Rapat Koordinasi Wilayah Jakarta-Banten-Jawa Barat (JABAJA) MITI Klaster Mahasiswa (MITI KM)
18/03/2017
Menggali Potensi Diri untuk Menghadapi Kompetisi Global
06/04/2017

[TULISAN PENGURUS]

Dahulu kuliah di luar negeri menurut saya merupakan hal yang sangat sulit untuk dicapai. Presepsi saya pada saat itu adalah yang bisa kuliah di luar negeri adalah orang-orang yang sangat kaya yang biasa membiayai kuliahnya di luar negeri. Namun sekarang, ada banyak beasiswa-beasiswa yang ditawarkan baik dari pemerintah maupun dari perusahaan-perusahaan yang dapat mendorong anak-anak indonesia untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi. Salah satu contohnya adalah LPDP. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ini merupakan lembaga pendidikan dibawah kementrian keuangan yang sangat gencar dalam menyekolahkan anak-anak bangsa bahkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu S-2 dan S-3 baik di dalam maupun luar negeri. Sehingga mimpi untuk kuliah di luar negeripun sekarang ini bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan oleh orang-orang yang kurang mampu sekalipun.
Disini saya ingin membagikan sedikit keuntungan/kelebihan kuliah di luar negeri dan kenapa kalian harus kuliah di luar negeri.

1. Lebih mandiri
Berada jauh dari kampong halaman akan membuat dirimu otomatis menjadi mandiri. Dari yang biasanya di rumah dibuatkan makanan setiap pagi, diantar ke sekolah, atau bisa jajan dimana-mana berubah menjadi harus masak sendiri dan pakai kendaraan umum. Hal tersebut sangatlah wajar apabila kita belajar luar negeri sebagai student yang biasanya penghasilannya pas-pasan yang terkadang hanya bisa bergantung dari kiriman orang tua atau uang beasiswa. Kemandirian untuk bisa masak sendiri pun akan tumbuh, dari yang biasanya hanya bisa masak air di rumah, jadi bisa masak masakan yang ga pernah terbayang kamu akan bisa memasaknya seperti rendang, bakso, soup dll. Bagi seorang muslim makanan yang dimakan harus lebih diperhatikan, kalian ga bisa serta-merta membeli daging disembarang toko. Harus membelinya di toko yang ada tulisan halal nya. Toko-toko tersebut biasanya berada di lingkungan muslim yang mungkin perlu usaha lebih untuk pergi kesana. Untuk fasilitas transportasi pun kalian harus rela untuk menggunakan transportasi umum, kecuali yang ingin membeli sepeda mungkin bisa commute menggunakan sepeda. beruntunglah bagi kalian yang belajar di negara yang fasilitas transportasinya sudah maju karena menggunakan transportasi umum akan lebih mudah dan murah dibandingkan dengan kita membeli mobil atau motor disana yang biasanya pajaknya sangat tinggi. So, jika ingin belajar mandiri dan tidak selalu tergantung sama orang tua belajarlah ke luar negeri.

2. Punya konenksi ke seluruh dunia
Kuliah di luar negeri bisa mendapatkan banyak teman dari berbagai negara. Hal tersebut dikarenakan apabila universitas yang kita tuju merupakan universitas yang berada di urutan top dunia maka akan banyak orang dari berbagai penjuru dunia yang juga ingin kuliah di universitas tersebut. Alhasil disana kalian akan bertemu dan berinteraksi dengan mahasiswa-mahasiswa dari berbagai negara. Sebagai mahasiswa yang sedang kuliah di luar negeri, kalian tidak boleh melewatkan kesempatan baik ini. Memiliki teman dari berbagai negara memiliki banyak keuntungan seperti ketika kalian sedang traveling ke suatu negara yang belum pernah kalian kunjungi sebelumnya, maka teman yang kalian miliki ketika kuliah bisa sangat membantu untuk menjadi tuan rumah atau guider.

3. Memperlancar Bahasa asing
Bagi kalian yang merasa Bahasa inggris/ asing itu susah maka perlu dicoba untuk belajar langsung ke negara asalnya. Belajar dengan praktek memang terbukti ampuh untuk meningkatkan skill terutama berbicara dan menulis. Bagaimana tidak setiap hari kita akan mendengar perkuliahan dengan Bahasa inggris, lalu diskusi denganmenggunakan Bahasa inggris, keluar kelas berbahasa inggris terus sampai di kosan pun berbahasa inggris. Bahasa inggris menjadi kebutuhan hidup sehari-hari sehingga peningkatannya pun akan signifikan.

4. Traveling ke negara lain
Tujuan utama kita memang belajar namun sekali-kali merefresh pikiran kita supaya tidak jenuh belajar juga penting. Salah satu caranya adalah traveling. Kesempatan untuk traveling jangan sampai disia-siakan. Dengan kuliah di luar negeri misalkan di eropa kita bisa mengunjungi banyak sekali negara eropa tanpa perlu membuat visa. Dan lebih enaknya lagi kita bisa mengunjungi berbagai negara hanya dengan menggunakan transportasi bus atau kereta karena letak negaranya yang saling berdekatan.
Dengan traveling kita bisa melihat indahnya dunia dan dapat melihat nilai-nilai dan budaya lain selain di kampong halaman. Kita bisa mendapatkan pelajaran yang berharga maupun inspirasi yang nantinya kita bisa aplikasikan di Indonesia.

5. Belajar Budaya
Ketika belajar di luar negeri, tidak hanya pelajaran yang ada di dalam kurikulim saya yang kita dapat namun kita juga bisa mempelajari budaya setempat yang mungkin sangat jauh berbeda dengan budaya negara kita. Ada budaya yang baik dan ada juga budaya yang kurang etis apabila dilihat dari kacamata budaya kita. Pada point ini kita harus selektif terhadap budaya-budaya asing, jangan sampai ketika kita pulang ke Indonesia kita mejadi lupa akan budaya kita sendiri dan bersikap seperti berada di luar negeri. Banyak budaya yang dapat kita contoh misalkan di UK budaya mengucapkan kata terima kasih, maaf, tolong sangatlah mengakar bahkan mereka sangat suka menyapa dan menyanjung orang lain bahkan kepada orang yang tidak dikenal. Mungkin budaya-budaya positif seperti inilah yang bisa kita contoh dan terapkan di negara kita nantinya.
Sekian beberapa alasan mengapa kalian perlu mencoba untuk tinggal dan kulah di luar negeri. Semoga dapat bermanfaat.

-Jeffry Darmawan, S.Pd, M.Sc. (HLN 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now