Tahap Pengajuan Beasiswa LPDP
01/06/2016
GRE, A Ticket to Study in US
07/06/2016

Kuliah adalah lanjutan study yang saat ini bukanlah hal yang baru bagi pendidikan Indonesia. Bahkan hari ini terjadi peningkatan 20% setiap tahunnya jumlah pelajar Indonesia yang melanjutkan studi di Luar Negeri. Karena tidak dipungkiri bahwa kualitas mahasiswa itu sendiri sejalan dengan lingkungan belajarnya, karena itu salah satu faktor penting dalam meningkatkan kualitas Mahasiswa (SDM) kita adalah dengan meningkatkan Iklim dan Lingkungan pendidikan kita. Tentunya belajar ke Luar Negeri bisa menjadi salah satu cara untuk membangun lingkungan pendidikan yang kondusif bagi pelajar itu sendiri, sehingga banyak saat ini kita menemukan orang-orang yang begitu antusias dan semangat melanjutkan study ke Luar Negeri. Berikut ini adalah beberapa kelebihan kuliah di Luar Negeri,.

  1. Dari sisi keilmuan, maka ia akan menggali langsung dari referensi induknya dengan bahasa asli penulisnya. Hal ini setidaknya akan membuka peluang untuk memperdalam orisinalitas ilmu dan ketajamannya. Karena banyak kita menemukan referensi pembelajaran dari Luar Negeri .
  2. Dari sisi referensi, maka biasanya dengan kuliah di luar negeri kita bisa mendapatkan banyak buku referensi yang belum tentu ada di negeri kita. Begitu pula dengan jurnal-jurnal terbaru untuk mengembangkan ilmu kita. Sudah bukan rahasia lagi, bahwa di negara kita anggaran pendidikan masih minim. Jadi wajar saja jika perpustakaannya pun mungkin tidak standar yang seharusnya. Hampir semua Universitas Luar Negeri memiliki akses journal yang unlimited, kita bisa mendapatkan ilmu terbaru dan kontemporer dengan mudah.
  3. Dari sisi pengembangan keilmuan, biasanya di luar negeri banyak sekali diadakan seminar keilmuan, workshop, kajian dan diskusi yang ‘anehnya’ gratis dengan fasilitas seabrek. Bayangkan saja, di negeri kita seminar keilmuan atau apapun pasti ada tarifnya dan terkadang hasilnya begitu mengecewakan dan berhenti di seminar saja.
  4. Dari sisi rujukan ilmu, maka di luar negeri kita mungkin peluang-peluang untuk berguru atau bertanya langsung pada ilmuwan dunia lebih terbuka. Karena biasanya ada acara yang mengundang pakar-pakar tingkat Dunia, yang mana hal ini di Indonesia cukup jarang ada tamu tingkat dunia.
  5. Dari sisi kemampuan bahasa, maka di luar negeri kita mempunyai peluang yang sangat besar untuk mengasah bahasa asing kita. Karena ketika kita terbiasa mendengar percakapan mereka, maka sedikit banyaknya kita juga akan paham tentang Bahasa itu. Di Barat dengan bahasa Inggris atau Perancisnya, maupun di Timur Tengah dengan bahasa Arabnya. Ini sangat membantu dalam perkembangan keilmuan kita selanjutnya. Begitu pula dengan peluang bursa kerja di tanah air yang lebih terbuka. Tidak perlu susah-susah kursus, di luar negeri kita dimana saja kita bisa mempraktekkan bahasa kita. Meski kalau tidak hati-hati, justru bahasa yang tidak pakem malah yang kita kuasai.
  6. Dari sisi jaringan, maka ia akan mempunyai banyak aset berupa jaringan untuk masa depannya. Mungkin sesama mahasiswa Indonesia, atau juga dengan mahasiswa dari negara lainnya. Sesama mahasiswa Indonesia, karena di negeri orang biasanya menguatkan persaudaraan. Perasaan senasib sepenanggungan bisa berbuah jaringan yang kuat di masa depan. Bisa jadi senior yang telah sukses di Indonesia segara akan merekrut adik kelasnya begitu tiba di Bandara Soekarno Hatta ! Begitu pula dengan jaringan luar negeri, sehingga terkadang kita bisa plesir di tempat yang sebelumnya tidak pernah kita temukan dalam peta.
