Step by Step Studi di Jepang
11/06/2017
Get your future with LPDP
17/07/2017

Menginjakkan kaki di tanah mancanegara sudah menjadi impian banyak orang.  Maka dari itu orang berbondong-bondong untuk bersaing meningkatkan kompetisinya agar dapat keluar negeri. Karena selain iming-iming mendapat kesempatan jalan-jalan ketika di luar negeri, ada banyak benefit positif lain yang bisa didapatkan dari menjalankan kegiatan keluar negeri. Seperti menambah relasi dengan banyak orang dari luar negeri, menambah pengalaman, memperlancar penguasaan bahasa asing, dan dapat mempelajari banyak budaya dari berbagai daerah. Bagi mahasiswa sendiri hal yang akan terpikir pertama kali untuk dapat keluar negeri adalah dengan melanjutkan S2/S3. Dengan begitu peluang untuk dapat go international akan lebih terbuka apalagi secara gratis.

Tapi tahukah, peluang untuk dapat keluar negeri bukan hanya dengan melanjutkan jenjang studi. Ada banyak hal yang bisa membawa WNI untuk keluar negeri selain melalui kegiatan kuliah. Mulai dari kegiatan yang rileks sampai kegiatan yang super serius. Nah, disini kita akan membahas kegiatan-kegiatan apa saja yang bisa kita lakukan diluar negeri selain berkuliah.

  1. Ikut perlombaan di tingkat internasional

Jika kamu terbiasa mengikuti ajang perlombaan, maka tidak ada salahnya untuk mencoba ikut perlombaan di tingkat internasional yang cocok dengan passion mu. Ada banyak jenis perlombaan internasional yang tersedia mulai dari lomba kepenulisan ilmiah, seni, mtq, hingga olahraga. Manfaatkan sebaik mungkin waktu senggangmu untuk mencari informasi event perlombaan yang diadakan di luar negeri. Bentuk tim kerja mu mulai saat ini karena keluar negeri sendirian itu kurang menarik hehehe. Jangan pernah bosan untuk mencari informasi yang seperti ini. Jikapun perlombaan yang ingin kamu ikuti sudah lewat deadline pendaftarannya pastikan kamu mencatat bulan lomba itu biasa diadakan. Agar di tahun berikutnya kamu bisa lebih prepare.

  1. Ambil internship di perusahaan maupun lembaga internasional

Cara kedua ini cocok bagi para mahasiwa semester akhir. Untuk memenuhi persyaratan akademik magang atau mengupgrade diri di waktu libur, cara internship di LN sangat bagus di coba. Apply berkas mu ke perusahaan maupun lembaga internasional yang sesuai dengan bidang mu. Jika kamu memiliki kemampuan bahasa inggris yang mumpuni why not? daripada kemampuanmu hanya digunakan untuk memenuhi persyaratan internship dalam negeri.  Selain kamu bisa memperbanyak relasi, kamu juga bisa menambah wawasan seputar budaya perusahaan di tempat kamu bekerja yang pastinya berbeda dengan di Indonesia.

  1. Cari shortcourse yang diadakan di luar negeri

Umumnya beasiswa shortcourse ditujukan untuk orang-orang yang sudah lulus untuk studi di luar negeri. Tapi ada juga loh beberapa shortcourse untuk mereka yang belum berniat melanjutkan studi di luar negeri. Salahsatunya yaitu Australia Awards Scholarship yang dibentuk atas kerjasama Indonesia-Australia. Pada kegiatan shortcourse tersebut kamu akan dilatih mengembangkan diri dalam hal organisasi dan bisnis dari beberapa kampus-kampus populer di Australia. Selain diberikan materi pelatihan, kamu juga akan dibimbing untuk melakukan real project sesuai materi sebelumnya. Nah disini, kemampuan bekerjasamamu dapat di upgrade. Sesuai namanya, shortcourse diselenggarakan pada rentang waktu yang singkat dalam hitungan minggu. Tapi kalau bisa pergi gratis lumayan toh.

