Hasil Seleksi Penerimaan Pengurus dan Anggota MITI-KM 2017
07/12/2016
Budaya Belajar di UK (Pengalaman Belajar di Nottingham)
08/12/2016

Banyak yang ‘ketakutan’ saat dihadapi dengan yang namanya “membuat visa UK (United Kingdom)”. Memang sih, membuat visa negara satu ini harus merogoh kocek yang lumayan banyak, apalagi jika anda ingin studi di negara ini. Well, sebenarnya visa yang satu ini tidak ribet-ribet banget kok. Hanya saja kita perlu menginvestasikan ketelitian dan usaha yang lebih supaya visa UK kita tidak rejected alias ditolak. Wow ngeri!

Ada beragam tujuan mengapa banyak orang ingin mengurus visa UK. Ada yang hanya sekadar ingin tamasya. Ada yang ingin mengunjungi anggota keluarganya yang sedang bekerja, studi, atau bahkan menjadi warga negara UK. Ada juga yang ingin menghadiri konferensi atau pelatihan. Ada yang ingin melanjutkan studi. Ada yang ingin bekerja. Ada yang ingin menemani suami/istri atau orang tuanya studi atau kerja. Dan masih banyak lagi alasan lainnya. Namun, intinya tetap satu: anda tetap harus membutuhkan visa UK apapun itu alasannya agar anda bisa masuk ke negara ini secara legal.

Dengan begitu banyaknya motif orang-orang ingin mengunjungi UK, tentu ada banyak pula jenis visa yang tersedia. Informasi lengkapnya bisa anda baca sendiri di  sini https://www.gov.uk/browse/visas-immigration

Di tulisan ini, saya hanya akan menceritakan cara mengurus visa UK untuk visa studi (Tier 4 (General) student visa), dengan batasan: mengurus visa UK bagi warga negara Indonesia yang sedang tinggal di Indonesia.

Visa studi UK alias Tier 4 visa diberikan bagi mereka yang ingin menempuh studi di pendidikan tinggi di UK dengan masa studi lebih dari 6 bulan. Pada dasarnya, segala macam persyaratan untuk mengurus visa ini sudah jelas terpampang di website UK Gov, di sini https://www.gov.uk/tier-4-general-visa. Yang bikin ‘sakit hati’, selain harga visanya yang sungguh amat mencekik leher yaitu £328 (sekitar Rp 5.576.000 dengan kurs £1 = Rp 17.000), adalah anda juga perlu membayar immigration health surcharge (IHS)—ini semacam BPJS-nya di UK—yang harganya TIDAK JAUH BERBEDA dengan biaya visa. Silakan cek sendiri biaya HIS tersebut di webpage ini https://www.immigration-health-surcharge.service.gov.uk/checker/Type. Namun, perlu diketahui bahwa tidak hanya sampai di situ uang kita perlu dikuras. Ada satu berkas unik lain yang perlu disiapkan jika anda mengajukan visa studi, yaitu tuberculosis test. Yang unik adalah anda WAJIB melakukan tes TBC HANYA di salah satu dari empat rumah sakit (ada di Jakarta, Tangerang, Surabaya, dan Denpasar) yang dipercaya oleh UK Gov. Informasi lebih lanjut mengenai tuberculosis test bisa anda baca di sini https://www.gov.uk/tb-test-visa dan mengenai empat rumah sakit yang ditunjuk oleh UK Gov, bisa anda baca di sini https://www.gov.uk/government/publications/tuberculosis-test-for-a-uk-visa-clinics-in-indonesia/tuberculosis-testing-in-indonesia. Jika anda ingin melakukan tes TBC di rumah sakit yang ada di Jakarta, biaya yang perlu anda keluarkan adalah sebesar Rp 700.000. Cukup mahal untuk sebuah tes TBC. Jadi, dengan kata lain, total uang yang perlu dikeluarkan untuk mengurus visa studi UK bisa saja sampai belasan juta rupiah, HANYA untuk visa saja, belum tiket pesawat. Dan itu pun visanya belum tentu approved. Ditambah lagi, jika anda mendaftar visa dengan skema bahwa anda studi self-funded alias biaya sendiri, anda perlu menyediakan bank statement yang menunjukkan bahwa anda sanggup membiayai studi dan biaya hidup anda selama tinggal di UK. Informasi lebih lanjut mengenai deposito yang harus disediakan bisa anda baca di sini https://www.gov.uk/government/publications/guidance-on-application-for-uk-visa-as-tier-4-student. Lain halnya dengan anda yang mengajukan visa Tier 4 dengan beasiswa. Anda cukup melampirkan surat ‘sakti’, yaitu Letter of Sponsorship atau Letter of Guarantee. Melihat semua hal tersebut, tidak heran memang bahwa banyak yang ‘takut’ mengurus visa UK.