  7. Dari sisi konsentrasi belajar, semestinya lebih mendukung. Ia tidak perlu lagi disibukkan dengan masalah keluarga, masyarakat atau berita-berita mengkhawatirkan dari ibukota. Paling jauh ia hanya bisa mengamati dan berdoa. Apalagi dari sisi keluarga juga cukup tahu diri, biasanya yang diinformasikan keluar hanya sebatas berita-berita bahagia yang menyemangati sang putranya. Hal ini juga tentunya didukungan dengan lingkungan teman-teman yang juga memiliki semangat belajar yang sama, memacu kita untuk belajar lebih.
  8. Dari sisi finansial, jelas memang kalau biaya sendiri pasti tidak bisa disebut menguntungkan. Tetapi dengan kuliah di luar negeri, otomatis membuka peluang beasiswa dan sponsorship yang mungkin agak enggan memberikan beasiswa pada mereka yang di Indonesia. Jika seperti ini, maka hal ini bisa juga kita masukkan dalam sisi keuntungan.
  9. Dari sisi finansial juga, meski agak susah peluangnya, jika kita sukses kuliah sambil kerja, maka gaji yang didapat sudah pasti mencukupi biaya hidup yang semestinya. Tingkat UMR di kota-kota besar di dunia kadang jauh di atas gaji karyawan perlente berdasi di gedung-gedung ibukota kita.
  10. Disamping beberapa poin inti diatas, tentunya ada banyak lagi kelebihan kuliah di luar negeri, seperti meningkatkan disiplin dan management diri, karena kita akan belajar mengatur diri kita, mengatur urusan kita sendiri, yang menjadikan kita lebih mandiri, daya tahan lebih tinggi karena ketika kita ada masalah, maka kita sendiri yang harus memecahkannya.
  11. Belajar budaya asing, menjadi salah satu pengalaman yang berharga tentunya bisa kita dapatkan dengan kuliah di Luar Negeri, sehingga kita bisa melakukan kontemplasi dan biasanya akan membangun motivasi kita ke arah yang lebih baik.
  12. Jalan-jalan gratis, well pastinya kita tidak akan hanya diam di kampus, kuliah setiap hari, tapi kita akan punya peluang untuk jalan-jalan dan traveling ke berbagai tempat. Hal ini bisa dilakukan setiap minggu atau saat libur panjang. Tak hanya mengelilingi negeri tempat kamu belajar, kamu juga bisa mengunjungi negeri tetangganya untuk berjalan-jalan dan menikmati aneka kebudayaan yang beraneka ragam. Misalnya kamu bersekolah di Prancis, maka kamu bisa mengunjungi negara yang berdekatan seperti Belanda, Italia, Spanyol, sampai Ceko dan Polandia tanpa harus membayar visa tambahan! Bisakah kamu bayangkan serunya jalan-jalan di banyak negeri tersebut?
  13. Jauh dari Indonesia akan memberikan semangat nasionalis sendiri bagi kita, Mungkin disini kamu masih sering mengeluh tentang berbagai hal buruk di negeri ini. Kamu merasa kalau negeri lain lebih baik dari negeri kita. Tapi segera setelah kamu merasakan kehidupan di luar sana, kamu akan menyadari betapa Indonesia merupakan rumah bagi jiwa dan ragamu, serta tak ada yang lebih nyaman dari rumahmu di Indonesia. Kamu akan bertekad untuk berjuang menyelesaikan studimu demi untuk kembali ke Indonesia dan mengabdi pada negeri yang telah memberimu kehidupan. Tak ada yang lebih indah dari rasa ingin berjuang untuk memajukan keluarga dan negeri tercinta nun jauh di sana.

Masih banyak lagi sebenarnya kelebihan-kelebihan kuliah di luar negeri, tapi setidaknya beberapa point yang kami jelaskan diatas bisa menjadi sepercik api semangat untuk sahabat-sahabat semua, untuk tetap berusaha meneruskan pendidikannya, khususnya kuliah di Luar Negeri. Trims.

By Indra Tarigan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now