Discovering the World through Master Degree
10/05/2018
MENGENAL LEBIH DEKAT BEASISWA LPDP (2)
03/06/2018

Jember (mahasiswa.miti.or.id) – Persaingan di dunia kerja semakin meningkat seiring dengan perkembangan zaman. Disisi lain, lulusan S1 dari tahun ke tahun semakin meningkat. Dengan demikian, tingkat pendidikan tidak cukup hanya berhenti di S1. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak lulusan S1 yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan S2. Beasiswa pendidikan merupakan hal yang diidam-idamkan oleh sebagian besar mahasiswa yang sedang menjalani kuliah S1 yang berencana untuk melanjutkan pendidikan S2.

Masyarakat Ilmuan dan Teknolog Indonesia Klaster Mahasiswa (MITI-KM) zona jember menyelenggarakan acara “Sarasehan dan Bedah Essay Beasiswa”. Acara terdiri atas seminar beasiswa dan kemudian dilanjutkan dengan bedah essay beasiswa. Seminar beasiswa memaparkan tentang berbagai macam beasiswa S2 baik itu di dalam maupun luar negeri. Essay beasiswa merupakan persyaratan yang penting untuk dilalui saat melamar beasiswa baik dalam negeri maupun luar negeri. Banyak pelamar beasiswa yang gagal dalam persaingan mendapatkan beasiswa dikarenakan pembuatan essay yang kurang baik.

Penyampaian materi menulis essay

Penyampaian materi menulis essay

Acara sarahsehan dan bedah essay diselenggarakan pada hari Minggu, 6 Mei 2018. Bertempatkan di SD IT Harapan umat Jember. Acara tersebut mengundang dua pemateri yaitu Laily Maulida S.S., M. AppLink yang merupakan awarde beasiswa LPDP dan Hendra Andiananta S.Tp. yang merupakan awarde Fresh Graduate Universitas Jember. Total peserta yang hadir dalam acara ini yaitu 19 peserta yang sebagian besar berasal dari universitas jember.

Peserta dari wilayah Jember dan sekitarnya

Acara “Sarasehan dan Bedah Essay Beasiswa” berjalan dengan lancar mulai dari awal hingga akhir acara. Peserta yang hadir pun antusias dengan banyaknya pertanyaan yang diberikan. Sebagian besar peserta menanyakan tentang persyaratan-persyaratan teknis dalam mendapatkan beasiswa LPDP, mulai dari hal apa yang perlu disiapkan, bagaimana memilih universitas yang tepat, dan tips lolos tes dari LPDP (tpa, psikotest dan wawancara). Pada acara ini setiap peserta diwajibkan membawa rancangan essay rencana studi S2. Dari bebeberapa essay dipilih 3 terbaik oleh panitia yang kemudian di review oleh pemateri. (HA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now