Sedikit tambahan: bagi anda yang ingin studi ke UK dengan mendapatkan beasiswa dari UK Government, seperti Chevening, anda akan dibebaskan untuk biaya visa dan IHS.

Setelah anda memahami segala hal dan persyaratan untuk visa Tier 4 (General) student, langkah berikutnya yang perlu anda lakukan adalah melakukan registrasi secara online di webpage ini https://www.visa4uk.fco.gov.uk/Account/Register lalu ikuti semua instruksi yang diperintahkan.

Setelah akun visa4UK anda telah siap, anda akan mendapati tampilan seperti gambar di bawah ini. Jika anda mendaftar visa untuk diri anda sendiri, anda bisa klik Apply For Myself. Namun, jika anda mendaftar untuk orang lain, silakan klik Apply For Someone Else.

Disclaimer: di tulisan ini, saya hanya membahas mengenai “Apply For Myself”.

1

Setelah anda mengklik Apply For Myself, anda akan dihadapi tampilan mengenai Important Information. Setelah selesai dan baca dan pahami, silakan klik Continue.

Kemudian anda akan diminta untuk mengisi formulir tentang diri anda lebih lengkap, seperti gambar di bawah ini. Silakan anda isi formulir tersebut dengan benar sesuai dengan informasi anda.

2

Setelah anda mengisi lengkap informasi mengenai diri anda, di bagian Select Visa Type, akan muncul opsi visa yang ingin anda pilih. Jika anda ingin mendapatkan visa studi dengan biaya selain dari pemerintah UK dan negara persemakmuran, silakan anda pilih:

  • “Study” di bagian Reason for Visit
  • “PBS Tier 4 Student” di bagian Visa Type
  • “Tier 4 (General) Student” di bagian Visa Sub Type

Seperti pada gambar di bawah ini. Setelah itu, silakan klik Create Application.

3

Setelah aplikasi visa anda dibuat, anda akan dibawa ke halaman baru seperti pada gambar di bawah ini. Di halaman ini, anda bisa mengelola aplikasi anda dan melakukan pembayaran untuk visa fee dan IHS. Pun anda juga bisa melihat status dan informasi singkat mengenai aplikasi anda. Tahap berikutnya adalah mengisi aplikasi visa anda lebih detail. Silakan klik Go To Application.

4

Di bagian pengisian aplikasi, formulir anda dibagi ke dalam beberapa bagian, yaitu “Passport and Travel Information”, “Personal Details and Travel History”, “Family Details”, “Medical Treatment”, “Tier 4 Student”, dan “Additional Information”. Anda bisa melihatnya pada gambar di bawah ini. Perlu anda ketahui bahwa anda tidak perlu mengisi semua kolom langsung dalam satu waktu. Anda bisa men-save aplikasi anda dan meneruskannya kembali nanti. Saat anda telah merasa yakin dengan aplikasi anda, anda bisa klik Confirm Application.

5

Di bagian Passport and Travel Information, saya pikir anda akan dengan mudah mengisinya, kecuali di bagian paling bawah di bagian “What is the main address and contact details of where you will be staying whilst in the UK?”. Jika anda sudah melakukan booking akomodasi alias tempat tinggal atau sebuah hotel untuk ditinggali sementara, anda bisa memasukkan alamat akomodasi atau hotel tersebut di kolom ini. Namun, jika anda belum melakukan booking sama sekali, anda cukup memasukkan alamat universitas tempat anda studi nanti.

Di bagian berikutnya, Personal Details and Travel History, anda hanya perlu mengisi alamat tempat tinggal tetap anda dan menjawab sejumlah pertanyaan.

