SWU GO PANGAN LOKAL 2016
01/12/2016
CAN WE REALLY SURVIVE STUDYING ABROAD? (Reconsider the Mindset of Money/Scholarship Sufficiency)
05/12/2016

Taiwan. Apa yang pertama kali muncul di benak rekan-rekan? Kalau saya; F4, Bubble milk tea, ASUS, dan HTC. Memang, wilayah yang sering disebut dengan Bumi Formosa ini pertama kali dikenal masyarakat Indonesia melalui tayangan drama “Meteor Garden” dengan F-4 nya yang sangat “booming”. Selain itu, dengan kecanggihan IT dan semi-konduktornya, produk Taiwan ikut meramaikan pasar gadget dunia. Dan lagi, beberapa tahun terakhir, makanan dan minuman khas Taiwan juga mulai menyemarakkan dunia kuliner tanah air, terutama di kota-kota besar.

Namun, Taiwan bukan hanya sekedar itu. Taiwan bisa menjadi salah satu pilihan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Saat ini, mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di sini cukup banyak, mencapai sekitar 2.000 orang lebih di seluruh penjuru Taiwan. Mereka mengambil program Bahasa, S1, S2, S3 hingga post-doctoral students. Mayoritas mahasiswa Indonesia di sini mengambil jurusan engineering, science dan pertanian. Tapi jangan salah, Taiwan juga perlu dilirik untuk studi di bidang sosial dan humaniora bagi mereka yang tertarik. Jurusan seperti bisnis, finance, bahasa/ sastra Mandarin, dan juga sosial politik ditawarkan di banyak universitas.

Beberapa tahun terakhir ini universitas di Taiwan membuka program internasional dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris sehingga kemampuan bahasa Mandarin tak perlu menjadi hambatan. Terlebih, saat ini universitas di Taiwan sedang giat-giatnya merekrut mahasiswa Indonesia untuk studi di Taiwan. Mereka datang langsung ke kampus-kampus ternama di tanah air, dan melakukan seleksi secara langsung di kampus-kampus tersebut. Kesempatan ini perlu diambil rekan-rekan mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di Taiwan.

Bagaimana cara mendaftar di Kampus Taiwan?

Sebagai informasi umum, berikut adalah beberapa universitas di Taiwan (negeri maupun swasta) dengan jumlah mahasiswa Indonesia yang cukup banyak:

1) National Taiwan University (NTU) di Taipei Universitas ini merupakan yang paling top dan terkenal di Taiwan rank 1 di Taiwan, dan masuk ke peringkat dunia. Jumlah mahasiswa Indonesia di sini tidak terlalu banyak, mengingat karena sulitnya mengingat program yang ditawarkan sebagian besar berbahasa mandarin. Namun, NTU sangat unggul untuk program studi Kedokteran Umum, Hukum, dan ilmu murni. Ada pula beberapa mahasiswa yang mengambil program bahasa Mandarin intensif di Chinese Language Center NTU

2) National Taiwan Normal University (NTNU) di Taipei NTNU seperti “IKIP” atau Universitas kependidikan di tanah air. Sebagian besar yang studi di sini adalah mahasiswa program doktoral untuk ilmu kependidikan murni. Selain itu, NTNU memiliki pusat pembelajaran Bahasa Mandarin yang terbesar dan mayoritas pelajar Indonesia mengambil program bahasa Mandarin intensif di kampus ini.

3) National Chengchi University (NCCU) di Taipei NCCU merupakan kampus paling top di Taiwan untuk bidang studi bisnis (S1 & S2), linguistik (S1), sosial dan politik (S1 & S2). Kampus yang pada mulanya merupakan “sekolah kader” Partai Nasionalis China (Kuomintang). Program studi unggulan berbahasa Inggris antara lain International Master Program in International Studies, Asia Pacific Studies (Master & PhD), Communication Studies (Master), Business Administration (Master), Law (PhD) dan Applied Economics (Master). Beberapa mahasiswa juga mengambil program bahasa Mandarin intensif di Chinese Language Center NCCU

4) National Chiao Tung University (NCTU) di Hsinchu NCTU merupakan kampus paling top untuk bidang engineering di Taiwan, dan sebagian besar lulusannya bekerja di perusahaan IT top Taiwan dan dunia. Lokasi kampusnya sekitar 1,5 jam dari kota Taipei dan berada di “Silicon Valley”-nya Taiwan (pusat industri dan R&D semi-konduktor).

5) Taipei Medical University (TMU) di Taipei TMU menjadi kampus bagi mahasiswa yang ingin studi di bidang kedokteran dan kesehatan (gizi, dll). Kampus ini merupakan kampus swasta, namun jangan khawatir karena mereka menawarkan beasiswa kuliah penuh dan biaya hidup bagi para mahasiswanya.

6) Chinese Culture University (CCU) di Taipei CCU merupakan kampus swasta yang letak kampus utamanya di daerah perbukitan di utara Taipei. Kampus ini terkenal sebagai pusat pendidikan seni tradisional China (musik, tari, dll). Sebagian besar mahasiswa Indonesia yang studi di sini, mendapatkan beasiswa untuk studi di jurusan Jurnalistik, Bisnis dan juga program intensif bahasa mandarin.