  1. Ikut kegiatan kepemudaan sebagai delegasi untuk ke luar negeri

Event kepemudaan memang selalu menarik untuk diikuti, karena ya sesuai namanya kita bisa berkumpul dengan banyak pemuda dari berbagai daerah dan menjalankan proyek-proyek yang luar biasa. Event kepemudaan yang terkenal di Indonesia sendiri yaitu PPAN yang berada dibawah naungan Kemenpora, dimana mereka akan memilih 20 muda-mudi terbaik bangsa untuk menjadi delegasi pemuda Indonesia di LN. Terdapat 6 negara tujuan yang bisa kamu pilih dalam seleksi ini, yaitu IMYEP (Indonesia-Malaysia Youth Exchange Program), AIYEP (Australia-Indonesia Youth Exchange Program), ICYEP (Indonesia-Canada Youth Exchange Program), SSEAYP (Ship for Suth East Asian-Japanese Youth Program), ASVI (Asean Student Visit India), dan IKYEP (Indonesia-Korea Youth Exchange Program). Setelah melalui serangkaian seleksi yang ketat dan dinyatakan lolos, cuuss kamu akan langsung berangkat ke LN dengan full funded. Selain melalui kegiatan PPAN kamu juga bisa jadi duta wisata Indonesia untuk mempromosikan pariwisata kita ke LN dan masih banyak cara lainya.

  1. Bergabung dalam tim volunteer internasional

Ada banyak komunitas relawan yang tersedia untuk menjalankan misi kemanusiaan keluar negeri. Walaupun konteksnya adalah relawan, tetap ada beberapa persyaratan juga yang harus kamu penuhi untuk dapat bergabung menjadi bagian dari relawan ke LN. Sebagai relawan nantinya kamu akan menjalankan berbagai program volunteering bersama dengan rekanan dari dalam maupun luar negeri. Tidak selalu kamu harus mengeluarkan seluruh pembiayaan sendiri, ada juga program volunteering yang menyediakan family housing dan transportasi lokal selama relawan menjalankan programnya.  Kunjungi Office of International Affairs yang ada di kampus mu untuk dapat informasi seputar volunteering ini.

  1. Sedang melakukan riset? Kamu bisa ikuti konferensi internasional

Konferensi adalah jalan keluar negeri yang banyak ditempuh kalangan mahasiswa dan dosen. Kamu bisa mencari konferensi internasional yang sesuai dengan bidang riset yang tengah kamu lakukan. Setelah apply dan dinyatakan lulus, dalam forum konferensi nantinya kamu bisa memaparkan perkembangan perkembangan dan hasil riset yang kamu lakukan dan turut dalam diskusi sesuai dengan bidang yang kamu pilih. Akan ada banyak wawasan baru yang kamu dapatkan dalam kegiatan ini, karena kegiatan yang mayoritas ada dalam konferensi adalah mendiskusikan semua riset dari peserta yang terlibat dalam forum tersebut. Jangan lupa untuk memastikan bahwa kamu masih memiliki waktu beberapa bulan sebelum menghadiri konferensi, so kamu bisa mempersiapkan budget untuk berangkat dari pihak yang mau menjadi sponsorshipmu.

  1. Terjun dalam pelestarian seni dan budaya

Untuk kamu yang aktif dan punya dalam bidang seni budaya, selamat. Seni dan budaya adalah hal yang selalu ingin ditonjolkan oleh setiap negara kepada dunia. Perdalam kemampuanmu dan betul-betul fokus pada bidangmu, pelajari kesenian indonesia yang sudah menjadi ikon di tingkat dunia seperti contohnya tari saman dari Aceh. Bergabunglah bersama komunitas penggiat seni budaya di daerahmu dan jangan lupa untuk rajin mencari informasi seputar festival kebudayaan yang diadakan di LN. Komunitasmu bisa bekerjasama dengan kementrian pariwisata maupun dinas pariwisata di daerah mu untuk dapat mendukung pendanaan berangkat ke LN dalam rangka mempromosikan seni budaya Indonesia. Menarik bukan jalan-jalan sambil mengemban misi budaya hehhe.

Itu dia 7 hal yang bisa kamu lakukan untuk dapat keluar negeri selain dengan jalan berkuliah. Tinggal pilih mana jalan yang paling sesuai dengan passionmu. Masih banyak cara lain yang bisa mengantarkanmu keluar negeri. Asalkan bukan jadi imigran gelap ya ;).

Rial Muharni (Staff Hubungan Luar Negeri, MITI KM 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buy now