Di bagian ketiga, Family Details, anda harus memasukkan segala informasi mengenai keluarga anda, entah itu pasangan anda (jika sudah menikah), anak-anak anda (jika memiliki anak), dan orang tua anda. Jika anda memilih bahwa anda menikah/tunangan, anda akan diminta untuk mengisi data mengenai pasangan anda.

Di bagian selanjutnya, Medical Treatment, anda hanya perlu menjawab pertanyaan dengan jawaban “Yes” atau “No”. Jika anda menjawab Yes, anda harus mengisi beberapa kolom tambahan. Jika anda menjawab No, anda bisa lanjut ke bagian berikutnya.

Di bagian kelima, Tier 4 Student, anda harus mengacu kepada CAS (Confirmation of Acceptance for Studies) Statement yang anda miliki yang anda dapat dari universitas tempat anda akan studi. Informasi mengenai CAS Statement bisa anda baca di sini https://www.gov.uk/tier-4-general-visa/eligibility. Selain itu, anda juga harus mencantumkan informasi mengenai apakah course anda membutuhkan ATAS (Academic Technology Approval Scheme—baca di sini https://www.gov.uk/guidance/find-out-if-you-require-an-atas-certificate, https://www.gov.uk/guidance/academic-technology-approval-scheme, dan https://www.academic-technology-approval.service.gov.uk/), dana yang anda miliki atau yang sponsor akan membiayai anda, dan pembayaran lainnya. Untuk mempermudah, seperti pada gambar di bawah ini, anda bisa menjadikan formulir aplikasi visa UK saya sebagai contoh acuan. Saya mendapatkan beasiswa dari sebuah lembaga pemerintah ternama dengan biaya hidup bulanan £1100 untuk studi S2 selama maksimal 2 tahun—jika mengacu pada CAS Statement—di University of Birmingham.

6

 

7

Di pertanyaan nomor 86, jika anda dibiayai oleh sponsor, anda perlu memasukkan total biaya yang sponsor tersebut berikan, yaitu tuition fee selama masa studi + (monthly living allowance * total bulan anda melakukan studi). Sebagai contoh, untuk aplikasi saya, tuition fee course saya adalah 17910 pounds per tahun, sehingga akan menjadi 2 * 17910 = 35820 pounds, karena sesuai dengan CAS Statement saya, studi saya tertulis 2 tahun. Lalu biaya hidup bulanan yang saya dapat adalah 1100 pounds per bulan, sehingga akan menjadi 24 * 1100 = 26400 pounds karena studi saya tertulis 2 tahun atau 24 bulan. Jadi, total biaya yang harus saya masukkan di pertanyaan nomor 86 adalah 35820 + 26400 = 62220 pounds.

Di pertanyaan nomor 87, anda masukkan tuition fee untuk studi anda hingga anda selesai, sesuai dengan CAS Statement. Untuk kasus saya, saya memasukkan 2 tahun * 17910 = 35820 pounds. Di pertanyaan nomor 88, maintenance fee adalah total living allowance yang akan anda dapatkan. Untuk kasus saya, saya mendapatkan 24 bulan * 1100 = 26400 pounds.

Di pertanyaan nomor 89, jika anda mendapatkan biaya tambahan lain selain biaya hidup bulanan dari sponsor anda, anda bisa menjawab Yes dan kemudian memasukkan jumlah dana yang anda dapat. Untuk kasus saya, saya mendapatkan biaya lain sebesar 9135 pounds untuk dua tahun, selain dari biaya hidup bulanan. Di pertanyaan nomor 93, jika anda memiliki rekening bank, anda bisa menjawab Yes lalu mengisi seperti dengan apa yang saya isi di pertanyaan nomor 94.

Di bagian paling bawah, Points Claimed, jika anda memasukkan segala informasi dan melampirkan CAS Statement dan pendanaan anda, anda akan mendapatkan poin 30 untuk nomor 95 dan poin 10 untuk nomor 10.

Di bagian terakhir, Additional Information, anda bisa memasukkan informasi tambahan yang anda pikir perlu sebagai penguat aplikasi visa anda agar bisa approved by UK Government.