7) National Central University (NCU) di Chungli Kampus negeri ini letaknya di Chungli, sekitar 1 jam dari kota Taipei. Kampus yang sangat indah dan sejuk ini, dalam 2 tahun terakhir sangat aktif merekrut mahasiswa Indonesia dan juga memberikan beasiswa studi serta biaya hidup. Jurusan yang ditawarkan sangat beragam dan berbahasa Inggirs, mulai dari science/ engineering hingga sosial humaniora.

8) National Cheng Kung university (NCKU) di Tainan Kampus yang letaknya di sebelah selatan Taiwan ini, memiliki jumlah mahasiswa Indonesia terbanyak kedua. NCKU menawarkan program master dan doktoral di bidang science dan engineering berbahasa Inggris kepada mahasiswa asing, serta program intensif bahasa Mandarin di Chinese Language Center. Sebagai informasi, Tainan adalah kota budaya dan kental dengan sejarah.

9) National Pingtung University of Science and Technology (NPUST) di Pingtung NPUST terletak di kota paling selatan Taiwan. NPUST memiliki spesialisasi di bidang agro-kompleks (pertanian, teknologi pertanian, peternakan, dsb). Kampus ini memiliki cukup banyak mahasiswa Indonesia, yang sebagian besar lulusan IPB dan Universitas Brawijaya.

10) National Sun Yat Sen University (NSYSU) di Kaohsiung Kampus yang letaknya di pinggir pantai ini, menawarkan program berbahasa Inggris untuk bidang sosial, politik dan humaniora.

11) Asia University (AU) di Taichung Kampus swasta yang terletak di Taichung (Taiwan tengah) ini memiliki jumlah mahasiswa Indonesia yang cukup banyak. Sebagian besar mengambil program IT, bisnis, kesehatan dan psikologi yang semuanya ditawarkan dalam bahasa Inggris.

12) Chung Yuan Christian University (CYCU) di Chungli Kampus swasta ini juga termasuk kampus yang cukup banyak mahasiswa Indonesianya. Program yang ditawarkan sangat beragam.

13) National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) di Taipei Kampus ini adalah kampus dengan jumlah mahasiswa Indonesia terbanyak se-Taiwan. Diperkirakan ada sekitar 200 mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di bidang engineering dan manajemen untuk program master maupun doktoral. Program tersebut sebagian besar dalam bahasa Inggris. Beasiswa yang diberikan berasal dari beasiswa universitas.

Secara umum sih, prosedur untuk pendaftaran di kampus Taiwan itu hampir sama, (saat ini) bisa mendaftar melalui 2 cara :

Cara pertama : Melalui Aplikasi Online

  • Sebelum mendaftar kita sebaiknya menentukan pilihan universitas yang menjadi tujuan studi kita, kemudian untuk mengetahui requirement nya, kita bisa berselancar, search di google, masuk ke Office of International Affairs kampus tujuan, misalnya : http://oia.ncu.edu.tw/index.php/en/ dan bisa mencari informasi-informasi requirement untuk masuk ke kampus yang kita tuju.
  • Ketika kita telah menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan, maka kita bisa melangkah ke tahap selanjutnya, Mendaftar Online, ketika kita sudah ingin memulai mendaftar maka kita bisa masuk ke bagian “International Student Admission” atau bagian Admission dan berselancar ke bagian registrasi and enrollment
  • Dan bisa kita melanjutkan proses registrasi kita, submit dokumen dan yang dibutuhkan. Berbeda kampus, sedikit banyaknya juga memiliki perbedaan berkas yang di butuhkan. Dan pada Website Office of International Affairs (OIA) juga kita akan menemukan panduan teknis pendaftarannya untuk membantu kita dalam mendaftar.
  • Berkas yang dibutuhkan secara umumnya (Transkrip Nilai, Ijazah/sejenisnya, TOEFL/sejenisnya, Rekomendasi letter, CV, Autobiografi, Motivation Letter, dan dokumen pendukung lainnya)
  • Setelah rampung pendaftaran Online maka tinggal menunggu pengumuman. Sebagian kampus membutuhkan tahap wawancara, maka tahap ini biasanya dilakukan videocall by skype sesuai peraturannya, namun sebagian kampus tidak membutuhkan wawancara, maka kita tinggal menunggu hasil akhirnya.

Cara kedua : Melalui Walk in Interview

  • Membawa berkas-berkas aplikasi kita ke beberapa kampus seperti UGM, ITS, UNS, tempat dimana kampus-kampus Taiwan akan melakukan kunjungan dan Walk in Interview.
  • Biasanya proses ini berjalan lebih cepat, karena hasil wawancara akan diumumkan paling lambat dalam 1 minggu, kita sudah akan mengetahui apakah kita diterima atau tidak.

Memang tidak semua kampus-kampus Taiwan melakukan Walk in Interview, hanya sebagian saja. Semoga bermanfaat.

-by Indra Tarigan (Staff HLN MITI-KM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now