Budi telah dinyatakan diterima tanpa syarat di UoN pada tahun ajaran 2017. Akan tetapi, Budi selaku dosen baru di universitasnya belum mendapat izin untuk melanjutkan studi hingga tahun depan 2018. Maka Budi berhak untuk melakukan defer pada UoN dengan mengundur tahun masuk kuliah ke September 2018. Sesimpel itu.
Juga, perlu dicatat bahwa kita bisa mengcancel pendaftaran di UoN. Hal ini biasanya dikarenakan si pendaftar juga telah diterima di kampus lain yang lebih amazing. Yang perlu diketahui adalah kita harus mengkonfirmasi bahwa kita tidak jadi berkuliah di UoN dengan menyertakan alasan, ini adalah persoalan etika. Contoh, si Ani telah dinyatakan diterima di UoN, akan tetapi berselang beberapa pekan kemudian si Ani mendapat Offer Letter dari University of Cambridge. Tanpa berpikir panjang, si Ani memutuskan untuk memilih Cambridge dibandingkan UoN karena reputasi Cambridge yang sangat tinggi. Hal ini bisa dicapai si Ani karena selain dia sangat kompetendi bidangnya, dia juga mendaftar di beberapa kampus sekaligus termasuk UoN dan Cambridge sebelumnya.
Contoh-contoh di atas tentu sangat sederhana, tapi bisa menggambarkan kondisi-kondisi yang sangat relevan untuk menggunakan fasilitas pendaftaran yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now