Setelah anda yakin telah mengisi semua kolom di formulir aplikasi visa anda dengan benar, anda bisa mengklik Confirm Application. Setelah klik, anda akan diminta untuk melakukan double check terhadap aplikasi visa anda. Kemudian jika anda sudah 100% yakin dengan semua informasi yang anda masukkan, silakan klik Submit Application. Perlu diketahui bahwa saat anda telah mengklik Submit, anda sudah TIDAK bisa lagi mengubah isi aplikasi visa anda. Jika kemudian anda ingin mengubah isi aplikasi, anda harus membuat akun visa4UK dari awal dengan email anda yang lain.

Berikutnya silakan klik Sign Declaration. Anda harus membaca ketentuan yang tercantum sebelum yakin melakukan Sign Declaration. Setelah anda membaca dan memahaminya, silakan cantumkan nama lengkap anda dan klik Sign Declaration.

8

Langkah berikutnya adalah BRP Collection Location, yaitu memasukkan alamat tempat dimana anda akan mengambil BRP (Biometric Resident Permit) Card—semacam KTP yang menyatakan bahwa anda adalah seorang imigran di UK. Untuk kasus saya, saya memilih untuk mengambil BRP Card di kampus, sehingga saya memasukkan alamat universitas.

Lalu, tahap selanjutnya adalah Book Appointment alias membuat janji kedatangan anda untuk menyerahkan berkas-berkas yang dibutuhkan. Untuk mengurus visa4UK di Indonesia, hanya ada 3 tempat yang bisa melakukan Book Appointment, yaitu di Jakarta, Surabaya, dan Denpasar. Dan perlu juga anda ketahui bahwa, berbeda dengan pengurusan visa negara lain yang mengharuskan anda untuk datang ke kantor kedutaan negara yang bersangkutan untuk melakukan appointment, appointment untuk visa4UK dilakukan oleh, kalau di Jakarta, VSF Global yang berlokasi di Kuningan City Mall, Kuningan, Jakarta. Dalam memilih waktu untuk appointment, jika anda ingin menghindari live interview dengan native speaker via Skype, anda bisa memilih appointment di jam-jam pagi hari saat waktu UK masih dini hari, karena memang tidak mungkin mereka akan mewawancarai anda secara langsung saat waktu mereka di sana masih dini hari dan tertidur. Walaupun begitu, sebenarnya masih ada kemungkinan anda akan diminta untuk interview jika mereka merasa bahwa berkas anda ada yang kurang atau mereka membutuhkan informasi tambahan dari anda, sehingga mereka akan mengontak anda via email atau telepon agar anda bisa hadir pada waktu tertentu untuk melakukan interview. Kemudian saat memilih appointment, pilihlah tipe appointment PBS Tier 4, bukan Standard visa, atau jenis lain.

Setelah anda melakukan Booking Appointment, anda HARUS segera melakukan pembayaran untuk Pay For HIS dan Pay for Application dalam waktu 3 jam. Jika tidak, anda harus melakukan rebook appointment dan bisa saja hari dan waktu booking appointment anda sebelumnya sudah tidak ada lagi karena sudah habis. Dua pembayaran tersebut HARUS anda lakukan dengan menggunakan credit card, debit card yang verified by Visa atau Master Card, atau PayPal. Anda tidak bisa melakukan pembayaran melalui transfer, apalagi cash. Jika anda tidak memiliki credit card, anda bisa memanfaatkan fasilitas dari beberapa bank ternama di Indonesia, yaitu semisal Debit Card Verified By Visa. Silakan anda hubungi bank anda masing-masing terkait informasi ini.

Setelah anda selesai melakukan semua pembayaran, anda harus men-print dua file yang disediakan oleh website tersebut, yaitu file Completed Visa Application dan file Appointment Booking Confirmation. Tanda tanganilah berkas yang telah anda print. Pada hari yang telah ditentukan untuk melakukan appointment, anda harus membawa semua berkas yang dibutuhkan termasuk dua file tersebut. Bawalah fotokopi dari tiap berkas asli dan terjemahan bahasa Inggris untuk setiap berkas yang tidak berbahasa Inggris. Khusus untuk paspor anda, siapkanlah fotokopi semua halaman dari paspor anda. Setelah semua siap, anda harus datang PALING TELAT 10 menit sebelum jadwal appointment anda.

