Warsito Sampaikan Motivasi Di Depan Mahasiswa Baru IPB
August 10, 2014
C-Tech Labs dan FKK UMJ Jajagi Kembali Rencana Kerjasama
August 26, 2014

Jadi Pusat Perhatian, C-Tech Labs Ramaikan Pameran ASTW Se-ASEAN

Bogor (miti.or.id) – C-Tech Labs perkenalkan teknologi baru di bidang tomografi untuk memindai benda secara real time dengan pencitraan volumetrik kepada masyarakat internasional dalam pameran teknologi yang dihelat oleh Kementerian Riset dan Teknologi RI dalam ASEAN Science and Technology Week (ASTW) ke sembilan di International IPB Convention Center (IICC), Bogor. C-Tech Labs juga peragakan alat deteksi dini kanker dan terapi kanker menggunakan listrik statis, Jum’at-Minggu (22-24/08).  Acara tiga tahunan ini merupakan acara inti Komite IPTEK ASEAN. Indonesia terpilih menjadi tuan rumah tahun ini.

Suasana kunjungan Menristek, Gusti Muhammad Hatta, di booth C-Tech Labs.

Suasana kunjungan Menristek, Gusti Muhammad Hatta, di booth C-Tech Labs.

Penemuan besar di bidang tomografi sepuluh tahun yang lalu telah dilakukan oleh Dr. Warsito P. Taruno, ilmuwan asal Indonesia yang telah mempunyai nama di dunia. Warsito temukan teknologi Electrical Capacitance Volume Tomograpgy (ECVT),  sistem pemindai berbasis medan listrik statis yang mampu menghasilkan citra obyek volumetrik dan real time (seketika) di dalam boiler, reaktor industri, pipa, dan sebagainya, meski bertekanan dan bersuhu tinggi. Teknologi ECVT bisa diterapkan di berbagai bidang mulai dari bidang industri, kedokteran, pertambangan, proses kimia, body scan untuk keperluan keamanan, pencitraan aktifitas di dalam gunung berapi, atau semburan lumpur panas. ECVT telah digunakan oleh NASA, Departemen Energi Amerika Serikat, Trans Jakarta, dan lembaga-lembaga lain.

 Pengembangan ECVT saat ini juga merambah di dunia terapi kanker. ECVT mampu memindai aktivitas sel kanker yang ada dalam jaringan tubuh manusia. Disandingkan dengan teknologi terapi kanker menggunakan listrik statis yang dikembangkan oleh C-Tech Labs Edwar Technology, teknologi ECVT mampu membantu masyarakat menghadapi serangan penyakit mematikan itu. Teknologi terapi Electrical Capacitance Cancer Therapy (ECCT), terapi kanker menggunakan listrik statis ini juga ikut dipamerkan kepada masyarakat internasional dalam ASTW.

 “Luar biasa punya Pak Warsito ini, sudah dapat banyak penghargaan,” komentar Gusti Muhammad Hatta, Menteri Riset dan Teknologi RI saat mengunjungi booth pameran C-Tech Labs, Jum’at (22/08). Gusti juga memperkenalkan teknologi penemuan anak negeri ini kepada para pejabat dari negara tetangga yang hadir bersamanya. Bahkan dengan sigap ia jelaskan teknologi ECVT dan ECCT saat penjaga booth belum cakap dalam berbahasa inggris.

 Selain dari dalam negeri, peserta pameran juga berasal dari negara-negara ASEAN dan beberapa negara lain seperti Jepang. Masing-masing peserta menampilkan kemajuan teknologi yang sangat menarik. C-Tech Labs membawa alat pemindai aktivitas sel kanker dan menjadi pusat perhatian pengunjung sebab rasa penasaran untuk mencoba teknologi pemindai yang hanya bisa dijumpai di klinik kanker Edwar Technology. Pengunjung mendapatkan layanan pemindaian otak dan bagian tubuh lain secara gratis dan dapat melihat model alat terapi kanker berupa rompi dan celana.

 Pameran internasional ini diharapkan mampu mengenalkan teknologi-teknologi baru yang berpotensi meningkatkan kesejahteraan rakyat internasional. Bersama dengan peserta lainnya, C-Tech Labs berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pengunjung yang berasal dari berbagai negara. (DWH)