GPL Goes To School Jabalnusra 2018
05/12/2018
GPL (Go Pangan Lokal) Goes To School-MITI KM Sumbagut
28/12/2018

MITI KM Departemen Bina Wilayah Kalimantan sukses mengadakan acara spektakuler bertajuk Borneo International Youth Summit (BIYS) 2018 pada tanggal 22-25 November lalu. Agenda tersebut berkolaborasi dengan mitra binaannya yaitu UKM Penalaran dan Penelitan Forum Inovasi Mahasiswa ULM, Antasari Cendekia, dan FKIP Mengajar.

BIYS 2018 dibuka pada Kamis, 22 November dengan rangkaian acara dialog terbuka dan bina mitra. Dialog terbuka dilaksanakan di Aula Rektorat Lantai 1 ULM mengangkat tema mengenai Pegunungan Meratus dan Energi Terbarukan. Tema tersebut diangkat guna mempertemukan dua persepktif yang berbeda yaitu pro dan kontra terkait peliknya persengketaan pegunungan Meratus serta memberikan wawasan baru tentang energi terbarukan dan ramah lingkungan. Dialog terbuka ini menghadirkan tiga narasumber handal di bidang masing-masing yaitu Surinto sebagai perwakilan anggota DPRD Kalimantan Selatan, As Natio Lasman sebagai Kepala Badan Pengawas Tenaga Nuklir, dan Kisworo Dwi Cahyono sebagai perwakilan Wahana Lingkungan Kalimantan Selatan. Pasca acara dialog terbuka berakhir, rangkaian acara dilanjutkan dengan kegiatan bina mitra yang disampaikan oleh Yeni Saro Manalo, ST dari MITI KM. Organisasi keilmuwan yang mengikuti bina mitra secara langsung mengelaborasi visi MITI KM dan bentuk pengabdian organisasi keilmuwan. Acara bina mitra diakhiri dengan penandatangan memorandum of understanding (MoU) antara organisasi keilmuwan yang hadir dengan MITI KM wilayah Kalimantan.

Pada Jum’at, 23 November diselenggarakan dua acara secara bersamaan yaitu  konferensi pendidikan dan presentasi lomba esai. Konferensi pendidikan dilaksanakan di Ruang Multimedia PMIPA FKIP ULM mengupas salah satu permasalahan krusial baik secara nasional maupun regional yaitu degredasi moral di lingkungan sekolah. Konferensi pendidikan ini dihadiri oleh empat panelis yakni Ir. Ahmad Fanani Saifudin, SH selaku Asisten Bidang Administrasi Umum Pemkot Banjarmasin, Sahnan, S.Pd., M.Pd sebagai Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdik Banjarmasin, H. Mushaffa, Lc perwakilan DPRD Kota Banjarmasin Komisi IV Bidang Pendidikan, dan Reja Fahlevi, M.Pd selaku dosen FKIP ULM. Kegiatan ini berjalan lancar dengan antusiasme peserta yang terlihat jelas saat diskusi berlangsung. Menyadari akan pentingnya sebuah dobrakan baru untuk meminimalisir permasalahan pendidikan, kegiatan ini melahirkan Forum Penggiat Pendidikan Kalimantan yang selanjutnya diketuai oleh Muhammad Nurjani. Kegiatan lainnya yaitu presentasi lomba esai dilaksanakan di Cafe Calais mengangkat tema Pembangunan Sumber Daya Alam untuk Pembangunan Berkelanjutan Berbasis Kearifan Lokal. Kegiatan ini diikuti oleh 20 finalis dari Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas PGRI Yogyakarta, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Palangkaraya, Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Negeri Makassar, Univeristas Mataram, dan Universitas Lambung Mangkurat.

Pada hari ketiga pelaksanaan BIYS pada Sabtu, 24 November dilaksanakan Seminar Beasiswa dengan tema The Strategy to Get a Scholarship for Bright Future di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin. Seminar beasiswa menghadirkan dua penerima beasiswa LPDP yaitu Asma Nadia, S.Si dan Riki Herliansyah, S.Si., M.Stats. Kegiatan ini diikuti oleh 196 orang terdiri dari mahasiswa umum dari dalam maupun luar negeri yakni Filipina dan Malaysia. Setelah seminar beasiswa berakhir, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba esai BIYS. Kegiatan BIYS pada hari ketiga diakhiri dengan penyampaian materi TOEFL secara singkat oleh Nas English Academy.

Acara BIYS 2018 ditutup pada Sabtu, 25 November dengan kegiatan field trip bersama seluruh panita dan peserta esai dengan tujuan Pasar Terapung Lok Baintan, Rumah Anno serta Toko Oleh-oleh khas Kalimantan Selatan. Dengan berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan BIYS 2018, besar harapan Armadiansyah selaku Koordinator Bina Wilayah Kalimantan agarkegiatan ini dapat terlaksana pada tahun depan dengan persiapan yang lebih matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now