Saat appointment, anda akan mengambil antrean dan menunggu hingga nomor antrean anda dipanggil. Saat tiba giliran anda, silakan serahkan berkas Appointment Booking Confirmation dan berkas-berkas yang lain. Anda pun akan ditawarkan untuk menggunakan fasilitas Visa Priority dengan biaya 150 pounds—berkas aplikasi visa anda akan didahulukan sehingga hanya akan membutuhkan waktu 3-5 hari kerja. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Visa Priority, silakan baca di sini https://www.vfsglobal.co.uk/indonesia/user_pay_services.html#1.

Setelah menyerahkan semua berkas anda kepada petugas VSF Global, anda harus antre kembali untuk pengambilan informasi biometric, yaitu foto diri, sidik jari, dan tanda tangan. Jika appointment anda berlangsung di pagi hari saat waktu UK masih dini hari, anda tidak perlu melakukan interview (seperti yang telah saya jelaskan di atas). Namun, jika appointment anda berlangsung siang hari hingga sore hari, ada kemungkinan anda akan diwawancarai. Setelah semua urusan appointment selesai, anda bisa pulang.

Tahap berikutnya adalah banyak-banyak berdoa. Hasil aplikasi visa anda akan diberitahu via email atau sms (jika anda membayar untuk jasa pemberitahuan via SMS—baca di sini https://www.vfsglobal.co.uk/indonesia/user_pay_services.html#2). Apakah aplikasi visa anda diterima atau ditolak harus anda lihat sendiri di paspor anda saat pengambilan atau saat berkas anda dikirim (jika anda membayar untuk jasa pengiriman—baca di sini https://www.vfsglobal.co.uk/indonesia/user_pay_services.html#3). Saat aplikasi visa anda selesai, semua dokumen anda yang asli akan dikemballkan. Namun, jika saat appointment anda tidak melampirkan fotokopi dari dokumen asli tersebut, mereka tidak akan mengembalikan dokumen asli anda. Sebagai informasi, untuk aplikasi visa4UK di Indonesia, berkas-berkas aplikasi visa anda tidak diurus oleh Biritish Embassy di Jakarta, melainkan oleh British Embassy di Manila, Filipina.

Jika aplikasi visa anda diterima anda akan mendapatkan selembar kertas yang menginformasikan anda mengenai tahap-tahap berikutnya yang perlu anda lakukan. Namun, jika visa anda ditolak, anda pun akan mendapatkan penjelasan mengapa visa anda ditolak, sehingga anda bisa memperbaiki kesalahan anda untuk mengajukan visa4UK yang kedua kalinya.

Mengurus visa UK memang tricky. Anda harus ekstra teliti dan lebih bekerja keras karena bukankah anda tidak mau jika aplikasi visa anda sampai ditolak, bukan? Semoga tulisan ini bisa membantu rekan-rekan yang sedang kebingungan dalam mengurus pembuatan visa UK untuk keperluan studi. Selamat berjuang!

 

*Sebagai informasi tambahan, jika anda tidak mau sulit dalam mengurus visa UK dan menghubungi pihak universitas di UK, anda bisa memanfaatkan jasa agent pendidikan UK yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Rata-rata mereka tidak akan memungut biaya untuk membantu mengurus persiapan studi anda walaupun ada beberapa agent pendidikan yang men-charge anda sejumlah uang. Alasan mengapa ada agent pendidikan yang tidak menarik anda sejumlah uang adalah karena mereka adalah representatif resmi dari pihak universitas yang anda tuju sehingga jika anda mendaftar universitas tersebut melalui mereka, mereka akan diberi jatah dari pihak universitas. Dan uang inilah yang menjadi pemasukan bagi mereka sehingga anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Namun, untuk lebih pastinya, silakan anda tanyakan hal tersebut langsung kepada pihak agent pendidikan yang bersangkutan.

-by Reza Dwi Utomo (Kadept HLM MITI-KM)

4 Comments

  1. Ulasannya sangat detail dan sangat lengkap sekali,bagi yang akan segera melakukan study ke UK,wajib baca artikel ini untuk menambah informasi lagi!

  2. terima petunjuk langkah Anda

  3. Shareit apk says:

    Terima kasih untuk berbagi langkah-langkah untuk mendaftar

  4. Uc browse says:

    terima artikel Anda. itu benar-benar membantu saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now